Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

SAP Business One Vs Odoo

SHARE ON


Saat ini, banyak perusahaan mulai mengenal dan mengerti perlunya suatu ERP System untuk membantu operasional perusahaan. Tahukah anda apa itu ERP? Apakah perusahaan anda adalah salah satu nya yang sedang mempertimbangkan penggunaan ERP System tersebut? Atau bahkan sudah menggunakan ERP System?

ERP, yang merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning, adalah suatu proses dalam perusahaan untuk mengelola, merencanakan dan mengintegrasikan resource-resource yang ada. Di Indonesia sendiri ada beberapa perusahaan yang menyediakan software ERP untuk mengintegrasikan proses bisnis perusahaan mulai dari pembelian (purchasing), inventory, produksi, penjualan (sales marketing) dan lain-lain, sampai dengan financial accounting untuk keperluan laporan keuangan dalam satu sistem. Beberapa perusahaan yang terkenal dengan ERP System nya adalah SAP dan Odoo.

Perusahaan SAP pertama kali didirikan pada tgl 1 April 1972. Tidak seperti perusahaan software lainnya yang ada di dunia saat itu, sejak awal SAP telah mengkhususkan diri & fokus pada pengembangan business application software – ERP System. Dan pada bulan Maret 2002, SAP meluncurkan produk SAP Business One untuk membantu perusahaan yang berskala kecil – menengah (SME – Small Medium Enterprise).

Proses implementasi ERP System merupakan sebuah proses yang tidak murah, bukan hanya dari segi financial namun juga dari segi sumber daya manusia dan waktu yang dibutuhkan. Hal ini berlaku bukan hanya saat proses implementasi, namun juga akan terus berjalan saat ERP System tersebut selesai di implementasikan dan digunakan sehari-hari. Oleh sebab itu, ada beberapa point penting yang menjadi pertimbangan dalam memilih software ERP terbaik seperti misalnya fitur, fungsi, harga, keamanan, kemudahan untuk melakukan pengembangan, dan terutama support yang disediakan.

Berhubung ERP System ini tidak seperti barang yang bisa dipegang dan dilihat secara langsung saat kita sedang memutuskan untuk membeli yang mana, maka sebaiknya anda perlu mencari tahu secara detail mengenai fitur dan fungsi utama yang dibutuhkan. Sehingga anda bisa menentukan ERP System apa yang cocok dengan kebutuhan perusahaan anda.

SAP Business One IndonesiaSAP Business One adalah perangkat lunak manajemen bisnis (ERP) yang dirancang untuk usaha kecil dan menengah (SAP SE). Sebagai solusi SAP, ini bertujuan untuk mengotomatisasi fungsi bisnis utama di Keuangan, Penjualan & Peluang, Pembelian & Rantai Pasokan, Perencanaan Produksi & Pengendalian Persediaan, Manajemen Proyek, dan Analisis & Intelijen Bisnis.

SAP Business One dapat di deploy secara on-Cloud atau on-Premise dan sudah terintegrasi dengan SAP Hana platform yang terkenal dengan konsep in-memory computing nya dan juga terintegrasi dengan intelijen bisnis (Business Inteligent) yang memungkinkan user di perusahaan anda untuk melakukan analisa secara lebih cepat dan akurat.

Saat ini SAP Business One telah dipakai oleh lebih dari 60.000 perusahaan di seluruh dunia, tersedia dalam 28 bahasa dengan 44 versi lokalisasi dan memiliki 800 partner yang telah di sertifikasi oleh SAP di lebih dari 150 negara. Untuk Indonesia, SAP telah memiliki SAP Indonesia sebagai perwakilan dari SAP yang berlokasi di Jakarta.

Odoo Resource Planning vs SAP Business One

Odoo Enterprise Resource Planning

Odoo adalah aplikasi manajemen bisnis yang bersifat open-source untuk mengelola proses bisnis di dalam perusahaan seperti termasuk CRM, e-commerce, penagihan, akuntansi, manufaktur, gudang, manajemen proyek, dan inventory.

Dengan arsitektur MVC (Model-View-Controller) yang mantap, workflow yang fleksibel, GUI (graphic user interface) yang dinamis, dan integrasi sistem pelaporan yang bisa dikustomisasi, Odoo menawarkan modul-modul yang secara spesifik didesain untuk meningkatkan performa bisnis.

Odoo dapat di-deploy secara Cloud dan On-premise. Saat ini, Odoo telah dipakai oleh lebih dari 5 juta pengguna di lebih dari 120 negara, dan memiliki 2550 partner di seluruh dunia.

