Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

Keunggulan Program SAP Akuntansi Untuk Pemula

SHARE ON

Program SAP akuntansi adalah aplikasi yang digunakan untuk mengatur berbagai keperluan penghitungan neraca sebuah perusahaan. Pada dasarnya SAP merupakan singkatan dari System, Application, and Processing dimana keseluruhan aplikasi yang terdapat di dalamnya merupakan bagian dari sebuah sistem. Dalam memudahkan sistem kontrol pada catatan keuangan sebuah perusahaan, maka dibutuhkan sistem terpercaya yang telah mencakup seluruh kebutuhan perusahaan tersebut.

Penggunaannya juga harus didasarkan pada setiap sub unit yang ada dalam perusahaan tersebut sehingga seluruh perhitungan yang dilakukan tidak mengalami kesalahan atau perbedaan antara satu bagian dan bagian yang lain. Dengan menggunakan program SAP akuntansi, ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan. Berikut ini adalah sedikit ulasannya untuk Anda.

Baca juga: Software accounting terbaik – Manfaat dan Rekomendasi Software

Seluruh Catatan Tersimpan Dengan Baik

Penggunaan program akuntansi akan mempermudah para pengguna untuk melakukan pencatatan pada setiap proses transaksi. Mulai dari proses awal transaksi, hingga seluruh proses keluar atau masuknya barang dapat dicatat dengan rinci. Cara ini menjadi salah satu trik yang mudah untuk digunakan dalam merapikan catatan perusahaan yang telah terlanjur berantakan. Dari segi skala perusahaan, aplikasi dapat digunakan baik untuk jenis perusahaan kecil, sedang ataupun besar.

Bukti-bukti pembayaran yang ada pada aplikasi juga dapat disimpan dengan baik. Seluruh proses pencatatan akan terekam sehingga Anda lebih mudah untuk mengolah data hingga dalam bentuk jurnal dan neraca. Pada beberapa kasus, terkadang perusahaan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengolah data yang masih belum jelas validitasnya. Dengan menggunakan sistem yang dikhususkan untuk mengolah data akuntansi, proses-proses tersebut hanya membutuhkan sedikit waktu dengan tingkat ketepatan yang lebih tinggi.

SAP Business One Indonesia

Mudah Tracking Bila Terjadi Kesalahan

Tidak dapat dipungkiri bahwa kesalahan ketika melakukan olah data masih mungkin terjadi. Anda tak perlu khawatir karena dengan menggunakan sistem yang telah teruji, kesalahan dalam pengolahan data dapat diminimalisir. Anda juga dapat melakukan tracking dengan cepat bila ada ketidak cocokan data yang terdapat pada aplikasi dan data nyata yang dimiliki. Sistem yang mampu mencatat setiap detail transaksi sangat memudahkan siapapun untuk melakukan pengolahan data dengan cepat dan tepat.

Sebagai contoh, bila terdapat nota yang hilang atau nota yang masih belum tercatat. Anda dapat mencocokannya dengan mudah melalui sistem yang telah digunakan. Catatan lama dan letak kesalahan akan langsung terlihat sehingga Anda tidak perlu mengalami kesulitan ketika menggunakan aplikasi tersebut. Cukup melihat bagian mana yang mengalami ketidak cocokan, kemudian perbaiki data yang telah dibuat menggunakan data yang benar. Setelah itu proses penghitungan dapat dilanjutkan tanpa harus mengalami permasalahan yang besar.

Bila menggunakan sistem manual, kerap kali data menjadi rancu dan sulit untuk mencari dimana letak kesalahan penghitungan pada perusahaan Anda. Aplikasi atau sistem akuntansi dijamin akan sangat membantu untuk membuat kinerja Anda menjadi semakin efektif.

Proses Penghitungan Lebih Cepat

Efektivitas kerja dan kecepatan pengerjaan data juga menjadi kunci kesuksesan sebuah perusahaan. Agar perusahaan Anda tidak membuang-buang terlalu banyak waktu untuk mengolah data, penggunaan sistem akuntansi akan sangat berguna.

Dalam sistem tersebut telah tersedia banyak fasilitas yang khusus dibuat untuk memudahkan seluruh proses pencatatan serta penghitungan data keuangan perusahaan. Tanpa adanya sistem tersebut, seluruh langkah masih harus dilakukan secara manual sehingga waktu yang dibutuhkan menjadi sangat lama dan tidak efektif dalam hal proses pengerjaan.

Baca juga: Pengertian dan Penggunaan Software SAP Bagi Perusahaan

Disinilah yang membuat aplikasi dan sistem akuntansi kian dibutuhkan dalam setiap perusahaan. Cara penggunaannya juga telah dijelaskan secara terperinci dalam setiap aplikasi dan sistem akuntansi tersebut.

Bila Anda ingin mengembangkan sebuah perusahaan atau sekedar memperbaiki catatan keuangan sebuah perusahaan, sistem aplikasi akuntansi dapat menjadi pilihan utama untuk perusahaan Anda. Dalam beberapa kasus, akuntan perusahaan sangat membutuhkan adanya sistem yang valid guna memastikan bahwa seluruh catatan perusahaan telah dihitung dengan tepat dan benar.

Sebuah kesalahan kecil berpotensi mengacaukan seluruh catatan sehingga kesalahan-kesalahan tersebut harus sangat dihindari bila Anda sedang menghitung data keuangan dalam sebuah perusahaan. Program SAP akuntansi dapat menjadi pilihan tepat supaya proses penghitungan dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pencatatan terhadap seluruh transaksi perusahaan dapat dilakukan dengan benar dan cepat.

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.