Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

Pengertian dan Penggunaan Software SAP Bagi Perusahaan

SHARE ON

Software SAP adalah software atau aplikasi yang sering diterapkan di perusahaan-perusahaan terkemuka yang berguna untuk mengintegrasi perkembangan bisnis mereka. Kepanjangan dari SAP itu sendiri ialah System Application and Processing.

Pengertian Software SAP

Bisa disimpulkan bahwa SAP adalah aplikasi berbasis ERP (Enterprise Resource Planning) yang terbesar di seluruh dunia sebagai aplikasi buatan Jerman. Adapun ERP di sini yaitu sistem integrasi guna mendukung aktivitas operasional dalam sebuah bisnis. ERP ini mengintegrasikan seluruh bagian perusahaan sehingga dapat bekerja sama secara efektif, serta mampu mencapai hasil sesuai yang ditargetkan perusahaan.

Cara Mudah Mengatur Perusahaan

Maka dari itu, peran ERP di sini sangat penting bagi suatu perusahaan. Selain itu, dengan ERP pekerjaan menjadi lebih mudah sebab hal yang awalnya dikerjakan secara manual kini dapat dikerjakan dengan cara otomatis. Inilah yang membuat ERP sebagai sumber daya terpenting bagi perusahaan yang harus ada.

Sebenarnya aplikasi ERP sangat banyak, namun kebanyakan perusahaan di dunia memakai SAP, tak terkecuali Indonesia. Ada banyak aktivitas usaha yang sudah mengimplementasikannya. Bahkan beberapa perusahaan ada yang sudah beralih memakai SAP, karenanya kehadiran seseorang yang memahami program SAP saat ini sangat dibutuhkan.

Baca juga: Kepanjangan dari SAP hingga pentingnya menggunakan SAP Business One

Pemakaian SAP di Indonesia

Pada awalnya, SAP dibuat bagi industry manufacturing. Di Negara Indonesia, SAP sudah diterapkan sejak tahun 90-an. Penerapan SAP pertama kali dilakukan oleh perusahaan-perusahaan seperti Indofood, Astra International, dan Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Baru setelah itu, diikuti oleh beberapa perusahaan lainnya.

Sampai saat ini, ada banyak perusahaan yang menerapkan ERP di Indonesia. Diantaranya Telkomsel, Daihatsu Motor, Blue Bird, Aqua, United Tractor, Pertamina, Bentoel Prima, dan lainnya. Penerapan modul SAP yang digunakan oleh setiap perusahaan pun bervariasi, mulai dari penggunaan hanya di sales distribution-nya saja, hingga di bagian financial accounting. Untuk menerapkan program SAP ini, Anda bisa bermitra dengan SAP Gold Partner.

SAP mampu melakukan berbagai macam fungsi sesuai objektif perusahaan. Aplikasi ini terdiri atas beberapa program besar yang dilengkapi oleh sub program. Adapun program SAP di sini maksudnya ialah instruksti terstruktur yang biasa dikenal sebagai kode yang dibuat melalui bahasa pemrograman ABAP atau khusus SAP. Adapun bahasa ABAP ini bertujuan untuk mengendalikan perilaku komputer guna merekam transaksi usaha serta melakukan berbagai macam fungsi analisis.

Saat program SAP beroperasi, maka ia mempunyai fungsi tertentu diantaranya seperti fungsi dalam bidang procurement, warehouse management, sales order, finance, dan lain sebagainya.

Siapa Saja yang Memakai SAP Software?

Software ini sebenarnya tergolong mahal, jadi biasanya hanya dibeli perusahaan-perusahaan besar. Sebab fungsi utama SAP ialah untuk melakukan otomatisasi proses usaha pada sebuah perusahaan. Selain itu, tak semua perusahaan memerlukan program SAP. Untuk kebanyakan perusahaan menengah dan perusahaan kecil, fungsi yang ada pada SAP dirasa terlalu canggih dan berlebihan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Bagi perusahaan kecil dan menengah ada beberapa alternatif lain dibandingkan SAP yang penggunaannya lebih sederhana dan lebih terjangkau. Alternatif-alternatif tersebut cocok bagi perusahaan yang tak mempunyai anggaran besar guna memenuhi sistem IT. Sebenarnya kekuatan pada SAP dapat bekerja secara maksimal saat sistem tersebut dimanfaatkan untuk mengelola sebuah perusahaan multinasional. SAP diterapkan pada beberapa perusahaan global, mengingat program ini memiliki kemampuan skalabilitas luar biasa serta bisa menangani operasi usaha.

Baca juga: SAP itu Apa, Siapa Penggunanya, dan Apa Perannya dalam Dunia Bisnis

Alasan Pentingnya Mempelajari SAP

Dengan semakin kompleksnya operasional bisnis dalam sebuah perusahaan, maka semakin besar pula kebutuhan perusahaan untuk software ERP. Program SAP bisa dikatakan paling terdepan bagi software ERP, bahkan sudah banyak sekali perusahaan yang menggunakan SAP atau bahkan yang beralih pada program tersebut.

Semakin meningkatnya perusahaan yang menggunakan SAP, maka semakin meningkat pula kebutuhan seorang specialis atau ahli yang paham sistem SAP. Bahkan kebanyakan perusahaan menyukai ahli SAP yang tidak terikat, seperti pekerja lepas atau freelance, mengingat biaya yang dikeluarkan bagi konsultan SAP paruh waktu ini lebih besar daripada karyawan internet dalam sebuah perusahaan.

Jadi, mempelajari SAP adalah sebuah keharusan dan ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mempelajari SAP diantaranya secara otodidak maupun training.

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.