Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

Pentingnya SAP Untuk Perusahaan Distribusi

SHARE ON

Banyak sekali perusahaan yang menggunakan sistem SAP. Hampir perusahaan didunia ini menggunakan sistem tersebut. Seperti SAP indonesia yang digunakan oleh perusahaan di indonesia. Lalu SAP untuk perusahaan distribusi adalah salah satunya. Karena memang mempermudah untuk suatu kegiatan didalam suatu perusahaan.

Perusahaan Distribusi

Perusahaan distribusi merupakan suatu perusahaan yang melakukan kegiatan membeli barang dari produsen lalu dijual kembali atau bisa diartikan dengan sederhananya adalah suatu perusahaan yang bertugas untuk menjembatani antara produsen dengan dengan konsumen.

Baca juga: SAP Business One – Solusi terbaik untuk software perusahaan anda

Jenis-Jenis dari Distribusi

Pada dasarnya jenis perusahaan distribusi dibagi menjadi tiga yaitu perusahaan distributor barang, perusahaan distribusi jasa dan juga distributor perseorangan. Pengertian dari ketiga jenis berikut adalah sebagai berikut ini.

  1. Perusahaan Distributor Barang
    Perusahaan yang berjalan pada bidang ini adalah perusahaan yang mendistribusikan suatu barang yang berbentuk fisik. Lalu untuk proses dari distribusinya adalah setiap produsen akan memberikan suatu produk kepada pihak distributor. Selanjutnya pihak distributor akan menjual atau menyalurkan kepada pihak pengecer. Dan tugas dari pengecer tidak lain adalah mejualnya atau menyalurkan kepada pihak konsumen akhir.
  2. Perusahaan Distributor Jasa
    Sistem yang digunakan oleh perusahaan jenis distributor jasa ini bisa dibilang sangat simpel. Karena proses distribusi yang dilakukan adalah seperti dari pihak distributor akan dapat secara langsung memberikan produk jasa dari mereka kepada pihak akhir atau konsumen akhir.
  3. Distributor Perseorangan
    Biasanya yang dilakukan oleh jenis distributor perseorangan adalah seperti suatu proses yang dilakukan dari produsen yang mengarah kepada distributor pribadi, selanjutnya disalurkan kepada pihak akhir atau konsumen akhir.

Jika anda sudah mengerti terkait dengan pengertian distribusi dan juga jenis-jenis dari perusahaan distribusi maka hal selanjutnya yang harus anda mengerti adalah SAP. Merupakan suatu aplikasi yang berguna untuk mendukung suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan suatu  kegiatan operasional. Sehingga dengan menggunakan aplikasi ini maka perusahaan tersebut akan mendapatkan waktu dalam operasionalnya akan lebih efisien dan juga efektif.

sap business one distribusi

SAP untuk Perusahaan Distribusi

SAP untuk perusahaan distribusi biasanya sangat membantu sekali. Dengan menggunakan aplikasi ini maka suatu perusahaan dapat meningkatkan proses suatu bisnis yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Peningkatan proses tersebut meliputi peningkatan customer service, selain itu adanya suatu peningkatan dalam suatu response perubahan dari pasar.

Lalu hal kedua yang bisa ditingkatkan dalam suatu perusahaan tersebut adalah seperti adanya peningkatan konsistensi dari proses bisnis. Konsistensi tersebut biasanya meliputi fungsi dari proses monitoring bisa lebih meningkat. Lalu adanya dampak pengurangan dari resiko human error.

Dengan menggunakan SAP juga bisa digunakan untuk memastikan bahwa SOP perusahaan dapat berjalan dengan baik dan teratur. Yang ketika adalah seperti adanya suatu peningkatan dalam proses. Peningkatan tersebut meliputi suatu peningkatan dalam proses analisa. Dalam proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cepat dan juga tepat.

Modul SAP yang sering digunakan

Setelah anda mengerti akan pengertian dan juga manfaat dari sap untuk digunakan pada perusahaan produksi maka modul yang sering digunakan oleh perusahaan juga tak kalah penting untuk menambah wawasan anda. Modul SAP yang sering digunakan tersebut adalah seperti FICO atau finance and control, lalu modul yang kedua adalah PP atau Product Planning, yang ketiga adalah MM atau Material Management, sedangkan yang keempat adalah SD atau Sales and Distribution, yang selanjutnya adalah HR atau Human Resources, yang keenam adalah CRM atau Customer Relationship Management, yang ketujuh adalah QM atau Quality Management, yang kedelapan adalah PS atau Product System. Modul tersebut memang kerap atau sering digunakan oleh perusahaan yang menggunakan SAP termasuk perusahaan di negara indonesia.

Baca juga: Kenalii Modul SAP ERP dan Perbedaannya

Pelanggan / Client SAP Business One dari Perusahaan Distribusi

PT. Sterling Tulus Cemerlang (STEM) menjadi partner yang membantu mengimplementasikan produk SAP Business One dengan sukses pada perusahaan-perusahaan distribusi di Indonesia. Mulai dari perusahaan keluarga sampai kepada perusahaan multinasional. Termasuk group perusahaan dengan lebih dari 30 anak perusahaan.

Berikut adalah sebagian dari pelanggan / client SAP Business One Distribusi kami di Indonesia:

  1. PT. Fine Foods Indonesia
  2. PT. Hadi Putra Jaya
  3. PT. Citra Kreasi Makmur
  4. PT. Abhitech Matra Indah
  5. PT. Okamura Chitose Indonesia
  6. Klik untuk Client Lainnya

Hingga saat ini kami telah membantu lebih dari 200 perusahaan di Indonesia dan Global.
Dengan anda membaca artikel ini yang memberikan beberapa bacaan yang bertemakan SAP mulai dari pengertian perusahaan distribusi, jenis dari perusahaan distribusi, pengertian dari SAP, lalu penting atau manfaatnya untuk perusahaan distribusi, dan yang terakhir adalah modul yang berkaitan dengan semua sistem SAP untuk suatu perusahaan maka anda akan lebih mengerti seberapa besar peranan dari SAP untuk suatu perusahaan khususnya  perusahaan distribusi.

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.