Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

Mengapa Harga Program SAP Terbilang Mahal?

SHARE ON


SAP merupakan salah satu aplikasi software mengenai Enterprise Resource Planning atau yang disingkat dengan ERP. Aplikasi ini sangatlah penting untuk keberlangsungan suatu perusahaan. Sayangnya, tak semua perusahaan bisa menggunakan dengan maksimal aplikasi ini. Hal ini dikarenakan harga program SAP sangatlah mahal. Mengapa bisa demikian? Berikut ini sedikit ulasannya.

Implementasi SAP sangatlah rumit

Alasan pertama dan paling utama mengapa harga program SAP sangatlah mahal ialah karena implementasinya yang sangatlah rumit. Walaupun memang untuk mendapatkan aplikasi software SAP ini bisa secara gratis, akan tetapi pelaksanaan dan pengimplementasian aplikasinya lah yang membuat harga program SAP ini mahal bahkan dapat dikategorikan sangat mahal.

Sehingga para customer yang ingin menggunakan aplikasi ini, perlu bantuan serta bimbingan dari pihak yang telah bekerja sama dengan SAP. Baik yang berkategori sap gold partner maupun yang berkategori sap premium partner.
SAP Business One Indonesia

Implementasi SAP sangatlah rumit salah satunya jika ditinjau dari lingkungan perusahaan. Dimana untuk menggunakannya anda akan menghadapi berbagai hal. Seperti penyesuaian proses bisnis dengan fitur yang tersedia dalam aplikasi SAP, adanya benturan atau permasalahan dengan pihak-pihak tertentu yang tidak menyukai sistem aplikasi SAP hingga perubahan kultur perusahaan yang sulit untuk diubah.

Dari segi melakukan pengaplikasian program SAPnya pun sangatlah rumit. Khususnya pada bagian meng-customizing SAPnya. Dimana untuk melakukan hal tersebut perlu memahami dan mengaplikasikan business process design. Setelahnya haruslah melakukan pengintegrasian sistem.

Tak berhenti sampai disitu saja, setelah melakukan pengintegrasian sistem, haruslah me-matching-kan yang namanya karakteristik standard software dengan kebutuhan-kebutuhan perusahaan. Itu baru segelintir kerumitan yang akan terjadi dalam menggunakan software SAP ini.

Jadi memanglah implementasi SAP ini rumit dalam segi programnya bahkan penyesuaiannya dengan lingkungan perusahaan.

Baca juga: SAP di Indonesia – Pahami Tujuan Implementasi SAP

Dikarenakan tingkat kesulitan yang sangat tinggi ini, perusahaan yang ingin menggunakan program ini memerlukan jasa yang akan membantu mereka untuk menjalankan program SAP ini. Saat ini sudah banyak business partner yang resmi bekerjasama dengan SAP yang berasal dari jerman ini.

Namun, dikarenakan menggunakan jasa konsultan di bidang SAP ini. Tentu saja terdapat biaya tambahan untuk mendapatkannya.

Jika memang perusahaan sangat memerlukan jasa konsultan agar program SAP berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Pilihlah konsultan yang terpercaya dan berintegritas. Seperti Sterling Team (Steam) yang integritasnya tidak usah diragukan. Terlihat dari penghargaan yang telah diterima hingga perusahan-perusahaan besar yang tetap percaya menggunakan jasa konsultan SAP oleh STEM.

Permintaan customer yang beragam

Alasan selanjutnya ialah mengapa SAP ini sangatlah mahal ialah dikarenakan adanya tambahan permintaan customer yang beragam, seperti yang dijelaskan pada point pertama. Yaitu pengaplikasian software SAP ini saja sudah sangatlah sulit. Lalu sekarang ditambah dengan kesesuain dengan situasi perusahaan dan permintaan para customer yang sangatlah beragam.

Apalagi setiap bidang perusahaan pasti memiliki karakteristiknya masing-masing. Sehingga para konsultan pun harus memperhitungkan dengan karakteristik perusaahan dan memutar cara bagaimana agar pengimplikasian SAP bisa sesuai denga situasi dan permintaan dari pihak perusahaan atau dengan kata lain pihak customer.

Untuk Melaksanakan Program SAP Perlu Memerlukan Perangkat Yang Memadai

Alasan yang ketiga mengapa melaksanakan program SAP sangatlah menguras biaya adalah selain membayar jasa konsultan, pihak perusahaan harus bisa memastikan perangkat computer yang ada bisa digunakan secara baik dan lancar dalam menggunakan aplikasi program SAP ini.

Yang mana minimal computer yang digunakan untuk bisa men-support aplikasi ini ialah memiliki 2 processor yang memiliki speed diatas 1 Ghz, RAM sebesar 4 GB serta hardisk sebesar 200 GB.

Apalagi perangkat computer yang dibutuhkan tentu saja tidak hanya satu akan tetapi pasti lebih dari satu. Selain itu, perangkat computer ini juga perlu untuk dirawat agar tetap berjalan dengan baik.

Baca juga: Tips Memilih Software SAP yang Tepat, Hindari Kesalahan Ini!

Itulah beberapa alasan mengapa harga program SAP sangatlah mahal, Walaupun memang, biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan program SAP ini sangatlah mahal. Akan tetapi SAP ini sangatlah penting untuk perusahaan. Dimana penggunaan program ini bertujuan untuk mengakomodasi segala kebutuhan perusahaan yang memanglah banyak dan sangatlah kompleks.

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.