Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

Apa itu SAP?

SHARE ON

Mungkin dalam keseharian, Anda sering mendengar SAP. Namun, apakah Anda telah tahu Apa itu SAP ? Bagi Anda yang memiliki pekerjaan di suatu perusahaan pasti sudah paham apalagi jika Anda masuk dan berkecimpung dalam bidang tersebut.

Untuk menjawab rasa penasaran Anda, maka di sini akan membahas beberapa hal mengenai SAP agar Anda bisa memiliki gambaran secara dasar, syukur jika bisa mengerti gambaran secara umumnya. Namun, di sini hanya akan membahas seputar pengertiannya saja sebagai dasar pengetahuan bagi Anda :

Baca juga: SAP dan Manfaatnya Bagi Perusahaan di Indonesia

Kepanjangan dari SAP

Sebelum menginjak materi yang lebih jauh, akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai singkatan dari SAP itu sendiri. SAP adalah kepanjangan dari S singkatan dari System, A dari Application, P singkatan dari Processing. Walaupun dari singkatan tersebut akan tetapi menggunakan suatu kata hubung di dalamnya yaitu and atau jika di dalam bahasa Indonesia berarti dan.

Cara Mudah Mengatur Perusahaan

Sehingga jika digabungkan akan berbunyi System Application and Processing. Yang di dalam bahasa Indonesia memiliki arti System artinya sistem, Application artinya Aplikasi, and artinya dan, serta Processing artinya adalah pemrosesan atau pengolahan. Jadi , jika di bahasa Indonesiakan akan berbunyi demikian : Aplikasi Sistem dan Pengolahan.

Pengertian SAP secara Dasar

Jika sudah mengetahui singkatan dari SAP maka Anda pastinya sudah paham apa pengertian dasarnya bukan ? Ya, SAP memiliki pengertian dasar sebagai suatu aplikasi yang memiliki fungsi untuk mengolah suatu sistem dengan sangat mudah. Aplikasi ini berupa suatu perangkat lunak sehingga sangat canggih dan bisa melakukan pekerjaan secara otomatis dengan sistem tanpa bantuan tenaga manusia.

SAP merupakan suatu software atau perangkat lunak yang bisa didapatkan di beberapa perusahaan yang menyediakan. SAP bisa digunakan untuk pengolahan banyak data yang harus terintegrasi untuk menjadi suatu data yang satu dan utuh sehingga bisa digunakan dan dianalisis dengan sangat mudah oleh pemilik keperluan.

Pengertian SAP secara Umum

Sedangkan jika pengertian SAP secara umum merupakan suatu perangkat lunak atau biasa kita sebut dengan Software ini merupakan suatu aplikasi yang bisa melakukan integrasi suatu hal yang berbeda namun diintegrasikan menjadi satu kesatuan. Software ini juga melakukan suatu integrasi antara satu dengan yang lain sehingga jika ada suatu perubahan bisa otomatis mengubah sistem tanpa harus dilakukan secara manual.

SAP menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh pengusaha yang besar yang telah memiliki banyak divisi serta berbagai operasional yang kompleks sehingga urusan menjadi lebih mudah dan lebih cepat diselesaikan. Hal ini akibat beberapa hal yang terintegrasi dengan baik dalam satu sistem.

Pengertian SAP Bagi Perusahaan dan Bisnis

Setelah Anda mengetahui beberapa hal mengenai SAP dari berbagai sudut pandang maka yang terpenting adalah pengertian SAP bagi perusahaan dan bisnis. Dalam dunia Perusahaan dan bisnis inilah software ini digunakan secara masal. Berbagai perusahaan baik kecil maupun besar menggunakan SAP sebagai alat untuk melakukan berbagai operasi ERP atau Enterprise Resource Planning.

Penggunaan SAP memang sangat identik dengan perusahaan karena memiliki banyak sekali kompleksitas pekerjaan yang harus diselesaikan dengan baik dan benar agar bisa menjadi suatu sistem yang sinergis antara satu dengan yang lain. Dengan sistem yang sinergis ini lah yang membuat penganalisisan suatu pekerjaan akan lebih mudah dilakukan perusahaan.

Baca juga: 7 Tips SAP Business One dari SAP Indonesia Gold Partner

Kesimpulan

Pengertian SAP (System Application and Processing)merupakan salah satu aplikasi yang bentuknya adalah perangkat lunak atau software yang mana biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan. SAP digunakan untuk mempermudah berbagai pekerjaan perusahaan yang sangat kompleks dan terdiri dari beberapa divisi dan kerja.

Aplikasi ini memiliki keunggulan karena bisa membantu pekerjaan perusahaan dan dalam dunia bisnis lebih baik dari pada penggunaan tenaga kerja yang masih sangat konvensional. Yang di atas tersebut merupakan beberapa hal yang bisa menjawab rasa penasaran Anda mengenai SAP sehingga tidak bingung lagi. Semoga ilmu yang sangat sedikit ini bisa berguna bagi Anda dan semua orang yang membacanya.

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.