Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

SAP untuk Bisnis Automotive

SHARE ON


SAP (System Application and Processing) merupakan sebuah sistem yang diperuntukkan bagi perusahaan guna menunjang kegiatan operasional bisnis yang dilakukan oleh perusahaan. SAP menjadikan semua bagian dalam perusahaan dapat terintegrasi dengan baik dan bekerja sama agar dapat mencapai hasil yang efektif dan sesuai dengan target.

Perkembangan SAP Untuk Bisnis Automotive Di Indonesia

Banyak perusahaan besar di Indonesia dari berbagai area menggunakan pengimplementasian SAP. Mulai dari bisnis di sektor komunikasi, manufacturing dan lainnya. SAP automotive seperti Astra International, Daihatsu Motor dan beberapa bisnis automotive lain memiliki pengaruh yang cukup bagus untuk perkembangan perusahaan.

Baca juga: Pentingnya SAP untuk meningkatkan Kinerja Perusahaan

Modul yang digunakan setiap perusahaan juga tidak sama, ada yang hanya digunakan untuk keperluan sales saja atau juga kadang bisa digunakan untuk segala keperluan seperti keuangan dan distribusi. Mulai dikenalnya SAP di Indonesia untuk pertama kali adalah pada tahun 1996 yaitu SAP untuk bisnis Automotive yang digunakan oleh Astra International.

Cara Mudah Mengatur Perusahaan

Keuntungan Sistem SAP

SAP yang diaplikasikan kedalam sistem di perusahaan tentu memiliki banyak keuntungan. Oleh karenanya banyak software SAP automotive yang diterapkan di Indonesia.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh suatu perusahaan jika menggunakan sistem SAP.

  • Karena sistem akan menjadi terintegrasi, maka jika satu modul berubah, modul lain yang terkait juga akan berubah secara otomatis. Data update yang dimasukkan akan memperbaharui semua aspek dalam sistem. Hal semacam ini yang dikenal dengan “real-time processing“.
  • Sistem dapat berintegrasi dengan baik jika perusahaan menggunakan data sentral yang sama baik untuk data pelanggan, produk dan vendor.
  • Perusahaan akan memiliki data yang transparan, dimana semua data dapat diakses oleh user manapun yang terdaftar dalam sistem tersebut. Informasi yang disediakanpun adalah informasi yang paling up to date.

Cara Menjadi Ahli SAP di bidang Automotive

SAP mempunyai berbagai jenis modul. Jika seseorang ingin mengerti dan mendalami tentang bidang ini, maka satu orang biasanya hanya bisa menguasai satu atau dua bidang saja. SAP itu sedikit kompleks dan rumit sehingga jarang untuk bisa dimengerti secara menyeluruh. Berbeda jika memang dibuat dengan perangkat lunak seperti sap business one.

Konsultan SAP atau ahli SAP adalah suatu jenis pekerjaan yang menjanjikan. Orang yang bisa menjalankan SAP memiliki kemampuan yang biasanya dapat ditempatkan di posisi yang penting dalam suatu perusahaan.

Untuk menjadi seorang ahli SAP ada dua cara yang dapat ditempuh, diantaranya:

  1. Belajar sendiri
    Jika Anda sudah menjadi seorang karyawan di suatu perusahaan dan memiliki tugas untuk mengiput data kedalam sistem SAP, maka Anda sudah di tahap awal mengenali sistem tersebut. Jika data yang dimasukkan tidak sesuai atau bukan pada tempatnya, maka sistem akan otomatis error.
    Jika Anda seorang yang penuh rasa ingin tahu, maka Anda akan mencari tahu di internet, buku atau sumber lainnya berkenaan dengan fungsi dan pengaturan modul. Ini berarti Anda telah mempelajari SAP secara otodidak.Dengan cara belajar yang seperti ini, meskipun Anda mengetahui semuanya, Anda tidak akan dapat ikut dalam ujian konsultan SAP. Untuk dapat mengikuti ujian, Anda harus memiliki Certificate of Completion yang didapatkan dengan cara mempelajari SAP di tempat yang resmi.
  2. Training SAP
    SAP banyak mengadakan kerjasama dengan partner lokal untuk mengadakan training resmi. Training biasanya dibentuk bisa dengan tatap muka langsung atau secara online. Perbedaannya mungkin hanya dari segi harga saja, training secara online tentu lebih murah karena tidak memerlukan tempat dan segala peralatan saat tatap muka.
    Banyak lembaga yang memberikan edukasi dan training SAP di Indonesia yang dapat diikuti. Training yang diberikanpun bertingkat, dari yang level dasar sampai yang level konsultan. Siapapun dapat belajar SAP, bisa pekerja yang sudah menggeluti dunianya atau pelajar yang masih belum memiliki pengalaman.Dengan mengikut pengajaran dan training secara resmi begini, maka Anda akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti ujian sertifikasi konsultan SAP. Namun persyaratan untuk tes adalah sudah memiliki Certificate of Completion.

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.