Pengertian dan Manfaat SAP Business One

Pengertian SAP Business One dan 6 Manfaatnya


Dalam dunia bisnis dan perusahaan pastinya Anda tidak asing lagi dengan urusan SAP Business One. Sedangkan SAP adalah singkatan dari System Aplication and Product in data Processing. Software ini sangat membantu pekerjaan perusahaan dan juga pengelolaan masyarakat sebagai tenaga kerja.

Dengan software yang satu ini membuat semua pekerjaan di dalam perusahaan menjadi lebih baik dari sebelumnya. SAP Business One juga telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang besar. Namun, kali ini perusahaan yang kecil pun juga akan ikut dalam penggunaan SAP dengan menggunakan software SAP HANA.

Namun, bicara mengenai SAP sendiri apakah Anda sudah paham atau sudah mengerti pentingnya program SAP dalam perusahaan? Berikut ulasannya yang lebih lengkap:

Pengertian SAP Business One

Singkatan SAP adalah System Application and Product Processing yang mana SAP adalah salah satu software yang bisa digunakan untuk meng-handle sistem ERP SAP yang sangat kompleks.

ERP sendiri merupakan salah satu singkatan dari Enterprise Resources Planning yang digunakan untuk manajemen perusahaan.

Banyak sekali sistem ERP yang ada di pasaran akan tetapi, program SAP ini lah yang menjadi idola dalam penggunaannya di berbagai perusahaan besar. Program SAP memiliki tujuan untuk manajemen aktivitas, pengolahan, hingga pemantauan, sehingga menjadi lebih baik lagi.

Sekarang sistem SAP memiliki keunggulan yang sangat banyak dari mulai produksi hingga SDM yang diikuti dengan meningkatnya modul-modul yang diberikan kepada para perusahaan yang menggunakan SAP.

Pengertian SAP dan Hana

Setelah mengerti mengenai SAP adalah singkatan dari System Application and Product in Data Processing, maka selanjutnya kita akan belajar SAP Business One. Seperti yang telah kita katakan sebelumnya bahwa SAP itu sendiri banyak digunakan oleh berbagai perusahaan baik besar, menengah, dan kecil.

Anda harus mencari partner SAP Business One yang benar-benar baik agar perusahaan Anda juga bisa berjalan dengan baik. Dengan sistem SAP yang baik maka Anda bisa mengelola perusahaan menjadi sangat amat mudah.

Apalagi saat ini  program SAP telah dibangun dengan basis data Microsoft SQL dan juga mendukung SAP HANA dalam basis penyediaan memori yang sangat berkembang di kalangan pengolahan data.

Dahulu SAP hanya dianggap sebagai alat untuk manajemen dan juga Program SAP akuntansi, namun saat ini membuat banyak orang berpikir dua kali sebab secara pengolahan data perusahaan yang kompleks kini bisa diatasi dengan dua hal tersebut. Jadi penggunaan kedua sistem ini akan memiliki kinerja yang sangat baik sehingga andal dalam berbagai hal.

SAP Business One Indonesia

Berikut Manfaat SAP Business One Terhadap Perusahaan

1. Menurunkan Biaya dengan Mengurangi Persyaratan Pelatihan

Dengan sistem SAP atau biasa disebut dengan SAP B1 Anda bisa menurunkan biaya dengan mengurangi persyaratan untuk melakukan pelatihan karyawan, hal ini juga berlaku jika Anda salalu memberikan video pelatihan.

2. Menemukan Berbagai Keperluan Perusahaan

Anda bisa menemukan berbagai data apa saja dengan cara cepat dan instan karena telah masuk ke dalam sistem yang mudah digunakan. Anda hanya memasukkan nomor faktur dan sistem pun akan otomatis memberikan atau menunjukkan pada Anda di mana ia muncul dalam transaksi apa pun.

3. Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan

Anda bisa meningkatkan hubungan dengan pelanggan menjadi lebih baik. Ketika pelanggan meminta suatu bantuan maka Anda telah memiliki beberapa data masa lalunya sehingga Anda bisa membuat keputusan dengan lebih mudah dan cepat. Jika Anda telah mengetahui email dan transaksi bisnis pelanggan maka pelanggan pun akan merasa dipedulikan oleh perusahaan sehingga meningkatkan hubungan dengan mereka.

Peningkatan hubungan dengan pelanggan menjadi salah satu poin yang penting di mana Anda bisa meningkatkan kerja sama yang baik sehingga tidak perlu susah payah lagi. menjaga pelanggan untuk terus percaya merupakan kesulitan yang tersendiri sehingga jika Anda memiliki pelanggan yang tetap maka jaga dengan baik.

4. Menjadi Solusi yang Spesifik untuk Industri

Penggunaan software SAP ini menjadi salah satu solusi yang terbaik bagi semua perusahaan terutama perusahaan industri. Berbagai industri di Indonesia telah kita tahu banyak yang memerlukan suatu hal yang harus ada demi keberlangsungan industri mereka.

Maka dengan manajemen pengolahan yang baik maka Anda bisa mengandalkan SAP Business One sehingga semua yang menjadi urusan perusahaan bisa langsung tertangani dengan baik secara sistematis, sinergis, dan juga hasilnya akan menjadi sangat efisien.

5. Hemat Waktu dan Bisa Fokus dengan Bisnis serta Perusahaan Anda

Anda tidak perlu mengeluarkan waktu untuk mencari aplikasi yang tepat saja, Anda hanya perlu fokus terhadap pekerjaan Anda tersebut dan biarkan sistem yang bekerja dengan tenaga kerja yang terlibat di dalamnya. Selain itu Anda tidak perlu mencari berbagai perusahaan distributor SAP Indonesia. Tidak perlu khawatir karena SAP B1 ini akan membuat Anda puas dengan pekerjaan tersebut.

6. Meningkatkan Garis Depan yang Ada dalam Perusahaan

Dengan menggunakan sistem SAP maka semua data menjadi satu dan sistematis dan bisa diakses dengan sangat transparan oleh sistem, sehingga Anda bisa mengakseskannya saat pelanggan membutuhkan bantuan, biasa hal tersebut dilakukan oleh Customer Service yang dituntut untuk tahu semua masalah perusahaan.

Jika masih dalam lingkup pekerjaan dan membantu pelanggan tersebut maka informasinya bisa diakses dengan mudah dan bisa menjadi jalan informasi bagi pelanggan. Dengan sistem yang otomatis seperti ini menjadi sangat efisien.

Kesimpulan

Dari berbagai uraian di atas maka bisa disimpulkan bahwa SAP salah satu perangkat lunak atau aplikasi yang berbasis ERP atau Enterpreneur Resources planning. SAP biasa digunakan untuk kegiatan perusahaan besar yang memiliki berbagai divisi yang kompleks sehingga pekerjaan bisa selesai dengan terintegrasi.

Baca juga: Kepanjangan dari SAP hingga pentingnya menggunakan software SAP

SAP Business One ini sangat terbantu dengan adanya sistem SAP Hana yang merupakan suatu sistem yang mendukung data memori dan memiliki kinerja dan keandalan yang sangat baik. Serta yang bisa disimpulkan berikutnya dan yang paling pertama kita bahas adalah nama SAP. SAP adalah singkatan dari System Applicantion and Product in Data Processing.

Berikut video customer testimonial yang menggunakan SAP Business One dan bekerjasama dengan STEM:

SAP Business One Indonesia