Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

Pengelolaan Sistem ERP SAP Untuk Dunia Bisnis

SHARE ON

Ketika perusahaan tempat Anda bekerja mulai menerapkan sistem ERP SAP, Anda perlu mengerti terlebih dahulu bahwa SAP adalah singkatan dari System Application and Processing. Penerapan SAP ini sendiri banyak mengaplikasikan sistem ERP (enterprise resource planning) dengan harapan akan memberikan keuntungan, seperti:

  • Integrasi data secara sistem. Dengan demikian, ketika perusahaan terdiri dari beberapa cabang yang terletak di daerah yang berbeda, data yang diakses untuk melakukan analisis di proyek tertentu tetap sama.
  • Proses data secara real time yang dapat digunakan oleh para atasan untuk mengevaluasi apakah kebijakan yang diterapkan sudah memberikan hasil sesuai yang diharapkan atau adakah hal yang perlu dilakukan perbaikan.
  • Transparansi data yang dapat diakses secara berkala. Data yang bisa diakses oleh semua user di perusahaan manufactureakan memberikan informasi up to date yang dibutuhkan untuk merancang kebijakan berkaitan dengan proses produksi, pemasaran, atau proses lainnya dalam perusahaan tersebut.

Dalam prakteknya, sistem ERP SAP memiliki beberapa tahapan yang harus Anda pahami untuk menjadikan fungsional sistem tersebut lebih baik dan tepat guna.

Baca juga: Harga Software SAP untuk Menjawab Tantangan Bisnis

Identifikasi keterbatasan yang dimiliki oleh Sistem yang sebelumnya sudah digunakan

Seiring dengan perkembangan perusahaan, pastikan kembali apakah sistem ERP yang dimiliki mampu memfasilitasi beberapa hal, diantaranya:

  • Fasilitas sistem yang terkait dengan perkembangan pasar atau konsumen yang ingin disasar oleh perusahaan.
  • Penciptaan data yang berhubungan dengan kemungkinan ekspansi perusahaan melalui produk maupun pola bisnis yang dimiliki.
  • Sistem ERP memang memiliki prosedur yang datanya bisa dilihat secara real time. Namun demikian, seiring kemajuan atau perkembangan perusahaan, pasti akan ada titik kelemahan sistem yang perlu disesuaikan kembali dengan peningkatan kompetitor maupun persaingan penjualan produk di lapangan.
  • Setiap sistem ERP yang digunakan perlu dikaji lagi ada tidaknya kemungkinan kebocoran sistem. Dengan begitu ada perbaruan sistem yang bisa dilakukan.

Ingatkan kembali diri sendiri bagaimana sebenarnya sistem ERP bekerja

Pada dasarnya, sistem ERP memiliki patokan yang akan mampu menyajikan data terkait manajemen keuangan, proses produksi atau manufacturing, dan ketersediaan bahan baku. Apabila salah satu dai ketiga aspek tersebut datanya tidak bisa tersaji secara real time atau ada kebocoran data, maka Anda perlu menerapkan sistem ERP baru yang bisa digunakan untuk menyempurnakan sistem ERP lama.

SAP Business One Indonesia

Temukan apa yang bisa ditawarkan oleh sebuah sistem ERP yang lebih modern

Modern ERP yang diterapkan pasca perusahaan Anda memperbarui sistem ERP yang digunakan sebelumnya, akan membantu Anda memperbaiki beberapa aspek, seperti:

  • Meningkatkan produktivitas untuk meningkatkan keuntungan yang bisa didapatkan.
  • Mengontrol manajemen keuangan atau mengetahui cash flow yang dimiliki perusahaan.
  • Membantu memperbaiki kualitas pelayanan di lapangan atau yang terkait aspek customer service.
  • Memperbaiki manajemen SDM yang dimiliki oleh perusahaan dengan target peningkatan produktivitas.
  • Meningkatkan kemampuan terkait manajemen operasional dan pengecekan berkala terkait arus penggunaan bahan baku mentah, bahan ½ jadi maupun barang jadi siap jual yang dimiliki perusahaan manufacture.
  • Membantu pihak terkait untuk menerapkan kebijakan baru yang membuat perusahaan mampu bersaing dengan kompetitor maupun bertahan ditengah persaingan bisnis yang ketat.
  • Kolaborasi data secara virtual yang bisa diakses pihak-pihak yang membutuhkan.
  • Standarisasi sistem dan menyederhanakan pemakaian sistem yang difasilitasi oleh divisi IT di perusahaan.

Baca juga: Pentingnya SAP untuk meningkatkan Kinerja Perusahaan

Buatlah sebuah perencanaan yang akan diimplementasikan di Perusahaan

Ketika sistem ERP SAP yang ada dalam perusahaan sudah diperbaiki dan diperbarui, jangan lupa untuk membuat perencanaan lanjutan yang akan diimplementasikan di perusahaan demi meningkatkan keuntungan yang bisa didapat. Untuk bisa meningkatkan profit, ada tiga langkah yang bisa dicoba untuk dibuat perencanaannya.

  • Membuat sebuah wish list atau daftar target yang ingin dicapai perusahaan,
  • Mempersiapkan budget standar,
  • Melihat teknologi yang dimiliki kompetitor.

Pilihlah Partner Teknologi yang Tepat

Satu lagi hal yang penting dalam penerapan sistem ERP terbaru untuk perusahaan yaitu bekerjasama dengan ahli di bidang SAP atau perusahaan penyedia jasa pengelolaan ERP SAP yang profesional. Dengan memilih partner penyedia teknologi yang tepat, perusahaan Anda bisa meraih target yang diinginkan dalam jangka waktu yang tepat atau memiliki kebijakan yang bisa menanggulangi beragam problematika produksi yang mungkin muncul.

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.