Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

Tips Memilih Software SAP yang Tepat, Hindari Kesalahan Ini!

SHARE ON

Apa itu SAP? SAP sendiri merupakan salah satu bagian dari software ERP yang sering digunakan oleh berbagai perusahaan dan bisnis. Jika dibandingkan dengan masa-masa awal ketika software SAP baru pertama kali diperkenalkan dan baru digunakan beberapa perusahaan saja, software ini sekarang sudah bisa ditemukan di dalam perusahaan nasional maupun multinasional.

Di dalam software yang satu ini, terdapat modul-modul yang dibutuhkan perusahaan dalam level manajemen hingga operasional. Dari berbagai modul tersebut, modul yang dianggap sebagai modul inti meliputi Finance (keuangan), Controlling (pengendalian), Material Management (manajemen bahan baku), dan Quality Management (manajemen kualitas).

Baca juga: Mengapa Harga Program SAP Terbilang Mahal?

Selain modul-modul inti tersebut, ada pula berbagai modul lain yang sebenarnya juga tak kalah penting. Misalnya HCM atau Human Capital Management (manajemen modal manusia), Production Planning (perencanaan produksi), Project System (sistem proyek), Sales Distribution (distribusi penjualan), dan sebagainya.

Agar Anda dapat mempergunakan software SAP secara optimal, Anda perlu memilih dengan cermat. Pasalnya, masing-masing perusahaan memiliki prioritas yang berbeda-beda. Apabila Anda keliru memilih software SAP, akan ada berbagai dampak negatif yang dapat timbul. Terlebih, penggunaan SAP tidak memakan biaya yang murah.

Cara Mudah Mengatur Perusahaan

Karena itu, agar Anda dapat memilih dan menggunakan SAP secara optimal demi mencapai tujuan perusahaan, simak 4 kesalahan penting yang perlu diwaspadai dan dihindari dalam memilih software SAP yang tepat berikut ini:

Memilih Tanpa Tujuan yang Jelas

Salah satu kesalahan utama dalam memilih software SAP yang wajib diwaspadai adalah memilih tanpa tahu apa tujuan perusahaan Anda secara jelas. Karena masing-masing perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, Anda pun perlu memilih software SAP yang memang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dengan demikian, Anda pun tahu modul SAP mana yang dapat benar-benar bermanfaat – apakah modul Finance, Controlling, Quality Management, atau lainnya.

Pilih Penyedia Software SAP yang Terpercaya

SAP tersedia sebagai sebuah software yang dirancang, dibuat, dan disediakan oleh vendor. Karena itu, kualitas vendornya sendiri pasti akan sangat memengaruhi kualitas SAP yang akan Anda pilih dan pergunakan di perusahaan, kan? Dengan demikian, salah satu kunci utama dalam memilih software SAP yang baik adalah juga dengan mempertimbangkan faktor vendor yang menyediakan software tersebut.

Baca juga: Rekomendasi SAP Partner Indonesia Terbaik

Di samping itu, sebenarnya urusan Anda sebagai klien dengan pengembang atau developer software sebagai vendor bukan hanya ketika Anda akan membeli software yang dibutuhkan, tapi juga dalam aspek pelayanan purna jual hingga bantuan teknis lainnya.

Karena itu, Anda tak perlu tergesa-gesa memilih software SAP karena Anda juga perlu cermat dalam memilih vendor yang tepat. Dengan demikian, apabila ada masalah atau kesulitan yang terjadi di kemudian hari terkait dengan implementasi software, Anda akan mendapatkan bantuan yang dibutuhkan dari pihak vendor dengan segera.

Tidak Tahu Bagaimana Menggunakan Fitur SAP

Kesalahan yang perlu Anda waspadai dan hindari bukan hanya terkait dengan proses pemilihan SAP yang sesuai, tapi juga kesalahan yang bersifat internal di dalam tubuh perusahaan. Salah satunya adalah ketidaktahuan dalam penggunaan fitur-fitur di dalam SAP.

Untuk menghindari kesalahan yang satu ini, evaluasi penggunaan fitur-fitur utama SAP serta dorongan dari manajemen agar para karyawan menggunakan SAP secara maksimal dapat membantu. Salah satunya adalah dengan mengadakan pelatihan penggunaan SAP yang dipandu oleh konsultan dari vendor pada fase awal implementasi software yang satu ini.

Menyepelekan Pelatihan dari Vendor SAP

Kesalahan terakhir yang tak kalah serius dan perlu dihindari agar perusahaan Anda bisa mempergunakan software SAP secara optimal adalah menyepelekan program pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak vendor SAP. Padahal, jika perusahaan Anda tidak terlalu familiar dengan teknologi digital, perusahaan pasti akan kesulitan menerima dan mempergunakan fitur-fitur SAP yang memang kompleks.

Karena itu, adanya pelatihan yang diadakan vendor SAP nyatanya benar-benar memiliki manfaat besar dalam memaksimalkan implementasi SAP di dalam perusahaan Anda.

Penutup

Itulah keempat kesalahan penting yang wajib Anda waspadai dan hindari terkait dengan pemilihan hingga pengadopsian sistem SAP yang kompleks di dalam perusahaan Anda. Dengan menghindarinya, implementasi SAP pun dapat berjalan dengan efektif dan efisien sehingga perusahaan akan dapat merasakan manfaat SAP dengan segera!

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.