Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

SAP Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

SHARE ON


Pekerjaan akuntansi adalah pekerjaan yang sangat dibutuhkan di dalam membangun bisnis. ini bertujuan untuk bisa mengelola bisnis menjadi lebih baik. Orang yang bekerja sebagai accounting adalah akuntan. Seorang akuntan akan sangat membutuhkan software accounting yang dapat mempercepat dan meringankan pekerjaannya. Ini juga dapat meningkatkan kinerja dari akuntan tersebut. Software akuntansi terbaik yang terkenal misalnya sap gold partner yang bisa membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh perusahaan.

Software accounting adalah software yang didesain khusus untuk memudahkan pekerjaan di berbagai bidang yang ada di perusahaan sehingga lebih efisien dan efektif. Software tersebut digunakan untuk mengumpulkan segala bentuk transaksi sehingga akan menghasilkan bentuk laporan keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Program ini didesain berdasarkan manajemen database. Umumnya software diperjual belikan dan harganya juga tergolong mahal. Untuk mengurangi kesalahan dalam penyampaian laporan keuangan, sangat dibutuhkan program tersebut.

Baca juga: Apa itu SAP dan Manfaatnya bagi Perusahaan di Indonesia

Manfaat Software Accounting

Manfaat utama dari penggunaan software accounting adalah untuk mengelompokkan dan melakukan perhitungan secara cepat setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Laporan keuangan yang bisa dihasilkan oleh software accounting seperti laporan balance sheet, keuntungan dan kerugian perusahaan dan laporan akhir keuangan. Jika dilakukan secara manual akan sangat menghabiskan waktu mulai mengumpulkan bukti pembayaran, menghitung dan membuat laporan tersebut. Hal yang paling harus dihindari dari membuat laporan keuangan adalah kesalahan penginputan angka.

Setidaknya jika menggunakan software accounting akan meminimalisir kesalahan penginputan angka tersebut.

Cara Mudah Mengatur Perusahaan

Hal Yang Dipertimbangkan Dalam Memilih Software Accounting

Dalam memilih software accounting, anda harus mempertimbangkan aplikasi yang benar-benar sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Pertimbangan ini akan membantu anda menemukan software terbaik.

  1. Sesuai dengan kebutuhan
    Pertama adalah dengan mengetahui apa kebutuhan perusahaan tersebut. Setiap perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda apalagi jika perusahaan yang ada sudah jauh berkembang. Semakin sering perusahaan tersebut banyak melakukan transaksi keuangan maka yang terpenting adalah mencari fitur software accounting yang dibutuhkan oleh perusahaan anda.
  2. Mengetahui anggaran yang dimiliki 
    Harga software sangat beragam dan kompetitif. Selain itu, ada beberapa software yang bisa anda dapatkan secara gratis tetapi memiliki fitur yang terbatas.
  3. Mengenal akuntan perusahaan 
    Sebelum memutuskan untuk menggunakan software accounting, perhatikan bagaimana kemampuan akuntan yang bekerja di perusahaan. Akan jadi masalah jika anda memiliki staf akuntan yang sulit dalam mengoperasikan software accounting tersebut.

4 Rekomendasi Software Akuntansi di Indonesia

Tentu perusahaan akan sangat membutuhkan software accounting dan yang paling sering digunakan di Indonesia. Penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap software accounting dibawah ini:

  1. Acosys Accounting
    Software accounting yang paling direkomendasikan adalah software acosys accounting. Software ini sudah lama dikembangkan yaitu sejak tahun 1997 dan ada banyak dukungan dari pengguna software acosys untuk membantu keuangannya. Penggunanya sudah lebih dari 2500 pengguna. Penting mempertimbangkan software yang bisa di custom. Kelebihan lain dari software ini adalah bisa digunakan di windows, OS hingga linux. Setiap software atau program pasti memiliki kekurangan yaitu modul yang disediakan oleh softwarenya sangat sedikit dan terbatas.
  2. Software accurate 
    PT Cipta Piranti Sejahtera pada tahun 2000 mengembangkan software accounting yaitu software accurate. Program ini sudah digunakan oleh lebih dari 300.000 pengguna pada tahun 2017.
    Software accurate sangat cocok digunakan oleh perusahaan yang memiliki beberapa cabang perusahaan dengan banyaknya transaksi dari perusahaan tersebut. Software ini juga bisa digunakan secara gratis.
  3. Software Zahir 
    Zahir adalah salah satu software untuk accounting. Zahir memiliki beberapa paket yang bisa perusahaan atau penggunanya pemilih seperti Zahir online dan professional. Kelebihannya ada banyak fitur yang ditawarkan misalnya untuk mengelola warehouse dan sebagainya. Software ini dikembangkan sejak tahun 1996 dan sudah digunakan oleh 30.000 pengguna. Kekurangan Zahir adalah harga untuk lisensi zahir ini cukup mahal dan susah jika digunakan untuk menghitung biaya per jam.
  4. Abipro
    Abipro adalah rekomendasi dari salah satu software accounting yang sudah ada sejak 1985. Fitur-fitur yang ditawarkan adalah seperti perhitungan stock barang, penjualan, inventory dan sebagainya. Kelebihan lainya memiliki modul yang lengkap dan mudah digunakan. Kekurangan Abipro adalah tidak dilengkapi dengan audit trail dan hanya didukung oleh Windows.

Baca juga: Keunggulan Menggunakan SAP Business One dan Harganya

Demikian 4 rekomendasi software akuntansi terbaik dan paling sering digunakan di Indonesia.

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.