SAP Business One Odoo
Perusahaan SAP SE Odoo SA
Pertama Kali Dikeluarkan Maret 2002 Februari 2005
Model Instalasi On-Cloud & on-Premise On-Cloud & on-Premise
Lisensi Per Name User Gratis
Modul Administration, Financials, CRM, Opportunities, Sales – A/R, Purchasing – A/P, Business Partner (Customer, Vendor & Lead), Banking, Inventory, Resources, Production, Project Management, MRP, Service, Human Resources. eCommerce, Blogs, Forums, eLearning, Sales & Marketing, CRM, Invoicing, Financial & Accounting, Project, Human Resources, Inventory, Purchasing, Manufacturing, Help Desk, Timesheet, Invoicing.
Perwakilan di Indonesia SAP Indonesia (1) Tidak ada (2)
Implementasi Oleh perusahaan partner yang telah ditunjuk dan di sertifikasi oleh SAP Indonesia. (3) Tidak ada certified partner. Oleh semua perusahaan yang menyediakan jasa implementasi Odoo
Biaya Kepemilikan Biaya Akuisisi (License) dan Deployment Biaya Deployment
Pengembangan & Integrasi Dengan Sistem lain Ya. Ya.
Dukungan Support SAP Global Support Tidak ada (4)
Antarmuka Web Ya. (5) Ya.
Mendukung Multi Company Ya. Ya.
Mendukung Multi Currency Ya. Ya.

 

Pilih SAP Business One atau Odoo?

Dari tabel perbandingan di atas dapat dilihat bahwa secara mendasar kedua system memiliki fungsi dan fitur yang cukup mumpuni untuk membantu operasional perusahaan. Ada plus minus yang di miliki dari masing-masing system. Namun dalam memutuskan software ERP terbaik untuk bisnis perusahaan anda, selain mempertimbangkan fitur dan fungsi, support memegang peranan penting untuk menunjang kelangsungan penggunaan system nya setelah proses implementasi selesai.

Hal ini lah yang harus dipahami oleh semua level dalam perusahaan, terutama pemilik perusahaan, bahwa saat mengimplementasikan ERP System harus dilihat sebagai investasi jangka panjang. Karena dengan adanya ERP System yang baik, akan dapat menunjang kegiatan operasional perusahaan di masa sekarang ataupun di masa yang akan datang saat perusahaan makin berkembang.

Odoo yang merupakan ERP System open-source bisa jadi memberikan keleluasaan untuk melakukan modifikasi dan juga investasi yang lebih murah karena tidak ada biaya untuk license

SAP dengan pengalamannya dalam industri software selama lebih dari 45 tahun menyediakan SAP Business One yang memberikan pengalaman dan kepastian akan bisnis proses yang sesuai dengan standard internasional, serta dukungan global support dari SAP.

Pada akhirnya beberapa poin penting dalam menentukan ERP System mana yang akan digunakan bergantung pada:

  • Kompleksitas bisnis proses.
  • Kebutuhan untuk bisa dikembangkan mengikuti perkembangan bisnis perusahaan.
  • Jumlah user dan jumlah data.
  • Kemudahan untuk melakukan enhancement atau kustomisasi.
  • Vendor / Konsultan yang menyediakan jasa implementasi.
  • Dukungan support baik dari vendor penyedia jasa implementasi ataupun dari perusahaan pemilik software ERP System.

Jika anda memiliki pertanyaan seputar SAP Business One silahkan menghubungi kami :
Run Your Business with SAP Indonesia - Click Here
PT Sterling Tulus Cemerlang (STEM Indonesia)
Mobile / WA : +62 – 877-8655-5055
E-Mail : sales-enquiry@sterling-team.com
Website : www.sterling-team.com

Informasi mengenai tips dan trick di SAP Business One dapat anda temukan pada link : www.sap-business-one-tips.com

Note :

  • (1) SAP Indonesia beralamat di World Trade Center II Lt. 9, JI. Jend. Sudirman Kav. 29-31, DKI Jakarta 12920
  • (2) Sampai dengan artikel ini dibuat pada tanggal 14 Juli 2020, belum ada kantor perwakilan di Indonesia
  • (3) PT Sterling Tulus Cemerlang (STEM Indonesia) merupakan GOLD Partner SAP untuk SAP Business One.
  • (4)Harus membeli paket terpisah untuk mendapatkan support dari Odoo
  • (5)Pada SAP Business One versi 10, dikembangkan akses via web dengan platform HTML5

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.