Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

SAP Indonesia Terkait Pengertian, Modul dan Manfaatnya

SHARE ON

SAP Indonesia – SAP kini banyak digunakan di Indonesia oleh berbagai perusahaan yang ada. Dalam melakukan berbagai kegiatan perusahaan, para petinggi perusahaan biasanya memilih menggunakan suatu sistem yang baik dibandingkan dengan menggunakan banyak tenaga kerja sehingga bisa menghabiskan biaya banyak untuk membayarnya. Selain bisa mengeluarkan uang banyak, belum tentu hasilnya juga baik sebab manusia tidak mungkin selalu benar.

Namun, banyak yang belum mengerti tentang software ERP itu sendiri, padahal software tersebut merupakan salah satu aplikasi atau perangkat lunak yang mana bisa melakukan berbagai operasional perusahaan dengan baik.

Baca juga: Kepanjangan dari SAP

Untuk pengetahuan lebih lanjut tentang SAP Indonesia, berikut penjelasan secara lengkap :

Mengenal Apa itu SAP?

Sebelum berlanjut kepada pembahasan yang lebih dalam, akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu SAP. Adalah salah satu aplikasi atau software ERP yang bisa digunakan untuk melakukan suatu operasional perusahaan yang mana memiliki berbagai divisi yang harus terintegrasi.

SAP adalah suatu singkatan dari System Application and Processing. Dari kepanjangannya saja mungkin Anda telah mengerti mengenai software yang satu ini. Ya, sebuah sistem aplikasi yang bisa melakukan suatu proses operasional agar memudahkan para operator perusahaan dalam menghasilkan suatu data yang kompak dan juga saling terintegrasi.

Baca juga: Pengertian SAP Business One dan 6 Manfaatnya

Dengan ini maka bisa dilakukan penyesuaian dalam berbagai bidang dan menjadi lebih mudah dalam penyimpulan dan juga lebih mudah dalam penentuan suatu kebijakan.

SAP Business One Indonesia

Gambaran isi dari SAP Indonesia

SAP dahulunya hanya berisi satu modul saja yang mana hanya bisa digunakan dengan efektif dalam beberapa bidang, namun tetap saja tidak bisa dilakukan integrasi data dari berbagai bidang. Dan saat ini sudah memiliki banyak modul yang bisa digunakan untuk berbagai bidang sehingga bisa dilakukan integrasi yang sangat mudah.

Gambarannya adalah, apabila suatu perusahaan memiliki cabang divisi yang berbeda apalagi yang berbeda daerah maka jika suatu divisi atau salah satu daerah telah melakukan perubahan data maka dalam divisi lain atau di daerah lain pun ikut ter-update sehingga semua perjalanan perusahaan bisa langsung kelihatan dan bisa langsung berubah dengan otomatis.

Baca juga: Pengertian dan Penggunaan Software ERP Bagi Perusahaan

Dengan sistem seperti ini, maka penyesuaiannya pun juga akan lebih baik. Dengan kasus di atas maka divisi yang mendapatkan suatu perubahan data maka bisa langsung menyesuaikan perubahan tersebut dengan kebijakan yang akan dilakukan. Dengan hal seperti ini, maka banyak perusahaan yang memilih menggunakan aplikasi SAP dibandingkan menggunakan tenaga manual yang belum tentu bisa sebaik sistem.

Modul-Modul SAP

SAP Indonesia saat ini memiliki banyak modul yang bisa digunakan untuk banyak hal. Modul memiliki berbagai solusi dan juga mengatur berbagai fungsi dalam perusahaan. Dan memiliki banyak modul untuk menyesuaikan berbagai divisi yang ada di perusahaan yang juga bermacam-macam sehingga bisa digunakan sesuai dengan fungsi serta kegunaannya.

Ada beberapa modul yang bisa Anda gunakan dalam perusahaan Anda yang pertama adalah FICO atau kepanjangannya adalah Financial Controlling atau jika di dalam bahasa Indonesianya adalah kontrol finansial atau keuangan. Jadi, modul ini berguna untuk melakukan kontrol keuangan.

Baca juga: Kenali Modul dan Perbedaannya

Selanjutnya ada SD atau Sales and Distributor yang mana memiliki fungsi dalam pengaturan yang bisa dimanfaatkan oleh tim marketing dan juga untuk mengolah data dan juga oleh para distributor dalam pemanfaatan produk kepada pelanggan.

