Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

SAP Business One Partner Indonesia Membangun Manajemen Keuangan Secara Efektif

SHARE ON

SAP Business One Partner Indonesia – Sebuah perusahaan tentu tak akan pernah mampu berkembang maupun bertahan hidup apabila mereka tidak memiliki kemampuan untuk melakukan manajemen keuangan. Sebesar apapun bisnis yang Anda jalankan, jika Anda kurang mengetahui bagaimana keadaan finansial atau keuangan yang dimiliki tentu semuanya hanya sia-sia. Maka dari itu, tidak sedikit pemilik usaha yang berjuang menemukan solusi tentang hal apa yang dibutuhkan untuk membangun manajemen keuangan secara efektif.

Baca juga: Pentingnya Software Accounting Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Faktor Penting Untuk Membangun Manajemen Keuangan Secara Efektif

Jika Anda ingin memiliki manajemen keuangan perusahaan yang efektif, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan, sebagai berikut :

  1. Anggaran
    Anggaran atau budgeting hanya sebuah perencanaan yang berbentuk nominal atau angka. Budgeting di sini memungkinkan pihak perusahaan mengalokasikan penyesuaian sumber daya dengan prioritas dari strategis mereka.
  2. Laporan
    Laporan secara berkala penting sekali bagi perusahaan dalam mempersiapkan berbagai macam laporan keuangan untuk memberikan panduan pengambilan keputusan dalam berbisnis. Biasanya laporan keuangan ini berupa balance sheets, income statements, hingga cash floe.
  3. Akuntansi
    Akuntansi ini berhubungan dengan pencatatan setiap transaksi finansial yang dilakukan. Akuntansi ini memiliki peranan yang sangat penting untuk dijadikan tolak ukur sebuah perusahaan guna melihat dan menganalisis manajemen keuangan perusahaan.
  4. Internal Control
    Setiap perusahaan akan selalu dihadapkan dengan ancaman yang mampu mencegahnya untuk mencapai tujuan awal yang sudah ditetapkan. Hal inilah yang memicu timbulnya internal control. Dimana, internal control ini ialah suatu tindakan yang harus diambil oleh perusahaan untuk mendeteksi atau mencegah sekaligus memperbaiki ancaman. Adapun internal control ini mencakup pemeriksaan laporan accounting, melakukan rekonsiliasi, dan pembatasan akses terhadap orang-orang tertentu.
  5. Bantuan Teknlogi
    Bantuan teknologi yang tersedia saat ini sangat membantu sistem pengelolaan keuangan perusahaan. Dengan cara mengimplementasikan solusi berbasis teknologi dengan memilih jasa SAP Indonesia yang berperan dalam pengelolaan keuangan.

Apabila kelima komponen manajemen keuangan tersebut di atas sudah bisa beroperasi, sebagai pemilik usaha, Anda pun bisa merasakan banyak keuntungan. Selain itu, Anda akan menyaksikan bagaimana usaha Anda bisa tumbuh dan berkembang sesuai tujuan awal yang diinginkan. Karenanya, Anda bisa menerapkan hal-hal di atas untuk manajemen keuangan perusahaan Anda.

Cara Mudah Mengatur Perusahaan

Penerapan Accounting System UKM

Pengelolaan finansial dalam setiap bisnis, pastinya sangat penting untuk dijalankan, tidak terkecuali bagi bisnis UKM. Di era serba digital seperti saat ini, para pengusaha dapat memanfaatkan peranan Accounting system guna membantu proses akuntansi dengan alur yang lengkap, seperti penginputan, penjualan, pembelian, dan tutup buku bulanan. Salah satunya lewat penggunaan program akuntansi.

Baca juga: Sistem yang diperlukan untuk Menjawab Tantangan Perusahaan

Adapun manfaat dari Accounting system untuk perusahaan ialah sebagai berikut :

  • Mudah digunakan
    Dengan memanfaatkan teknologi accounting system untuk UKM, tentu saja bisa mempermudah bisnis UKM Anda dalam menyusun laporan keuangan. Cukup dengan memasukkan data transaksi secara langsung pada sistem saja, maka semua informasi keuangan bisa lebih mudah disajikan. Hal tersebut bisa lebih meminimalisir waktu Anda dalam mengelola keuangan. Karenanya bisa dialokasikan untuk proses pengembangan bisnis Anda yang lainnya.
  • Sistem keamanan data keuangan terjaga
    Data yang ditulis lewat accounting system UKM biasanya akan tersimpan di dalam server dengan aman, jadi Anda tak perlu lagi khawatir data yang telah dibuat akan menghilang begitu saja saat terjadi hal-hal tertentu yang tak diinginkan, seperti kebakaran atau komputer rusak.
  • Bisa dilakukan dengan fleksibel
    Hal terpenting dalam memanfaatkan accounting system bagi para owner bisnis UKM ialah dapat digunakan secara fleksibel, dimana saja dan kapan saja. Jadi Anda tidak perlu lagi harus selalu berada di perusahaan untuk membuat dan mencatat laporan keuangan. Dimana pun Anda tetap bisa mencatat laporan keuangan menggunakan perangkat yang dimiliki.

Tidak sedikit usaha atau bisnis UKM sekarang ini yang menerapkan sistem komputerisasi dalam pengerjaan pencatatan keuangan, diantaranya dengan memanfaatkan software SAP Business One Partner Indonesia.

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.