Cara Memilih Software SAP ERP Terbaik Untuk Perusahaan

cara memilih software sap erp


Ada beberapa pilihan software SAP ERP yang tersedia di pasaran untuk perusahaan yang ingin membuat manajemen bisnisnya lebih efisien. Memilih software yang tepat telah menjadi keputusan penting untuk bersaing di pasar global saat ini. Artikel kami akan memandu Anda dengan tip dan trik yang akan menyederhanakan proses pemilihan software SAP ERP dan membantu Anda untuk membuat keputusan yang tepat.

1. Memahami Kebutuhan Bisnis Anda

Saat memilih software SAP ERP, penting untuk memahami kebutuhan unik perusahaan Anda.

Sebelum mengambil keputusan, tanyakan pada diri Anda, misalnya, jenis perusahaan apa yang saya miliki? Apa tujuan jangka pendek dan jangka panjang saya? Berapa banyak pengguna yang akan menggunakan sistem?

Pastikan Anda memiliki jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini sebelum memilih produk yang tepat untuk bisnis Anda.

Ada baiknya, Anda juga membuat daftar fitur yang ingin digunakan dalam sistem ERP.

Lakukan penelitian tentang apa yang mampu ditangani oleh sistem tersebut- mulai dari keuangan, hingga SDM dan customer relationship management (CRM). Juga, tinjau beberapa vendor SAP ERP lainnya dan cari tahu apakah sesuai dengan anggaran perusahaan Anda.

Terakhir, pastikan untuk mempertimbangkan dukungan dan pelatihan pelanggan saat memilih software SAP ERP untuk bisnis Anda, karena dengan memiliki tim layanan pelanggan yang tepat dapat membantu kesuksesan perusahaan Anda.

2. Mengevaluasi Berbagai Solusi ERP

Setelah Anda mengidentifikasi kebutuhan unik perusahaan Anda, saatnya untuk mulai mengevaluasi berbagai solusi ERP.

Evaluasi ini sangat penting dan harus mencakup fitur, biaya, kinerja, skalabilitas, dan dukungan pelanggan.

Pastikan bahwa semua software SAP ERP yang potensial harus memenuhi persyaratan aktifitas bisnis Anda dan bisa memberikan fleksibilitas yang cukup untuk beradaptasi seiring perubahan kebutuhan bisnis di masa depan.

Selain itu, pastikan untuk memanfaatkan demo produk dan ulasan detail produk saat meneliti opsi dari vendor SAP ERP yang berbeda.

Software SAP ERP adalah solusi manajemen bisnis dari SAP—salah satu software bisnis paling populer untuk perusahaan.

SAP ERP merupakan solusi lengkap untuk perusahaan yang bisa terintegrasi untuk mengelola keuangan, manajemen bisnis, hubungan pelanggan, dan banyak lagi. Termasuk juga mencakup kemampuan analitik yang canggih, sehingga Anda akan mendapatkan informasi data yang lengkap dan bisa membuat keputusan yang lebih tepat.

Dan dengan tampilan standarnya, Anda tidak perlu mengorbankan fleksibilitas untuk mendapatkan semua fitur ini; Anda dapat menyesuaikannya untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

SAP Business One Indonesia

3. Mengidentifikasi Fungsi Sistem SAP

Saat Anda membandingkan berbagai solusi SAP ERP, penting untuk mempertimbangkan fitur dan kemampuan sistem. Misalnya, fitur manajemen proyek, fitur budgeting dan perkiraan, pengaturan kontrol akses pengguna, integrasi data, dan laporan data analitik.

Selain itu, Anda harus meninjau roadmap produk dari vendor SAP ERP untuk memastikan mereka memberikan inovasi berkelanjutan seputar produk inti mereka yaitu ERP.

Anda juga harus memeriksa apakah sistem menawarkan skalabilitas, sehingga solusi yang Anda inginkan dapat tumbuh bersama bisnis Anda.

Penting untuk mempertimbangkan seberapa cepat Anda dapat menerapkan solusi ERP, serta dukungan pelanggan yang diberikan vendor. Selain itu, tinjau layanan pra-implementasi yang tersedia seperti dampak terhadap perusahaan dan hasil terbaiknya, serta pelatihan untuk staf TI.

Terakhir, lihat apakah produk memerlukan aplikasi pihak ketiga lainnya untuk berfungsi sepenuhnya dan pastikan aplikasi tersebut kompatibel dengan sistem internal Anda.

