Pentingnya Belajar Sistem ERP dan SAP

Pentingnya Belajar Tentang ERP dan SAP

Jika Anda memiliki perusahaan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Beberapa hal diantaranya adalah penggunaan ERP SAP. ERP SAP adalah sistem dan paket alat software yang mendukung operasi perusahaan. Aplikasi dan penggunaannya memang harus dipelajari dulu. Tapi jika perusahaan Anda sudah dilengkapi dengan SAP ini, biasanya semua akan berjalan lebih efisien dan produktivitas bisa ditingkatkan.

Jika Anda ingin belajar lebih dalam tentang apa itu SAP dan ERP serta keuntungan menggunakannya, mari bahas bersama di sini!

Apa itu ERP dan SAP?

ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning. Secara umum, hal ini berhubungan dengan kemampuan perusahaan dalam mengatur resource dan perencanaan seputarnya. ERP ini berhubungan dengan semua departemen di perusahaan dan berusaha memastikan semua bekerja untuk tujuan yang sama.

SAP adalah alat software untuk keperluan ERP. SAP ini merupakan singkatan dari System Analysis and Program Development. Pada penggunaan software ini, Anda akan menemukan beberapa modul yang digunakan untuk tujuan tertentu. Mulai dari modul sales dan distribusi, manajemen bahan baku, planning untuk produk dan lain sebagainya dibagi dengan alat software berbeda.

Baca juga: Lebih Nyaman Menggunakan Jasa SAP Partner Indonesia

Dalam menggunakan SAP ini, perusahaan harus menjalin partner dengan jasa konsultan untuk dapat mengaplikasikan hal ini. Proses aplikasi ini tentu panjang dan selalu diperbaharui. Jadi istilah partner lebih cocok dibandingkan sekedar jasa pelatihan semata.

Software SAP sendiri selalu mendapatkan pembaruan mengikuti perkembangan teknologi. Jika ada yang lebih canggih dan lebih baik, pasti Anda juga ingin menggunakan versi terbaru tersebut. Masalahnya dalam menggunakan versi baru ini, sistem yang lama juga pasti harus dirombak. Beberapa pelatihan baru harus dilakukan juga. Untuk hal ini, menjalin relasi panjang dengan penyedia SAP harus Anda lakukan.

Baca juga: 8 Kunci Sukses Implementasi Sistem ERP

Partner SAP ini nanti dibayar seperti berlangganan. Walaupun pengeluaran yang dilakukan bisa besar, penggunaan ERP SAP adalah jalan satu – satunya untuk tetap menggunakan sistem ini secara baik. Jika hanya membayar pelatihan saja, perusahaan bisa tertinggal saat versi baru software-nya keluar.

SAP Business One Indonesia

Mengapa Menggunakan ERP SAP Penting Sekarang Ini?

Nah, dari bahasan di atas Anda tentu bisa merasakan bagaimana ERP dan SAP ini terasa penting untuk kebutuhan perusahaan. Untuk Anda yang memiliki perusahaan ukuran kecil ataupun menengah, software ini mungkin tidak terlalu penting. Ukuran perusahaan yang kecil akan masih mudah diatur, Tapi jika perusahaan sudah besar, Anda perlu bantuan untuk memastikan kendali perusahaan tetap berjalan efisien.

Di dunia internet ini, memanfaatkan teknologi yang baik akan menghasilkan efisiensi yang lebih menguntungkan hasilnya. Ambil contoh saja proses rapat. Dulu, rapat harus bersifat saling temu langsung antara para pihak yang berkepentingan. Sekarang hal ini tidak harus. Menggunakan program seperti Zoom membuat komunikasi tertutup tetap bisa berjalan.

Baca juga: SAP itu Apa, Siapa Penggunanya, dan Apa Perannya dalam Dunia Bisnis

Hal ini sama dengan SAP. Tool ini akan mempermudah proses Anda mengamati dan mengendalikan perusahaan secara baik. Mulai dari proses perencanaan strategi, management dalam hal produksi, pemasaran dan bahkan management soal penjualan.

Anda tentu tahu bahwa budaya belanja online saat ini lebih kental di masyarakat. Proses penjualan online ini dilakukan otomatis dan hanya perlu beberapa klik saja. Jika Anda bisa aplikasikan hal ini untuk keperluan mengatur produksi dalam perusahaan dan mengatur pembelian bahan baku, tentu hal ini akan mempermudah produktivitas perusahaan.

Persaingan sekarang lebih ketat. Banyak perusahaan baru bermunculan setiap jam-nya. Startup yang tadinya hanya ide sederhana bisa tumbuh menjadi perusahaan yang mendominasi. Jika perusahaan Anda lengah dan tidak bisa bersaing, tentu saja Anda sendiri yang rugi. Karena itu, lengkapi perusahaan Anda dengan senjata yang cukup seperti software SAP ini untuk keperluan menjawab tantangan perusahaan lainnya.

Rekomendasi Penyedia Jasa ERP SAP

Bagi Anda yang butuh rekomendasi pihak yang pas untuk SAP ini, Anda bisa coba hubungi Sterling-Team. Perusahaan konsultan seputar SAP ini sudah menjadi favorit banyak perusahaan di Indonesia. Award yang diberikan pada perusahaan ini juga tidak kalah bergengsi. Anda yang butuh bantuan dalam aplikasi ERP SAP, silahkan hubungi langsung pihak Sterling-Team untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal soal ini.

Baca juga: SAP Business One: Solusi Terbaik untuk Software Perusahaan Anda

ERP SAP adalah faktor penting dalam kesuksesan perusahaan sekarang ini. Jangan lewatkan kesempatan mendapatkan pelayanan terbaik dari Sterling-Team dan menjadi perusahaan yang lebih kompetitif!

SAP Business One Indonesia