Ada juga MM yang merupakan singkatan dari Material Manajemen yang mana digunakan untuk mengatur segala macam bahan baku yang akan digunakan untuk membuat produk. Ada juga PP yang merupakan singkatan dari Production Planning yang merupakan salah satu modul yang digunakan untuk melakukan suatu rencana produksi.

Selain itu, ada modul HR atau Human Resources yang bisa membantu dalam mencari tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan. Serta ada juga PM atau Plant Management yang berfungsi untuk mengatur pertumbuhan suatu perusahaan agar lebih baik dari saat ini.

Manfaat Penggunaan SAP

Manfaatnya sangat banyak yaitu bisa meningkatkan kecepatan suatu bisnis, menjaga kinerja dari perusahaan agar tetap prima, memberikan informasi yang transparan kepada pegawai.

Penggunaan dalam Dunia Bisnis

Dalam dunia Bisnis dan juga Perusahaan khususnya di Indonesia, software ERP ini juga sering digunakan dalam berbagai hal. Misalnya digunakan untuk perusahaan distribusi dan juga digunakan untuk perusahaan manufaktur yang mana memiliki sistem operasional yang sangat kompleks. Bayangkan saja apabila hal tersebut dilakukan secara manual mungkin saja berbagai perusahaan tersebut tidak akan berjalan dengan lancar.

Baca juga: Manfaat Bagi Pengusaha UKM di Indonesia

Dengan menggunakan SAP maka semua bidang yang ada dalam perusahaan distribusi dan juga manufaktur bisa melakukan integrasi berbagai data sehingga bisa dilakukan suatu penyesuaian yang tepat. Tentu saja, dengan menggunakan software ini maka transparansi suatu data bisa dilakukan dan akan mengurangi terjadinya suatu kecurangan yang dilakukan oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab.

Penggunaannya untuk Para Pemula

Bagi pemula, SAP Business One starter package price sangat relatif. Ada yang menganggapnya murah ada juga yang menganggapnya mahal. Pemula yang sudah memiliki keahlian dasar yang dipelajari dari perusahaan mungkin lebih merasa harganya murah. Berbeda dengan orang yang sama sekali belum memiliki dasar akan sangat mahal karena Anda harus mengikuti berbagai pelatihan agar bisa mendapatkan ilmu serta penggunaannya.

Baca juga: Keunggulan Program ERP Akuntansi Untuk Pemula

Anda bisa mendapatkan suatu SAP Business One package yang terdapat banyak sekali modul yang bisa Anda gunakan semuanya. Dengan menggunakannya maka Anda tidak perlu lagi mencari berbagai modul atau petunjuk sesuai divisi sebab sudah ada dalam satu paket.

Fungsi SAP di dalam Perusahaan

Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa software ini sangat berfungsi untuk melakukan suatu integrasi dari berbagai divisi dalam perusahaan. Anda juga bisa melakukan kolaborasi menggunakan SAP Hana untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dalam melakukan integrasi.

Kesimpulan 

Saat ini, penggunaan SAP Business One partner Indonesia sangat baik dan kini hampir semua perusahaan menggunakannya. Dengan kemudahan yang ditawarkan membuat para perusahaan bisnis memilih menggunakan software ERP ini untuk menghemat waktu, menghemat tenaga kerja, transparan, dan masih banyak lagi manfaat yang lain.

Anda bisa memulainya dengan masuk pada suatu perusahaan yang menggunakannya dan belajar dengan orang-orang yang ahli di sana sehingga Anda bisa menjadi profesional. Namun, selain itu Anda bisa mengikuti berbagai pelatihan atau seminar agar bisa lancar menggunakannya. Namun, pelatihan seperti ini memang akan lebih mengeluarkan biaya besar.

Baca juga: Belajar SAP Business One

SAP Indonesia merupakan salah satu software yang digunakan untuk melakukan berbagai operasi manajemen di suatu perusahaan. Perusahaan yang memiliki kompleksitas yang tinggi memerlukan suatu aplikasi atau perangkat lunak sehingga bisa terintegrasi dengan baik dan menghasilkan suatu laporan atau data yang bersatu padu walaupun dengan divisi yang berbeda-beda.

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.