Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

Pantau Peternakan dengan SAP Business One

SHARE ON

Kemajuan teknologi memang sudah tidak bisa dihindarkan lagi dari kehidupan kita. Kemajuan teknologi ini juga memicu berbagai kemajuan dalam beberapa sektor, peternakan menjadi salah satu industri yang tidak bisa dihindarkan lagi.

Peternakan merupakan sebuah bidang dari sebuah industri. Untuk itu diperlukan perencanaan yang cukup matang terkait pengelolaan industri ini. ERP (Enterprise Resource Planning) merupakan sebuah konsep pengaturan terkait manajerial dan operasional perusahaan.

ERP sendiri merupakan sebuah piranti perangkat lunak yang berisi tentang beberapa modul yang disusun untuk mempermudah proses manajerial serta perencanaan pengelolaan sumber daya industri.

Perangkat ERP

Salah satu bentuk ERP adalah SAP Business One yang merupakan perangkat ERP khusus untuk perencanaan manajerial perusahaan. SAP untuk peternakan cukup bermanfaat karena bisa memperluas jaringan perusahaan serta mengawasi dan mengendalikan jalannya perusahaan.

Kunci dari fungsi SAP untuk peternakan terletak pada beberapa bagian, yang pertama tentang manajemen finansial dimana SAP berfungsi untuk mengontrol serta mengotomasi setiap tugas perusahaan yang berkaitan dengan akuntansi. Sehingga seluruh proses keuangan dapat terkontrol dengan baik hanya dengan menggunakan SAP.

Lalu apa tujuannya? Dengan terkontrolnya bagian keuangan tentu saja jalannya bisnis lebih mudah untuk dipahami selain itu arus kas dan uang masuk serta keluar juga lebih mudah untuk disatukan.

Cara Mudah Mengatur Perusahaan

SAP untuk Peternakan

SAP untuk peternakan bahkan dapat digunakan untuk mengelola atau mengawasi jalannya peternakan sehari – hari, anda bisa menganalisa pakan dari sisi standar pakan serta pakan aktual atau pakan yang sebenarnya diberikan. Selain itu, kemampuan SAP untuk peternakan juga cukup baik dalam hal menganalisa tingkat kematian ternak. Pemakaian vitamin, analisa berat badan serta proses penjualan juga dapat dilakukan dengan menggunakan SAP untuk peternakan.

Banyak keuntungan yang bisa anda peroleh untuk pencatatan bisnis ini, misalnya saat proses pencatatan konsumsi pakan dan obat anda juga bisa mengkalkulasi berapa biaya yang harus anda keluarkan untuk ternak sebagai modal. Selain itu, proses permintaan transfer barang dari kantor pusat juga akan lebih mudah dilakukan daripada harus melalui prosedur manual.

SAP untuk peternakan juga dapat digunakan untuk memantau feed cost,walaupun jumlahnya kecil namun keuntungan yang didapatkannya cukup besar. Apalagi seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam sebuah bisnis peternakan, biaya pakan merupakan biaya pengeluaran yang paling besar jika dibandingkan dengan biaya lainnya.

Biaya pakan bahkan mencapai 65% dari jumlah total biaya yang harus dikeluarkan untuk biaya produksi. Apabila anda mengurangi biaya pakan dan menggantinya dengan jenis pakan yang lebih murah tentu saja akan sangat berpengaruh pada performa ternak anda. SAP untuk peternakan merupakan solusi penghematan namun tetap tidak mengurangi performa ternak.

Cara Kerja SAP untuk Peternakan

Jika ditulis secara singkat, cara kerja SAP untuk peternakan diawali dari proses input data peternakan termasuk input data pakan, performa, pemberian obat, lalu data kematian. Setelah itu anda bisa melakukan input data terhadap data panen yang kemudian akan dilanjutkan proses analisa terhadap FCR, PNL serta rasio konsumsi pakan. Selanjutnya SAP untuk peternakan bisa memprediksi perencanaan yang cocok untuk perusahaan anda.

Untuk menggunakan SAP, anda bisa menghubungi partner SAP Business One yang terpercaya. Konsultan SAP akan memberikan pengetahuan dan pengelolaan bisnis dengan type yang sesuai dengan bisnis anda. Apalagi didukung dengan kemampuan SAP yang sangat berguna bagi perusahaan dengan fungsi analisa dan spesifik industri membuat anda sebaiknya tidak ragu lagi menggunakan SAP untuk peternakan.

Salah satu partner SAP business one terpercaya adalah sterling-team yang sudah cukup lama melanglang buana dalam bidang ERP.  Sterling-team merupakan partner SAP Business One yang berkomitmen cukup tinggi dan menyediakan yang terbaik untuk klien, Anda bahkan bisa membeli software SAP sekaligus berkonsultasi tentang bisnis yang anda miliki kepada konsultan bersertifikat kami.

Misi kami memang membantu perusahaan untuk mencapai pengelolaan manajerial terbaik mereka agar tercapai visi kami sebagai perusahaan IT terbaik. Anda tidak perlu ragu lagi, karena kami mengedepankan nilai – nilai seperti fokus pada klien dan pengembangan diri setiap klien, cukup kooperatif sebagai perusahaan partner SAP serta memiliki integritas tinggi yang tidak perlu diragukan lagi.

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.