SAP BUSINESS ONE HANA vs Microsoft SQL

sap hana versus ms sql


Jika Anda mencari Sistem ERP, mungkin SAP Business One akan muncul sebagai solusi yang tepat untuk Anda karena fitur-fiturnya, fungsi dan kemudahan dalam penggunaannya. Pertanyaan selanjutnya adalah, basis data mana yang harus saya gunakan? Karena pada 2010 SAP telah meluncurkan SAP Hana Database Engine untuk mendukung produk mereka.

Sebagian besar orang terkadang bingung dengan SAP S4 / Hana. Ini benar-benar produk yang berbeda. SAP S4 / Hana adalah Sistem ERP untuk perusahaan berskala besar, sedangkan SAP Business One Hana adalah system untuk management basis data.

Jadi, basis data mana yang harus kita pilih jika kita ingin menggunakan SAP Business One? Apakah SAP Hana? atau Microsoft SQL Server? Keduanya memiliki fungsi utama yang sama, yaitu untuk menyimpan semua data dan mengambilnya sesuai yang diminta oleh SAP Business One. Saat ini, versi-versi tersebut adalah SAP Hana 2.0 dan Microsoft SQL Server 2019.

Sedikit informasi awal mengenai basis data SAP Business One Hana, silahkan lihat penjelasan konsep yang terdapat dalam video ini

subsribe youtube Sterling Tulus Cemerlang STEM

SAP Business One Version for HANA – Transforming Business Systems

Perbedaan SAP Business One HANA dan Microsoft SQL Server

Sekarang, artikel ini akan mencoba membantu Anda untuk memahami perbedaan antara SAP Business One Hana dan Microsoft SQL Server.

1. Kecepatan dan Skalabilitas

SAP Business One HANA adalah sistem manajemen basis data yang menggunakan konsep in-memory computing, berorientasi kolom, manajemen basis data relasional. Secara sederhana, data disimpan pada RAM.

Dengan melakukan ini, sistem tidak akan membaca atau mengambil data dari hard disk terlebih dahulu sebelum memprosesnya pada RAM. Ini akan berdampak pada kinerja pemrosesan, terutama ketika Anda memiliki banyak data untuk diproses.

2. Laporan, Analitik, dan Fitur

Karena kemampuan in-memory computing ini, SAP Business One Hana dapat melakukan advance analysis (analisis prediktif, pemrosesan data spasial, analisis teks, pencarian teks, analisis streaming, pemrosesan data grafik) dan mencakup kemampuan mengekstrak, mengubah, memuat (ETL), serta server aplikasi.

SAP Hana bukan hanya merupakan sebuah alat untuk pelaporan, tetapi juga merupakan sistem yang dapat mendukung fitur pemrosesan yang lebih tinggi seperti menjalankan MRP dan mengelola ETD. Itu sebabnya beberapa fitur dan fungsi SAP Business One hanya tersedia jika Anda menggunakan basis data SAP HANA.

Dan jika Anda menggunakan SAP Business One Hana, di dalamnya sudah tersedia beberapa dasbor dan KPI yang bisa langsung anda pergunakan. Dan anda masih bisa menggunakan Cyrstal Report untuk memiliki pelaporan standar.

Informasi singkat tentang SAP Business One Hana dapat ditemukan di sini: https://www.sterling-team.com/id/sap-business-one-hana/

3. Harga Lisensi

Dalam hal harga lisensi, lisensi SAP Hana Database Engine didasarkan pada ukuran RAM server yang akan anda alokasikan untuk basis data. Lisensi ini adalah per 64GB RAM.

Dalam beberapa hal, ini mungkin terlihat lebih mahal daripada Microsoft SQL Server License. Tetapi sebenarnya hampir sama jika kita membandingkan berdasarkan kemampuannya. Dan terkadang lisensi Microsoft SQL Server bisa lebih mahal.

4. Harga Server dan Kompatibilitas Server

Karena SAP Business One Hana memerlukan ukuran RAM yang lebih besar (minimum 64 GB RAM) karena kemampuan komputasi di dalam memori, jadi ya, biaya pengadaan server mungkin akan menjadi lebih mahal jika kita bandingkan dengan server untuk Microsoft SQL Server.

Dan server tersebut juga harus disertifikasi oleh SAP. Tetapi hal ini bukan berarti bahwa Anda harus memiliki server yang sangat powerful. Jangan khawatir tentang ini, SAP sudah mensertifikasi banyak merek, seperti HP, Dell, Lenovo, Fujitsu, dll

5. Sistem Operasi

Tidak seperti Microsoft SQL Server yang berjalan di Windows Server, SAP Hana berjalan di SuSe Linux Enterprise Server.

Sekarang setelah Anda mengetahui perbedaan antara SAP Business One Hana dan Microsoft SQL Server, terserah Anda untuk memilih sistem SAP apa yang akan Anda gunakan. Apakah itu SAP Business One dengan Hana atau Ms SQL.

Dalam jangka panjang, SAP Business One Hana dapat menjadi pilihan bagus untuk Anda pertimbangkan. Tetapi jika Anda berpikir lebih hemat biaya untuk memilih SAP Business One di Microsoft SQL Server, itu juga OK.

Pertimbangan lain beberapa perusahaan masih memilih Microsoft SQL Server adalah karena banyak orang, banyak pihak ketiga yang sudah cukup akrab dengan produk-produk microsoft.

Bagaimanapun, kedua versi dapat memberikan Anda solusi ERP terbaik untuk perusahaan Anda.

Cara Mudah Mengatur Perusahaan