Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

Kalkulasi Biaya SAP dan Manfaatnya

SHARE ON



Kepanjangan SAP adalah (System Application and Product in processing) merupakan aplikasi perangkat lunak yang kini digandrungi oleh banyak perusahaan, tentu sebuah perusahaan tidak akan sembarangan menggunakan software untuk kelangsungan bisnisnya. Karena selain membahayakan bisnisnya akan terjadi juga ketidak seimbangan antara perkembangan sebelum dan sesudah menggunakan sebuah aplikasi software.

Seperti yang anda sudah ketahui SAP adalah singkatan dari (System Aplication and Product in processing) yaitu software yang sering digunakan oleh perusahaan besar untuk melakukan integrasi pada bisnis. Setelah mengetahui pembahasan tentang pengertian SAP, diharapkan bisa memperkirakan keuntungan jika menggunakanya, dan setelah mengetahui keuntungan tentu anda akan melihat harga aplikasi SAP. Seperti software pada umumnya yang tentunya mempunyai keunggulan sendiri yang berbeda – beda pada SAP anda akan dikenakan biaya sesuai dengan manfaatnya, banyak orang bilang bahwa harga akan membawa hasil bukan? Ya di SAP ini sudah banyak yang mengalami perkembangan sesuai dengan harga aplikasi SAP.

Baca juga: Keunggulan Menggunakan SAP Business One dan Harganya

Sebelum berbicara ke harga aplikasi SAP, untuk kali ini akan kita bahas dulu apa saja sih manfaat atau keuntungan menggunakan SAP.

Manfaat Penerapan SAP

  1. Transparansi Data
    SAP memudahkan staff perusahaan atau user yang memiliki akses ke dalam sistem mampu melihat informasi – informasi penunjang data perusahaan, semua input data bisa terlihat dan bisa diakses oleh siapapun
  2. Terhindar Dari Human Error
    Kita tau bahwa manusia tidak luput dari kesalahan, biasanya human error terjadi karena kelalaian atau kesalahan manusia, namun SAP mampu menyimpang data yang di input dengan proses administrasi yang mudah.
  3. Tingkat Akurasi TinggiDalam SAP terdapat sistem verifikasi yang otomatis, mampu mengatasi unsur ketidak sesuaian di suatu alur perusahaan. Informasi yang muncul akan sesuai dengan kebutuhan masing – masing user yang mengakses sewaktu – waktu
  4. Memonitor Proses AccountingSebuah perusahaan sering mengalami data yang tidak sesuai, selain dapat memonitoring data, SAP juga mampu memonitoring penjualan dan biaya apa saja yang sudah dikeluarkan
  5.  Memiliki Aplikasi MobileSAP memiliki aplikasi untuk mobile yang akan memberikan visibilitas yang lengkap sehingga anda dapat mengakses dan input kapanpun dan dari manapun.

Kalkulasi Biaya SAP

Kepanjangan SAP adalah (System Application and Product in processing) memiliki banyak manfaat bagi penggunanya karena SAP mempunyai integritas dan mengotomatiskan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi, maupun distribusi dalam sebuah perusahaan yang bermanfaat mengurangi biaya – biaya operasional yang tidak efisien.

SAP Business One Indonesia

Berikut akan di kalkulasi implementasi 1 buah modul SAP yaitu modul Financial Accounting, waktu implementasi 5 bulan dengan tahapan.

  1. Preparation : 2 minggu (10 workdays) : 1 project manager (PM), 1 finance consultant, 1 technical consultant
  2. Blueprint : 4 minggu (20 workdays) : ½ basis, ½ abap, 2 finance, 1 PM
  3. Realization : 6 minggu (30 workdays) : 1 basis, 1 abap, 2 finance, ½ PM
  4. User acceptance test : 2 minggu (10 workdays) : 1 basis, 1 abap, 2 finance, ½ PM
  5. Go live preparation : 2 minggu (10 workdays) : 1 basis, 1 abap, 2 finance, ½ PM
  6. Go live n Support : 4 minggu (20 workdays) : ½ basis, ½ abap, 1 finance, ½ PM

Dengan mengambil rate rata – rata per konsultan 250 USD/hari maka kita dapatkan hitungan sebagai berikut :

(10×3 + 20×4 +30×4.5 +10×4.5 + 10×4.5 + 20×2.5) x 250 USD = 96250 USD = 1 Milyar Rupiah

Variable akhir adalah infrastruktur, hal ini difokuskan pada pembelian server. Untuk installasi ECC 6.0 minimal requirement server setidaknya memiliki 2 processor dengan speed diatas 1 GHz, RAM 4 GB dan hardisk 200 GB (untuk 3 tahun).

Nah dari itungan ini, kalau kita coba total implementasi minimum ECC 6.0 untuk satu modul F1 dengan 20 user aktif adalah : 1M + 1,4 M + 1 M = 3.4 M

Melihat hasil dari kalkulasi biaya SAP tersebut bagi kita orang awam tentu sangat mencengangkan bukan? Namun bagi perusahaan besar dan mempunyai integritas tinggi dalam perkembangan bisnisnya tentu tidak masalah, itu baru satu modul coba bayangkan perusahaan yang banyak menggunakan modul SAP dan mempunyai user ratusan berapa kira – kira biaya yang mereka keluarkan. Kepanjangan SAP adalah (System Application and Product in processing) dimana SAP ini lebih dikhususkan untuk perusahaan besar karena alasan biaya dan disitulah kenapa sampai saat ini SAP terkesan begitu exclusive.

Kenapa Harus Memilih SAP?

Setelah mengetahui pengertian, manfaat dan harga aplikasi SAP, anda harus tau kenapa harus SAP yang menjadi pilihan bisnis perusahaan anda.

Perkembangan SAP dari tahun ke tahun tentu tidak mudah dan melewati banyak proses yang tidak sedikit, pekerjaan mereka pertama kali adalah di kontrak untuk keperluan pengembangan sistem perangkat lunak dan tentu usahanya membuahkan hasil sampai SAP dirilis dengan nama SAP R/2 di tahun 1979.

Seperti yang kita tahu manfaat menggunakan SAP tentu hal itu akan sangat memudahkan bisnis anda. SAP merupakan perangkat lunak yang dapat bekerja saat dipasang di sebuah perangkat teknologi dengan spesifikasi tertentu, SAP juga mudah digunakan atau diakses kapanpun dan dari manapun sampai aplikasi mobile pun SAP berikan karena sangat mengutamakan kemudahan dalam akses data processing tertentu.

Baca juga: Harga Software SAP untuk Menjawab Tantangan Bisnis Perusahaan

SAP sangat penting bagi perusahaan karena dengan sistemnya yang terintegrasi dan menyeluruh, penerapan SAP yang membutuhkan biaya tidak sedikit. Untuk itu penerapan dalam usaha kecil dan target bisnis tidak visioner tidak akan maksimal dan merugikan. Namun untuk usaha dengan target visioner kedepan, maka penerapan SAP sangat diperlukan.

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.