Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

Apa itu SAP? Pengertian, Penggunaan, dan Pentingnya SAP dalam Perusahaan

SHARE ON


Saat ini berjalannya suatu perusahaan memang sangat membutuhkan banyak elemen yang penting, sehingga perlu suatu hal yang menjadi alat manajemen yang sangat mudah digunakan namun tetap bisa mengatur segala hal yang berkaitan dengan keberlangsungan perusahaan. Salah satu alat untuk bisa mengatur berbagai urusan perusahaan adalah SAP. Mungkin bagi Anda yang masih awam bertanya-tanya Apa itu SAP bukan ?

Untuk mengetahui Apa itu SAP, maka di sini akan membahas beberapa hal mengenai pengertian SAP itu sendiri serta akan membahas mengenai SAP yang lain, agar Anda bisa paham tentang SAP secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa penjelasan secara lengkapnya :

Baca juga: Cara Mudah Mengatur Perusahaan Dengan SAP Business One

subsribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

Kepanjangan dan Pengertian dari SAP

Yang pertama harus Anda tahu mengenai SAP itu apa adalah dari kepanjangannya terlebih dahulu. SAP adalah singkatan dari System Application and Processing yang jika di bahasa Indonesianya berarti aplikasi sistem dan pemrosesan. Maksudnya ? SAP ini adalah suatu aplikasi atau biasa disebut dengan Software SAP yang mana memiliki fungsi sebagai pengaturan sistem yang ada pada perusahaan serta bagaimana pemrosesan keberlangsungan suatu perusahaan dan bisnis.

SAP merupakan suatu aplikasi yang bisa melakukan integrasi berbagai kebutuhan dan berbagai hubungan dalam operasional perusahaan dan juga bisnis. SAP dinilai menjadi alat yang sangat membantu sebab berbagai hal yang berkaitan dengan operasional perusahaan terintegrasi dalam satu software saja sehingga pengaturannya juga akan lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan cara yang manual.

Baca juga: Singkatan dari SAP dan berbagai Modul SAP

Dengan menggunakan SAP ini juga, semua yang menjadi operasi perusahaan menjadi transparan sehingga semua yang terlibat dalam operasional perusahaan di bidang SAP menjadi tahu dan bisa melakukan pengawasan yang ketat sehingga perusahaan biasa berjalan dengan baik.

Mengenai Berbagai Hal Tentang SAP

SAP sendiri telah dijelaskan di atas adalah sebuah aplikasi dalam bentuk software. SAP merupakan salah satu aplikasi ERP. ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning sedangkan ERP SAP adalah suatu sistem integrasi yang ditujukan untuk mendukung semua kegiatan yang berhubungan dengan operasional perusahaan.

ERP bertugas untuk mengintegrasikan semua yang berhubungan dengan perusahaan dengan mudah dan cepat sehingga bisa melakukan suatu kerja sama yang baik dan benar. Dengan kerja sama yang benar serta efektif maka akan menghasilkan suatu hasil yang baik dan bisa memajukan perusahaan dengan cepat.

Baca juga: Pentingnya Belajar Tentang ERP dan SAP

Hal itulah yang membuat ERP menjadi salah satu alat yang sangat penting untuk perusahaan. Penggunaan ERP juga memudahkan pekerjaan perusahaan sebuah bisa dilakukan secara otomatis untuk melakukan suatu integrasi. Aplikasi ERP telah digunakan oleh banyak perusahaan tak terkecuali untuk perusahaan di Indonesia. Banyak perusahaan dan bisnis telah berpindah menggunakan SAP.

Penggunaan SAP Secara Umum

Setelah mengetahu Apa itu SAP tentunya sudah semakin paham bukan mengenai sap itu sendiri dan singkatannya ? Ya, SAP singkatan dari System Application and Processing ini merupakan salah satu aplikasi yang digunakan oleh banyak perusahaan untuk melakukan suatu integrasi atau menghubungkan menjadi satu berbagai persoalan perusahaan yang sangat kompleks. Dan tidak bisa dilakukan atau susah diselesaikan dengan cara-cara yang manual tanpa menggunakan software SAP itu sendiri.

