Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

Manfaat SAP Business One Bagi Pengusaha UKM di Indonesia

SHARE ON

Apakah Anda pemilik sebuah perusahaan atau bisnis? Mungkin Anda sering mendengar istilah SAP (System Application and Product). SAP Business One adalah sebuah software atau aplikasi yang banyak diterapkan para penggiat bisnis untuk melakukan integrasi usaha yang dijalankannya.

Pengertian SAP Business One

Aplikasi manajemen bisnis dari SAP ini memang sangat ideal bagi usaha berskala kecil maupun menengah. Selain itu, usaha pada perusahaan-perusahaan besar pun cocok mengaplikasikan program SAP Business One guna kebutuhan divisi maupun subsidarinya.

Baca juga: Pengertian dan Penggunaan Software SAP bagi Perusahaan

Pemakaian SAP Business One ini bertujuan untuk semakin meningkatkan kendali bisnis berskala kecil hingga menengah menggunakan software yang dirancang agar ikut berkembang bersama. Program SAP ini bisa mempersingkat semua proses utama perusahaan, dapat membuka wawasan yang berlebih dalam bisnis perusahaan, sekaligus mengambil semua keputusan bisnis dari informasi secara real time. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan pertumbuhan keuntungan perusahaan.

Program ini bahkan sudah digunakan oleh 30.000 lebih pengguna yang ada di seluruh dunia. Keunggulannya adalah pemakaian sistem cloud untuk pengaplikasiannya, penyebaran informasi dalam perusahaan menjadi lebih cepat, dan pengintegrasian terhadap business intelligence.

Solusi SAP Business One Untuk UKM (Usaha Kecil Menengah)

Awalnya, para pengguna program SAP di Negara Indonesia maupun global hanya bagi perusahaan-perusahaan yang besar saa atau biasa disebut sebagai Enterprise. Karena melihat banyaknya perusahaan kecil dan menengah saat ini yang lebih besar daripada perusahaan besar, maka SAP akhirnya menargetkan usaha kecil menengah lewat produk ERP dengan nama Business One.

SAP Business One ini diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 2005, akan tetapi baru banyak dikenal para pengusaha kecil sesudah 3 tahun diluncurkan.

Baca juga: Manfaat SAP Business One Bagi Pengusaha UKM di Indonesia

Manfaat Cloud ERP Untuk UMKM

Manfaat SAP Business One adalah bagi perkembangan bisnis UMKM yang ada di dunia. Dengan aplikasi SAP Business One yang diaplikasikan pada UKM ini tentu saja memberikan kemajuan dan perkembangan bagi sebuah usaha. Tidak hanya dikarenakan SAP ini dapat mempermudah pengontrolan semua aktivitas bisnis saja, tetapi aplikasi ini pun dapat memperkecil terjadinya kesalahan saat melakukan data. Sebelum Anda memutuskan bekerja sama dengan SAP gold partner, berikut beberapa manfaat software SAP untuk perkembangan bisnis UMKM yang wajib Anda ketahui, diantaranya :

  1. Dapat Melihat Laporan Stok dan Penjualan Dengan Mudah
    Setiap layanan atau aplikasi yang berkaitan dengan sistem ERP ini dapat memberikan kemudahan untuk pelaku usaha kecil menengah atau mikro guna membuat sekaligus mengatur penjualan serta stok barang dengan cara real time. Karena barang yang masuk dan keluar dapat terkelola dan terpantau dengan mudah.
  2. Mempermudah Penambahan Item Produk yang Dijual
    Jika awalnya dengan cara yang manual, Anda harus membuat atau menuliskan laporan penambahan produk dengan cara terpisah, namun dengan menggunakan aplikasi ERP para pengusaha dapat mengisi laporan untuk penambahan item produk yang dijual, cukup dalam satu aplikasi dalam satu akun saja.
  3. Menyusun Data Transaksi
    Mulai dari pemesanan sampai penerimaan barang yang dipesan, semua status transaksi dapat terekam secara rinci, aktual dan lengkap dalam satu program SAP. Selain itu, proses cetak dokumen kegiatan transaksi bagi mitra dapat dilakukan dengan mudah dan cepat sebab aplikasi ini telah dilengkapi oleh fitur laporan penerimaan barang dan cetak faktur.
  4. Pemilik Bisnis Dapat Melihat Laporan Online
    Aplikasi SAP Business One didesain sedemikian rupa agar dapat diakses dengan cara realtime menggunakan koneksi internet. Dengan demikian, dapat membantu para pelaku bisnis mendapatkan informasi usahanya dari kapan pun dan dimana pun mereka berada.
  5. Meminimalkan Laporan Manual
    Dengan sistem SAP dapat meminimalisir terjadinya kesalahan akibat sistem yang dilakukan secara manual. Dengan begitu, bisa meningkatkan efisiensi aktivitas usaha yang terjadi pada UMKM tersebut sekaligus meningkatkan keuntungan.
  6. Tidak Membutuhkan Waktu Lama Untuk Implementasinya
    Dikarenakan sudah terintegrasi lewat berbagai macam fitur operasional bisnis, maka implementasi sistem SAP tak membutuhkan waktu lama. Data dapat ter-update secara otomatis apabila pengguna menginputkan data melalui platform SAP ini.

Baca juga: SAP Business One – Solusi terbaik untuk software perusahaan anda

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa SAP Business One adalah program yang tepat bagi perusahaan berskala kecil dan menengah atau UMKM

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.