Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

Perhatikan 3 Tips Memilih SAP Business One Package

SHARE ON

Saat Anda ingin mengembangkan bisnis start up atau bisnis di bidang apapun, SAP Indonesia siap memfasilitasinya dengan meluncurkan SAP Business One package yang bisa Anda dapatkan saat bekerjasama dengan penyedia jasa di bidang SAP yang profesional. Keberadaan SAP sendiri memiliki beragam manfaat, seperti:

  • Mengintegrasikan beragam laporan mulai dari laporan akuntansi, keuangan, inventaris perusahaan, penjualan hingga manajemen proyek yang dilakukan secarareal time.
  • Melihat siklus produksi dan penjualan produk yang terjadi didalam perusahaan untuk membantu mengoptimalkan proses marketing dan meminimalisir masalah produksi.
  • Memahami kecepatan kinerja setiap SDM yang ada didalam perusahaan dan menetapkan kebijakan terhadap SDM.
  • Membantu membuat keputusan untuk memajukan bisnis dari hasil analisis yang dilakukan terhadap semua divisi di dalam perusahaan.

Setelah mengetahui beragam manfaat diatas, sebelum membeli paket SAP Business One yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, ada beragam hal yang harus dipahami dan dipertimbangkan, yaitu:

SAP Sesuai Kategori Jenis Bisnis

Paket sistem SAP yang menggunakan sistem ERP umumnya perlu disesuaikan program yang ada didalamnya dengan jenis bisnis yang sedang didalamnya. Hal ini karena fungsi yang akan didapatkan di setiap bisnis pasti berbeda.

Baca juga: SAP Indonesia Terkait Pengertian, Modul, dan Manfaatnya

Misalnya saja SAP yang digunakan untuk bidang retail makanan tentu akan berbeda dengan SAP yang digunakan untuk bidang manufacture otomotif. Sistem SAP yang sudah disesuaikan dengan jenis bisnis, umumnya akan memberikan jenis lisensi sekaligus dengan model training yang berbeda.

Cara Mudah Mengatur Perusahaan

Fasilitas yang diberikan

Sebelum Anda memilih penyedia jasa yang menyediakan sistem SAP yang tepat untuk bisnis Anda, pastikan dulu fasilitas seperti apa yang akan diberikan.

  • Penggunaan Sistem
    Hal pertama yang perlu didiskusikan adalah sasaran penggunaan sistem yang diinginkan, misalnya saja SAP Bussiness One package sengaja dipesan untuk memperkuat akses pelaporan accounting dan keuangan. Namun demikian, dapat pula Anda memesan untuk sistem trading atau sistem lainnya sesuai kebutuhan.
  • Masa Implementasi 
    Waktu implementasi atau waktu percobaan penggunaan dari setiap sistem SAP yang dipesan akan berbeda tergantung dari lisensi yang didapatkan dan model integrasi data yang diinginkan. Oleh karena itulah, Anda bisa mendiskusikan secara detail waktu implementasi SAP ERP yang sudah dipesan. Secara umum, waktu implementasi program SAP adalah sekitar 1-6 bulan.
  • Jumlah Starter kit dan Lisensi
    Sistem SAP memiliki keistimewaan karena sistem yang digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan yang menginginkannya. Hal inilah yang nantinya membedakan jumlah starter paket lisensi untuk operasional perusahaan tersebut. Untuk perusahaan start up skala kecil misalnya hanya membutuhkan 1 paket SAP Business starter dan lisensi, sedangkan untuk perusahaan skala besar dengan cabang yang tersebar tidak hanya didalam tetapi juga luar negeri, membutuhkan 3 atau lebih paket SAP Business starter dengan beragam lisensi yang disesuaikan divisi perusahaan.
  • Hardware, Software, dan Server
    Ketika Anda memutuskan bekerjasama dengan perusahaan jasa yang menyediakan fasilitas paket sistem SAP ERP, tanyakan terlebih dahulu model hardware, software, dan server yang akan digunakan. Apakah bisa menggunakan hardware dan software perangkat komputer yang sudah ada sebelumnya di perusahaan atau harus menggunakan perangkat terpisah. Jika menggunakan perangkat terpisah, Anda harus menanyakan apakah spesifikasi perangkat yang akan digunakan sudah langsung menjadi fasilitas dari perusahaan jasa penyedia sistem SAP atau perusahaan Anda menyiapkan tersendiri.
  • Maintenance 
    Agar sistem SAP yang dijalankan di perusahaan memenuhi fungsi produk secara profesional, Anda perlu menanyakan proses maintenance program SAP. Proses maintenance berkala yang dilakukan divisi IT akan menjaga data yang diproses sistem tetap tersaji secara real time dan membantu para petinggi perusahaan mengambil kebijakan sesuai kondisi perusahaan.

Harga Produk

Anda bisa bertanya harga SAP Bussiness One package yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan bagaimana sistem pembayarannya. Umumnya sistem pembelian dan pembayaran program SAP membutuhkan perjanjian resmi antara perusahaan konsumen dengan perusahaan penyedia program SAP. Terkait hal tersebut, Anda juga bisa bertanya model perjanjian pembelian yang bisa disepakati kedua belah pihak. Karena umumnya penggunaan sistem SAP ERP adalah sistem kerjasama jangka panjang yang juga dapat diperbarui sesuai dengan perkembangan yang terjadi di dunia bisnis.

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.