Apa Arti SAP dan Apa Singkatan dari SAP?

apa arti sap dan apa singkatan dari sap



Banyak orang yang belum tahu atau belum pernah mendengar SAP, yang akan mereka tanyakan ketika mendengar kata SAP sudah pasti, apa arti SAP? Pasti banyak sekali akan pertanyaan tersebut, SAP adalah singkatan dari “System Application and Product in Processing” yang berkembang dengan tujuan membantu suatu perusahaan atau sebuah organisasi untuk melakukan bisnisnya.

Istilah SAP dan Perkembangannya

SAP terjemahan dari bahasa inggris, SAP ERP yang berarti perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan. SAP termasuk software ERP terkemuka di dunia yang sekarang ini sedang banyak di implementasikan oleh perusahaan di Asia.

Karena itulah SAP telah menjadi salah satu sumber daya perusahaan yang harus ada karena harga software SAP juga yang tergolong sangat bisa dijangkau oleh perusahaan yang akan menggunakanya.

SAP akan membuat pekerjaan lebih mudah karena pengerjaanya jadi otomatis tidak seperti awalnya yang masih dikerjakan manual dan karena itu juga peran SAP dalam suatu perusahaan sangatlah penting.

Baca juga: Sekilas Tentang Singkatan Dari SAP Dan Manfaatnya Dalam Dunia Bisnis

Menurut bahasa indonesia arti SAP adalah aplikasi sistem dan produk dalam pemrosesan data jadi SAP adalah sebuah aplikasi perangkat lunak atau software yang sering digunakan oleh banyak perusahaan besar untuk menjalankan bisnisnya dan dalam mengembangkan bisnisnya.

Begitu banyaknya perusahaan di negara – negara yang ada di dunia, yang berpindah ke program SAP dan menggunakan SAP hampir 80% begitupun di negara Indonesia banyak kegiatan bisnis yang mengimplementasikannya dengan harga program SAP yang menurut mereka sesuai dengan hasil yang diperoleh.

Sejarah perusahaan SAP sendiri pun dari dulu hingga sekarang terus berkembang, proses bisnis yang termasuk SAP ERP adalah Operasi, Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Layanan Corporate.

subsribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

Pada tahun 2016 telah dirilis versi terbaru yaitu SAP ERP 6.0 yang saat itu diperbarui melalui paket perangkat tambahan SAP dan yang terbaru yaitu paket perangkat tambahan SAP 8 untuk SAP ERP 6.0.

Pada awalnya SAP hanya dibuat untuk industri manufacturing, di indonesia sudah diterapkan pada tahun 90-an dan perusahaan yang pada awalnya menggunakan SAP antara lain Indofood, Astra International, dan Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang kemudian berkembang dan diikuti oleh perusahaan – perusahaan lainnya yang kini sudah menggunakannya.

SAP Business One Indonesia

Istilah ERP ( Enterprise Resource Planning )

Bicara tentang ERP yang juga merupakan software SAP mungkin ini juga yang membuat orang jarang tahu sebenarnya apa itu SAP dan Apa itu ERP? Sistem ERP sendiri itu berarti sebuah software yang secara defacto dapat berarti software atau application yang mampu membantu dan mendorong semua kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan setiap saat.

Modul yang dimiliki SAP

Seperti yang sudah dibahas mengenai arti SAP adalah (System Application and Product in data processing) yang berarti SAP juga mempunyai modul yang dibuat untuk sistem tertentu.

Jadi modul yang digunakan oleh setiap perusahaan itu berbeda, tergantung pada kebutuhanya, modul ini akan di operasikan dan lebih bagusnya lagi perusahaan cabang yang lain juga bisa melihat kemajuan datanya karena telah terintegrasi semua.

Baca juga: Jenis Modul Dan Tujuan Implementasi SAP Business One

Modul – modul yang dimiliki program SAP mempunyai kemampuan untuk menunjang transaksi yang dibutuhkan didalam perusahaan. Harga program SAP yang mahal, konsultan IT yang mahal dan gaji SDM juga tinggi, mungkin hal ini yang jadi alasan SAP jarang digunakan oleh perusahaan menengah kebawah, dan kebanyakan sekarang ini digunakan untuk perusahaan besar ternama.

Berikut beberapa modul yang terdapat pada SAP.

1. Human Resource Management ( HR)

Mengintegrasikan proses – proses HR mulai dari aplikasi pendaftaran, management waktu, administrasi pegawai, pembiayaan untuk perjalanan, serta proses gaji karyawan.

2. Quality Management

Membantu cek kualitas proses – proses di keseluruhan rantai logistik.

3. Sales and Distribution atau SD

Bertujuan untuk membantu proses penjualan dalam perusahaan tersebut dan dapat membantu untuk kroscek kembali transaksi – transaksi yang telah dilakukan oleh perusahaan.

4. PP singkatan dari Production Planning

Modul ini membantu perusahaan untuk rencana pengendalian produk dan memeriksa setiap aktifitas pada bagian produksi.

5. Materials Management

Membantu menjalankan proses pembelian (procurement) dan pengelolaan inventory.

6. PP atau Plant Maintenance

Membantu mengatasi masalah yang terjadi pada kegiatan produksi, penjualan, maupun input data.

7. FI atau Financial Accounting

Semua kegiatan yang berhubungan dengan keuangan dan pembuatan laporan keuangan ada pada modul ini.

8. AM atau Asset Manajemen

Memudahkan dalam mengelola keseluruhan kegiatan produksi perusahaan baik keuangan maupun rencana penjualan dan dalam produksi akan didapatkan pada modul ini termasuk membantu mengontrol investasi.

Memang lumayan banyak Modulnya tapi inilah keunggulan dari SAP dan tentunya setiap modulnya terintegrasi dengan baik.

Pada dasarnya, ketika Anda memutuskan untuk memilih SAP, maka Anda akan menemukan berbagai modul. Modul SAP ini nantinya akan memberikan manfaat tersendiri bagi Anda, khususnya jika Anda memiliki sebuah perusahaan. Banyaknya modul yang dimiliki oleh SAP ini secara tidak langsung akan membantu dalam menciptakan peluang pada sebuah perusahaan.

Singkatan SAP adalah (System Application and Product in Processing) atau program SAP ini kini sudah banyak digunakan oleh perusahaan di dunia karena software ini lebih mengerti kebutuhan perusahaan besar dan akan sangat membantu mereka.