Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

Singkatan dari SAP dan Berbagai Modul SAP

SHARE ON



SAP merupakan salah satu aplikasi yang dibuat untuk melakukan manajemen pada suatu perusahaan sehingga semua urusan dan permasalahan yang sangat kompleks menjadi salah satu hal yang mudah dilakukan karena saling bersatu dan bersinergi menghasilkan hasil yang utuh.

Jika Anda sering mendengar kata tentang SAP mungkin Anda juga sering bertanya-tanya apa singkatan SAP itu? Jadi, SAP singkatan dari System Application and Product in Data Processing yang mana menjadi dalam satu aplikasi yang sering digunakan dalam berbagai perusahaan. Untuk lebih jelasnya silakan baca yang di bawah ini:

Pengertian SAP

Seperti yang telah dikatakan tadi bahwa SAP adalah singkatan dari System Application and Product in Data Processing . Namun pengertian lebih mudahnya yaitu suatu aplikasi yang sangat membantu perusahaan dalam menjalankan berbagai aktivitasnya.

Baca juga: Sekilas Tentang Singkatan Dari SAP Dan Manfaatnya Dalam Dunia Bisnis

Dalam pekerjaan terbagi dalam berbagai pekerja yang telah spesialis sehingga bisa membuat rumit untuk penulisan manajerial. Oleh karena itu dengan menggunakan SAP maka Anda bisa segera mendapatkan uang.

Namun, untuk perusahaan yang beluk terlalu besar maka Anda juga menggunakan jenis SAP Business Hanna, tak jauh berbeda dengan SAP pada umumnya, walaupun untuk perusahaan kecil tetapi juga dilengkapi dengan berbagai Modul ERP SAP yang bisa dipelajari dengan mudah dan juga cepat.

Modul SAP

Modul SAP adalah salah satu panduan untuk melakukan atau mengoperasikan aplikasi SAP. Dalam perusahaan kecil dan menengah pun juga terdapat SAP Business One yang juga memiliki panduan dalam melakukan berbagai hal dalam perusahaan menggunakan aplikasi ini sehingga akan mempermudah pengolahannya.

SAP Business One juga memiliki SAP Business One modul yang bisa dimanfaatkan dalam melakukan operasi aplikasi agar benar dan mengurangi kesalahan penggunaan. Namun, sebenarnya Anda bisa memilih Partner SAP Indonesia yang juga memberikan pengetahuan secara spesifik mengenai cara penggunaan aplikasi sehingga tidak hanya dari modul saja.

SAP Business One Indonesia

Untuk Anda yang penasaran mengenai modul apa saja yang bisa didapatkan saat membeli SAP dari suatu perusahaan ? Berikut adalah beberapa ulasan modul SAP :

  1. Modul Administrasi

    Pada modul ini, Anda akan diberikan beberapa hal pembelajaran mengenai setup sistem yang memiliki tujuan untuk melakukan menge-set kembali sistem, otorisasi, curency exchange rate, notifikasi, bahkan bisa untuk melakukan ekspor dan juga impor data bisnis perusahaan Anda.

    Jadi semua data bisa ter-administrasi dengan baik melewati modul yang satu ini. Anda bisa belajar mulai dari nol sampai mahir dalam menggunakan aplikasi SAP dengan lebih mahir dengan menggunakan modul tersebut.

  2. Modul Finansial

    Yang berikutnya adalah modul finansial yang tentunya berkaitan dengan finansial atau keuangan suartu perusahaan atau bisnis. Modul ini memiliki fungsi untuk mengatur dan juga mengelola semua data yang masuk dalam akuntansi dan semua laporan keuangan dari berbagai bagian di perusahaan.

    Selain itu, software aplikasi SAP yang satu ini bisa melakukan suatu kontrol dalam setiap biaya yang masuk dan keluar serta berapa pendapatan yang bisa didapatkan pada waktu tersebut.

    Selain mengatur dalam bidang administrasi finansial, Modul finansial juga berisi tentang bagaimana software ini bisa menghitung keuntungan atau laba bersih dari perusahaan dengan transparan tanpa adanya campur tangan orang ketiga.

