Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

Kelebihan dan Kekurangan SAP Business One Bagi Perusahaan

SHARE ON


Kelebihan dan Kekurangan SAP Business One – Saat ekonomi dunia yang semakin meningkat, tidak sedikit perusahaan yang mencari tahu kelemahan arsitektur dalam sistem informasi yang mereka gunakan. Banyak pengusaha pula yang membeli teknologi atau sistem perencanaan ERP guna mengelola berbagai macam proses usaha di dalam organisasi,  meliputi sumber daya manusia, akuntansi, hingga pembelian pada satu sistem yang terintegrasi.

Dalam hal ini, SAP adalah pengembangan program dan analisis sistem yang diterapkan oleh berbagai macam bisnis guna kebutuhan sistem ERP perusahaan mereka. Apa saja sih keunggulan dan kelemahan penggunaan SAP? Berikut Kami bagikan ulasannya!

Kelebihan Menggunakan SAP

Keunggulan yang didapat perusahaan jika menerapkan SAP tentu sangat berguna ketika Anda sebagai pemilik perusahaan mempertimbangkan penggunaan SAP itu sendiri, diantaranya :

  1. Membuat Pekerjaan Menjadi Lebih Efisien
    Dengan menggunakan sistem ini, membuat para penggunanya dapat melihat sekaligus terlibat dalam beberapa aspek terkait produksi, seperti penjualan atau CSR, pengembangan produk, keuangan dan manajemen aset hanya menggunakan satu platform saja. Platform ini dapat menghilangkan proses yang berulang dengan cara mengurangi kebutuhan saat memasukkan informasi dengan cara manual.

    Selain itu, platform SAP Indonesia juga dapat merampingkan proses usaha dan menjadikannya lebih efisien serta memudahkan perusahaan dalam pengumpulan data. SAP melakukan integrasi datanya melalui berbagai macam database. Para penggunanya bisa men-download informasi ke spreadsheet guna melakukan analisa lanjutan.

  2. Meningkatkan Produktivitas
    Sebuah bisnis yang menggunakan sistem SAP ini cenderung jauh lebih produktif. Dengan menggunakan sistem SAP, maka perusahaan Anda tidak terlalu memerlukan entri data mengingat program yang telah terintegrasi dengan efektif.

    Melalui proses redundan secara otomatis ini, para pengguna mempunyai waktu lebih banyak dalam pengerjaan tugas-tugas dan proyek yang mendesak. Pekerjaan mereka juga menjadi lebih mudah, mengingat sistem ini didesain untuk mempermudah para penggunanya.

  3. Cocok Diterapkan Bagi Semua Ukuran Bisnis
    Untuk sistem ERP yang lainnya biasanya diaplikasikan hanya untuk beberapa ukuran perusahaan saja, berbeda dengan SAP ERP yang bisa diterapkan pada hampir semua ukuran atau dimensi bisnis. Sistem SAP menawarkan solusi lengkap melalui proses implementasi secara langsung. Kemudahan transisi perusahaan, dari pertumbuhan hingga perkembangannya.. SAP menawarkan fleksibilitas untuk tujuan pertumbuhan. Maka dari itu, banyak usaha kecil yang mendapatkan keuntungan signifikan dari sistem ini.
  4. Fitur SAP yang Lengkap
    Sistem SAP memungkinkan perusahaan dalam mengelola siklus hidup produk, transaksi keuangan hingga kegiatan rantai pasokan. Software ini menawarkan berbagai macam fitur analitis, diantaranya berbentuk pelaporan, mengevaluasi kinerja, hingga pengambilan keputusan.

    Selain itu, SAP bisa mengalisis data berdasarkan sumber data apapun sekaligus dapat mengambil keputusan secara kolaboratif. Semua fitur tersebut membuat SAP dapat memenuhi kebutuhan berbagai jenis usaha kompleks serta organisasi perusahaan.

Waktu Implementasi Lebih Singkat  dengan Pengembalian Keuangan Tercepat

SAP Business One pricing merupakan sistem ERP yang harganya termahal kedua sesudah Oracle. Jika dibandingkan sistem ERP yang lainnya, SAP menawarkan penggantian finansial tercepat.

Cara Mudah Mengatur Perusahaan

Lalu, Apa Saja Kekurangan SAP?

Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan, ada beberapa kekurangan menggunakan platform SAP ini, diantaranya :

  1. Penerapannya cukup rumit
    Salah satu kekurangan penerapan SAP ialah kompleksitas yang dibuat ke dalam sistem perangkat lunak. Dimana, sebagian besar usaha mengaplikasikan satu fungsi atau fitur software dalam satu waktu. Sehingga memungkinkan karyawan terbiasa dengan software tersebut sebelum berkembang. Kelengkapan proses implementasi ini mungkin membutuhkan banyak waktu hingga beberapa tahun.
  2. Harganya lebih mahal
    Kekurangan menggunakan SAP ialah harganya pembelian sekaligus penerapan program SAP yang sangat mahal. Sebab perusahaan wajib membeli software dan hardware yang dibutuhkan guna menjalankan program di semua perusahaan.

    Besarnya biaya, termasuk anggaran untuk tenaga kerja karyawan IT atau pihak konsultasi eksternal dalam mengawasi proses. Sesudah perusahaan mengimplementasikan software, karyawan pun harus dilatih. Hal ini melibatkan sistem pelatihan yang dilakukan karyawan sesuai bidangnya masing-masing. Selain itu, biaya yang dibebankan pun termasuk pemeliharaan software sekaligus peningkatan berkala.

Itulah kekurangan dan kelebihan penerapan SAP Business One Pricing. Meskipun harganya memang cukup fantastis, tapi SAP Business One mampu mengembangkan perusahaan Anda mengikuti tantangan di era globalisasi!

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.