Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

SAP itu Apa dan Manfaatnya dalam Dunia Bisnis 

SHARE ON

Apabila Anda memang belum familiar dengan istilah SAP, Anda pasti bertanya-tanya soal apa itu SAP. Nah, pada kesempatan kali ini, Anda bisa menemukan ulasan tentang SAP itu apa untuk membantu Anda mendapatkan gambaran yang lebih jelas soal fungsi, kegunaan, hingga manfaat dari software ini bagi perusahaan Anda.

Mengenal SAP

Secara garis besar, SAP adalah sebuah aplikasi bisnis. Dan jika dijelaskan secara spesifik, SAP merupakan sebuah aplikasi bisnis yang dipergunakan guna mengolah data dan data tersebut digunakan perusahaan sebagai bagian dari upaya pengelolaan sumber daya yang dimiliki. Dan tak diragukan lagi bahwa tujuan dari proses pengelolaan sumber daya tersebut adalah untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sebelum hadir di Indonesia, SAP sendiri adalah sebuah aplikasi yang pertama kali dibuat dan diperkenalkan oleh perusahaan SAP AG yang berasal dari Jerman. Di dalam aplikasi ini, Anda bisa temukan berbagai modul yang menjadi komponen utama, yaitu Finance (keuangan), Logistic (logistik), dan Human Resources (sumber daya manusia atau SDM).

Baca juga: SAP Indonesia: Jenis Modul dan Tujuan Implementasi SAP Business One

Dan dari ketiga modul tersebut, masih terdapat puluhan sub-modul lainnya sehingga software ini menjadi sebuah sistem yang kompleks. Meski demikian, kompleksitas dari SAP sendiri memang ditujukan untuk membantu sistem sebuah perusahaan yang memang bersifat kompleks.

Jika menyimpulkan dari penjelasan singkat tentang SAP itu apa di atas, Anda barangkali juga sudah menyimpulkan bahwa SAP adalah sistem yang kompleks alias rumit. Dan salah satu konsekuensi dari kompleksitasnya adalah biaya penerapan SAP yang tidak sedikit. Belum lagi, investasi yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan bukan hanya berkaitan dengan biaya pembelian software SAP, tapi juga mencakup biaya pemasangan atau instalasi software di perusahaan, hingga konsultasi. Kemudian, masih ada juga biaya lisensi yang perlu dibayarkan setiap tahunnya.

Cara Mudah Mengatur Perusahaan

Pengguna SAP

Pada umumnya, pengguna software SAP adalah entitas bisnis atau perusahaan. Hanya saja, lantaran investasi yang tidak kecil dalam adopsi dan implementasi SAP, pada akhirnya perusahaan-perusahaan besar lah yang lebih banyak ditemui mempergunakan aplikasi ini, terutama perusahaan yang sudah berskala global. Hal yang sama juga terjadi di Indonesia, di mana software SAP tercatat pertama kali dipergunakan pada tahun 1990-an.

Apa Peran SAP dalam Dunia Bisnis

Adanya susunan modul di dalam SAP yang terintegrasi bukan hanya menjadikan software ini dapat dipergunakan dengan cara saling bersinergi, tapi juga dapat membuat pengelolaan data perusahaan jadi lebih mudah. Apalagi, jumlah data yang dimiliki dan diolah oleh perusahaan tentu tidak berjumlah kecil atau sedikit.

Lewat integrasi tersebut, perubahan pada satu data tentu akan memengaruhi data lain yang berkaitan secara otomatis. Hal ini jelas akan sangat membantu perusahaan dalam melaksanakan aktivitas sehari-harinya secara lebih efisien lewat penghematan waktu, tenaga, bahkan biaya. Sebab, user jadi tidak perlu mengubah ratusan informasi apabila terdapat perubahan data, kan?

Baca juga: Apa itu SAP dan Manfaatnya Bagi Perusahaan di Indonesia

Lewat integrasi tersebut, pemrosesan secara real time juga jadi sangat mungkin. Sebab, efek yang ditimbulkan dari satu data akan berpengaruh pada informasi-informasi lain yang berkaitan dengan segera. Hal ini jelas akan membantu perusahaan dalam menghasilkan informasi atau laporan yang selalu akurat dalam waktu singkat.

Peran lain yang dimiliki oleh SAP dalam perusahaan adalah mendukung adanya transparansi data. Pasalnya, integrasi dan sinergi yang diwujudkan dalam penggunaan software yang satu ini bukan hanya berkaitan dengan data dan informasi yang diolah dan dikelola saja, tapi di antara para penggunanya.

subsribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

Karena itu, segala informasi atau data beserta pembaruan atau perubahannya dapat dilihat oleh siapa saja di dalam perusahaan. Lebih jauh lagi, hal ini juga dapat mendorong efisiensi kinerja, terutama yang bersifat lintas departemen.

Nah, itulah rangkuman penjelasan tentang SAP itu apa, pengguna, hingga peran dan manfaatnya dalam dunia bisnis secara umum serta perusahaan secara khusus. Di Indonesia, implementasi SAP saat ini telah mulai berkembang dan tidak hanya menjangkau bisnis-bisnis besar seperti perusahaan konglomerasi maupun multinasional, tapi juga bisnis lain di berbagai skala maupun segmen industrinya. Hal tersebut tentu saja merupakan sebuah sinyal positif yang perlu diapresiasi demi kemajuan perekonomian di Indonesia lewat para pelaku usahanya.

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.