4. Menetapkan Anggaran untuk Implementasi SAP ERP

Setelah Anda mengidentifikasi fitur dan kemampuan yang Anda butuhkan dalam solusi SAP ERP, langkah selanjutnya adalah menetapkan anggaran. Ini akan tergantung pada ukuran bisnis Anda, kompleksitas persyaratan ERP Anda, dan faktor lainnya.

Pastikan tidak hanya merencanakan anggaran biaya di muka (seperti implementasi) tetapi juga untuk biaya berlangganan perangkat lunak yang berkelanjutan. Anda juga harus mempertimbangkan mengenai kebutuhan pelayanan dan dukungan (support) saat mengevaluasi vendor SAP ERP.

Setelah Anda memutuskan jenis solusi ERP yang Anda butuhkan, akan lebih mudah untuk menetapkan anggaran yang dikeluarkan di awal. Jika Anda tidak jelas dengan biaya SAP ERP, diskusikan berbagai hal dengan calon vendor Anda sehingga Anda dapat membuat anggaran dan jadwal yang dapat dicapai untuk implementasi sistem ERP yang sukses.

Selain itu, pastikan setiap vendor yang Anda pertimbangkan dapat memberikan perkiraan anggaran dana untuk perangkat lunak dan layanan lebih dahulu. Karena lebih baik melebihkan anggaran untuk memastikan bahwa tersedia dana cukup saat dialokasikan diproyek SAP ERP Anda – dan untuk menghindari masalah lainnya ketika menerapkan teknologi baru.

5. Menentukan Kebutuhan Kustomisasi dan Integrasi

Kustomisasi merupakan faktor penting saat memilih sistem SAP ERP. Untuk memastikan bahwa ERP Anda sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, Anda harus bertanya kepada vendor agar diberikan solusi yang dapat disesuaikan dan terbuka untuk integrasi software pihak ketiga.

Ini memastikan bahwa Anda dapat beradaptasi atau berintegrasi dengan software lain sesuai kebutuhan.

Untuk kebutuhan kustomisasi, tanyakan kepada vendor jenis kustomisasi apa saja yang dapat diakomodasi. Apakah mereka menawarkan kemampuan perubahan dalam aplikasi mereka? Apakah pengembang siap membuat penyesuaian yang sempurna untuk Anda? Penting juga untuk mengetahui apakah sistem menawarkan opsi integrasi yang masuk akal.

Meskipun beberapa integrasi mungkin memerlukan pengembangan dari kedua vendor, banyak sistem memiliki fitur pra-integrasi yang membuat integrasi menjadi lebih mudah.

Terakhir, tanyakan kepada setiap vendor tentang tim support mereka dan berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh tim mereka untuk menyelesaikan masalah apa pun yang Anda temui dengan fitur kustomisasi atau integrasi. Mengetahui informasi ini akan membantu Anda memutuskan solusi SAP ERP mana yang terbaik untuk bisnis Anda. Ketahui juga modul SAP ERP yang paling sering digunakan.

Sebuah ERP (Enterprise Resource Planning) sistem tidak mudah untuk diterapkan. Banyak tantangan yang dihadapi baik oleh perusahaan pelanggan maupun partner implementasi/vendor. Pelanggan merasa bahwa software dan vendor tidak memberikan hasil yang diinginkan setelah semua usaha, waktu, dan uang yang sudah diinvestasikan dalam proyek tersebut.

Disisi lain vendor sering menghadapai klien yang tidak tahu persis apa yang mereka harapkan atau inginkan dari sistem baru nantinya. Pada akhirnya, implementasi sistem ERP sangat bergantung pada harapan klien, pengalaman tim (klien and konsultan) dan juga bagaimana manajemen proyek diterapkan.

Melalui pengalaman sebelumnya, PT. Sterling Tulus Cemerlang (STEM) berusaha untuk lebih memahami pelanggan, sehingga Anda bisa mendapatkan investasi terbaik melalui IT dan menjalankan bisnis Anda dengan lebih efektif dan efisien.

PT. Sterling Tulus Cemerlang saat ini berfokus pada berbagai industri seperti Ritel, Distribusi dan Manufaktur. Hal ini memungkinkan kami untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang bisnis dan operasional klien kami untuk bisa memberikan solusi yang optimal.

Percayakan implementasi sistem SAP ERP di perusahaan Anda bersama kami, karena STEM berpengalaman dan memiliki konsultan terbanyak di Indonesia yang bersertifikasi SAP Business One, banyak perusahaan besar yang telah bekerjasama dan mendapatkan hasil yang memuaskan, untuk lebih mengenal STEM silahkan kunjungi sterling-team.com dan jangan ragu untuk segera menghubungi kami untuk melakukan kerjasama.

SAP Business One Indonesia