  3. Modul Sales Oppurtunities

    Modul yang satu ini juga berfungsi sebagai alat untuk menunjukkan para tim bagian penjualan atau sales dalam proses mengelola dan juga menganalisis semua informasi yang masuk pada internal perusahaan dan juga sekaligus bisa digunakan untuk membuka suatu peluang dalam penjualan di perusahaan.

  4. Modul Sales A/R

    Jika tadi Anda telah tahu SAP singkatan dari System Application and Product in Data Processing maka selanjutnya Anda bisa mengetahui modul Sales A/R. Apakah bedanya dengan modul sales oppurtunity ? perbedaannya adalah modul ini dapat digunakan dalam segala aspek yang ada pada proses penjualan produk tersebut.

    Hal ini biasanya meliputi urusan penjualan pengiriman, bahkan jika pelanggan tidak puas dan perusahaan melakukan kesalahan sedikit saja juga bisa di retur dengan tanggung jawab para tim Sales R/A ini.

  5. Modul Purchasing A/R

    Dengan modul yang satu ini maka Anda bisa langsung mengelola setiap transaksi yang dilakukan dengan para pemasok atau para supplier. Modul ini berisi mengenai proses pembelian dari perusahaan langsung ke pemasok dengan mudah sampai invoice.

    Modul ini biasanya juga memiliki nilai tambah yaitu bisa menambahkan harga pokok dan juga harga atau biaya agkut yang tentunya selalu ada dalam proses memasok barang.

  6. Modul Banking

    Jika tadi Anda telah mengetahui berbagai administrasi dan finansial telah dibahas fungsinya maka untuk segala masalah transaksi keuangan di dalam bidang bisnis Anda maka bisa langsung di tangani dengan menggunakan modul yang satu ini.

    Jadi, Anda tidak perlu repot mengecek satu-satu semua transaksi yang dilakukan karena sistem telah melakukannya dengan baik.

  7. Modul Inventori

    Dalam suatu perusahaan bisnis pastinya berbagai produk buatan semua akan didistribusikan dan di pasarkan. Biasanya juga setiap perusahaan tidak hanya menghasilkan satu atau dua produk sehingga dalam stoknya harus sangar diperhatikan. Jika pasar menginginkan jumlah yang banyak maka perusahaan juga harus menyesuaikan begitu sebaliknya.

    Jadi, dengan modul ini maka Anda bisa melakukan pengecekan gudang, stok, daftar harga, alternatif item, harga spesial, transaksi gudang dan juga pengepakan. Modul ini juga berfungsi dalam membuat pengepakan yang lebih efisien dengan menggunakan nomor seri, kode, atau yang lainnya.

  8. Modul Business Partner

    Modul ini juga akan menyimpan semua data yang masuk sebagai partner atau Lowongan SAP ERP Business one, supplier, pelanggan, bahkan calon pelanggan sehingga akan sangat mudah melayaninya. Mereka bisa mencatat keperluan pasar mereka dan dari perusahaan bisnis bisa menyediakan sesuai dengan kebutuhan.

    Selain itu, semua yang tercatat dalam data akan mendapatkan keuntungan karena stok telah disiapkan langsung oleh perusahaan tanpa meminta kembali.

Kesimpulan

Dengan berbagai hal yang diungkapkan di atas tadi, Anda pasti semakin mengerti mengenai beberapa hal tentang apa itu SAP, bagaimana modul yang digunakan untuk menggunakan SAP, dan juga berbahan hal yang lainnya. Banyak orang yang melakukan  Jual software SAP namun Anda juga haru berhati—hati dengan pelayanan tersebut sebab jika tidak maka akan mendapatkan kerugian yang besar.

Baca juga: Konsultan SAP Resmi Indonesia Terbaik

Pilihlah penjual yang memang banyak yang menggunakan dan memiliki testimoni yang positif sehingga Anda bisa mendapatkan aplikasi SAP yang baik dan berfungsi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dari beberapa hal di atas maka bisa disimpulkan bahwa Sap singkatan dari System Application and Product in Data Processing yang mana merupakan salah satu aplikasi berupa perangkat lunak yang bisa melakukan berbagai manajemen dari banyak urusan sehingga menjadi datu informasi yang transparan, bersinergi, dan juga efisien.

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.