Kelebihan dan Kekurangan SAP Business One Bagi Perusahaan

kelebihan dan kekurangan sap business one bagi perusahaan


Kelebihan dan Kekurangan SAP Business One – Saat ekonomi dunia yang semakin meningkat, tidak sedikit perusahaan yang mencari tahu kelemahan arsitektur dalam sistem informasi yang mereka gunakan. Banyak pengusaha pula yang membeli teknologi atau sistem perencanaan ERP guna mengelola berbagai macam proses usaha di dalam organisasi,  meliputi sumber daya manusia, akuntansi, hingga pembelian pada satu sistem yang terintegrasi.

Dalam hal ini, SAP adalah pengembangan program dan analisis sistem yang diterapkan oleh berbagai macam bisnis guna kebutuhan sistem ERP perusahaan mereka.

Lalu, apa saja sih kelebihan dan kekurangan penggunaan SAP Business One? Berikut Kami bagikan ulasannya!

subsribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

Kelebihan Menggunakan SAP Business One

Keunggulan yang didapat perusahaan jika menerapkan SAP tentu sangat berguna ketika Anda sebagai pemilik perusahaan mempertimbangkan penggunaan SAP itu sendiri, diantaranya :

1. Membuat Pekerjaan Menjadi Lebih Efisien

Dengan menggunakan sistem ini, para penggunanya dapat melihat sekaligus terlibat dalam beberapa aspek terkait produksi, seperti penjualan atau CSR, pengembangan produk, keuangan dan manajemen aset dengan hanya menggunakan satu platform saja.

Platform ini dapat menghilangkan proses yang berulang dengan cara mengurangi kebutuhan saat memasukkan informasi dengan cara manual.

Selain itu, aplikasi SAP Indonesia juga dapat merampingkan proses usaha dan menjadikannya lebih efisien serta memudahkan perusahaan dalam pengumpulan data.

SAP melakukan integrasi datanya melalui berbagai macam database. Para penggunanya bisa men-download informasi ke spreadsheet guna melakukan analisa lanjutan.

2. Meningkatkan Produktivitas

Sebuah bisnis yang menggunakan aplikasi SAP ini cenderung jauh lebih produktif. Dengan aplikasi SAP, maka perusahaan Anda tidak terlalu memerlukan entri data mengingat program yang telah terintegrasi dengan efektif.

Melalui proses redundan secara otomatis ini, para pengguna mempunyai waktu lebih banyak dalam pengerjaan tugas-tugas dan proyek yang mendesak. Pekerjaan mereka juga menjadi lebih mudah, mengingat sistem ini didesain untuk mempermudah para penggunanya.

3. Cocok Diterapkan Bagi Semua Ukuran Bisnis

Untuk sistem ERP yang lainnya biasanya diaplikasikan hanya untuk beberapa ukuran perusahaan saja, berbeda dengan SAP ERP yang bisa diterapkan pada hampir semua ukuran atau dimensi bisnis. Sistem SAP menawarkan solusi lengkap melalui proses implementasi secara langsung. Kemudahan transisi perusahaan, dari pertumbuhan hingga perkembangannya.. SAP menawarkan fleksibilitas untuk tujuan pertumbuhan. Maka dari itu, banyak usaha kecil yang mendapatkan keuntungan signifikan dari sistem ini.

4. Fitur SAP yang Lengkap

Sistem SAP memungkinkan perusahaan dalam mengelola siklus hidup produk, transaksi keuangan hingga kegiatan rantai pasokan. Software ini menawarkan berbagai macam fitur analitis, diantaranya berbentuk pelaporan, mengevaluasi kinerja, hingga pengambilan keputusan.

Selain itu, SAP bisa mengalisis data berdasarkan sumber data apapun sekaligus dapat mengambil keputusan secara kolaboratif. Semua fitur tersebut membuat SAP dapat memenuhi kebutuhan berbagai jenis usaha kompleks serta organisasi perusahaan.

5. Waktu Implementasi Lebih Singkat dengan BEP Tercepat

SAP Business One harga merupakan sistem ERP yang harganya termahal kedua sesudah Oracle. Jika dibandingkan sistem ERP yang lainnya, SAP menawarkan penggantian finansial tercepat.

Banner SAP

Lalu, Apa Saja Kekurangan SAP?

Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan, ada beberapa kekurangan menggunakan platform SAP ini, diantaranya :

1. Impelementasi Software SAP Cukup Rumit

Salah satu kekurangan penerapan SAP ialah kompleksitasnya yang dibuat agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dimana, perlu usaha untuk menerapkan satu fungsi atau fitur software dalam satu waktu.

Sehingga memerlukan waktu agar karyawan terbiasa dengan software tersebut sebelum berkembang. Proses implementasi ini mungkin membutuhkan banyak waktu hingga beberapa bulan.

2. Harganya Lebih Mahal

Kekurangan menggunakan SAP ialah harga pembelian sekaligus penerapan program SAP yang sangat mahal. Sebab perusahaan wajib membeli software dan hardware yang dibutuhkan guna menjalankan program di semua perusahaan.

Biaya yang besar termasuk anggaran untuk tenaga kerja karyawan IT atau pihak konsultasi eksternal dalam mengawasi proses perlu juga diperhatikan.

Kemudian, sesudah perusahaan mengimplementasikan software SAP, karyawan pun harus dilatih. Hal ini melibatkan sistem pelatihan yang dilakukan karyawan sesuai bidangnya masing-masing. Selain itu, biaya yang dibebankan pun termasuk pemeliharaan software sekaligus upgrade berkala.

Itulah kekurangan dan kelebihan SAP Business One. Meskipun harganya memang cukup fantastis, tapi SAP Business One mampu mengembangkan perusahaan Anda mengikuti tantangan di era globalisasi!

Banner SAP