Di Indonesia sendiri SAP digunakan pertama kali untuk Perusahaan manufacturing yang telah dilakukan sekitar tahun 1990. SAP Indonesia pertama kali digunakan oleh Perusahaan Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan Indofood. Dengan beberapa perusahaan besar yang telah menggunakan SAP maka kini perusahaan-perusahaan kecil, menengah, dan perusahaan besar lainnya menjadi mengikuti jejak mereka menggunakan SAP.

Baca juga: Pengertian dan Penggunaan Software SAP Bagi Perusahaan

Saat ini, banyak sekali perusahaan yang telah menggunakan SAP untuk berjalannya operasional perusahaan. Semakin ke sini, semua perusahaan menjadi semakin sadar dengan pentingnya SAP dalam mengelola perusahaan apalagi perusahaan yang sudah besar. Tentu saja permasalahan perusahaan akan semakin beragam. Kini SAP telah menjadi salah alat yang digunakan oleh perusahaan di Indonesia dari mulai perusahaan kecil hingga besar.

SAP dalam Lingkungan Bisnis Perusahaan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, SAP menjadi salah satu bagian dari berjalannya suatu perusahaan sehingga menjadi sangat penting untuk dipakai. Dengan menggunakan modul yang terintegrasi maka SAP bisa mencetak perusahaan untuk selalu bersinergi, dan integrasi tersebutlah yang menjadi pengolahan data menjadi lebih mudah.

SAP memiliki fungsi yang sangat baik, yang mana saat ada perubahan suatu modul maka modul yang lain pun juga bisa ikut menyesuaikan sehingga pekerjaan dalam mencetak laporan yang benar pun akan lebih mudah tanpa harus mengotak-atiknya sendiri dengan cara manual, bahkan hal ini berisiko sangat besar menimbulkan kesalahan dan sangat amat tidak efektif digunakan.

SAP Business One Indonesia

Pentingnya SAP untuk Keberlangsungan Perusahaan

Seperti yang telah kita tahu sebelumnya bahwa SAP ini sangat penting bagi perusahaan untuk melakukan integrasi dari berbagai modul agar bisa menjadi hal yang bersatu padu. Namun, lebih dari itu, penggunaan SAP ini membuat banyak keuntungan sehingga sangat penting untuk penggunaannya.

Dalam penggunaannya SAP bussines one bisa memberikan real time processing yang mana semua proses bisa dilakukan langsung di mana saja. Karena SAP itu terintegrasi maka jika ada suatu perubahan dalam satu modul maka modul yang lainnya pun akan ikut berubah secara otomatis. Dengan perubahan yang otomatis itulah, sehingga prosesnya bisa langsung dilihat pada waktu itu tanpa harus menunggu beberapa waktu lagi untuk melihat hasilnya.

Baca juga: Pengelolaan Sistem ERP SAP untuk Dunia Bisnis

Namun, penggantian secara otomatis oleh SAP ini harus memenuhi syarat yang mana dalam penggunaan sumber datanya harus satu kesatuan atau menggunakan sumber data yang sama, jika tidak maka akan percuma saja karena tidak akan berefek apa pun.

Selanjutnya dengan menggunakan SAP gold partner maka Anda bisa memberikan data yang transparan bagi para petugas yang masuk dan berkecimpung dalam hal tersebut. sehingga saat terjadi suatu pengubahan data semua user bisa mendeteksi dan bisa diakses dengan mudah, selain itu, dengan transparansi seperti ini, jika sampai ada user yang melakukan kecurangan maka bisa dilihat dengan langsung, oleh karena itu kecurangan-kecurangan seperti ini bisa diatasi.

Kesimpulan

SAP (System Application and Processing) merupakan salah satu aplikasi yang sering dianggap sebagai aplikasi akuntansi akan tetapi sebenarnya adalah sebuah aplikasi yang lebih kompleks yang mana digunakan oleh para pemilik perusahaan untuk melakukan suatu integrasi bisnis yang tentu saja akan sangat rumit jika dilakukan secara manual.

Setelah Anda mengetahui Apa itu SAP maka sebaiknya Anda mencari SAP partner Indonesia agar perusahaan bisa berjalan dengan lancar. Tanpa menggunakan SAP pasti Anda dan kru serta karyawan perusahaan akan keteteran dalam menghandel berjalannya sistem pada perusahaan. Mungkin saja bisa, akan tetapi risiko dan biaya yang akan dikeluarkan akan sangat banyak apalagi harus merekrut tenaga kerja yang lebih banyak. Semoga informasi ini berguna bagi Anda dan semua orang.

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.