Pengertian Akuntansi Lengkap Tujuan, Manfaat, dan Fungsinya

Pengertian Akuntansi Lengkap Tujuan, Manfaat, dan Fungsinya


Meskipun bagi banyak orang ilmu akuntansi dianggap sebagai sistem hitung-menghitung sederhana, nyatanya, akuntansi sendiri berperan sebagai proses yang tidak sederhana. Itu sebabnya pengertian akuntansi cukup kompleks dan memiliki banyak definisi.

Sementara, ilmu tersebut banyak digunakan dalam penerapan sehari-hari khususnya terkait kegiatan bisnis. Dengan ilmu akuntansi, pengusaha dapat memantau terkait bisnis, apakah berjalan dengan baik atau tidak.

Terutama, dalam hal pencatatan laporan keuangan. Jalannya arus masuk transaksi atau kas dalam suatu perusahaan sangat membutuhkan peran dari ilmu akuntansi. Hal ini juga yang membuat banyak sekali pihak memanfaatkan software maupun alat bantu untuk mempermudah pekerjaannya dalam bidang akuntansi.

Untuk membahas lebih lanjut terkait akuntansi itu sendiri, simak pembahasan dibawah ini.

Mengenal Definisi atau Pengertian Akuntansi

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya, ilmu akuntansi bukanlah suatu sistem hitung-hitung saja melainkan bidang ilmu yang cukup kompleks.

Akuntansi sendiri didefinisikan sebagai suatu proses yang diawali dengan kegiatan mencatat, mengelompokkan, mengelola, penyajian data hingga mencatat transaksi yang berkaitan dengan keuangan dalam suatu perusahaan. Informasi yang diambil tersebut digunakan oleh seorang akuntan yang ahli di bidangnya guna bahan mengambil keputusan.

Baca juga: SAP Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

Bukan hanya itu saja, pengertian akuntansi lainnya dikenal sebagai bahasa bisnis yang berperan untuk mengukur hasil kegiatan ekonomi pada suatu organisasi atau perusahaan disertai penyampaian informasi kepada pihak-pihak tertentu. Pihak tersebut seperti manajemen, kreditor investor sehingga regulator. 

Pentingnya akuntansi dalam suatu perusahaan membuat pihak-pihak tertentu berhasil mengembangkan teori terkait dunia akuntansi. Hal tersebut membuat kemudahan dalam melakukan kegiatan dapat tercapai dengan maksimal. Salah satunya melalui software akuntansi yang dianggap cukup membantu.

Namun, dalam praktiknya, sebagai seorang pengusaha atau seorang akuntan profesional harus tetap mengetahui ilmu akuntansi dasar yang dikelola secara manual. 

Luasnya pengertian akuntansi juga menyinggung sampai pada jenis akuntansi lainnya. Yakni adanya akuntansi keuangan dan juga akuntansi manajemen. Di mana, pengertian akuntansi keuangan sendiri memiliki definisi sebagai bidang yang bertugas dalam mengelola transaksi perusahaan serta di akhir periode nantinya akan menghasilkan output berupa laporan keuangan.

Sementara, pengertian akuntansi manajemen ada pada bidang yang bertujuan guna menghasilkan informasi keuangan dengan target kepada pihak manajemen atau manajer suatu perusahaan.

Dalam arti lain, akuntansi manajemen juga memiliki definisi sebagai bidang akuntansi yang output-nya diperuntukkan untuk pihak intern perusahaan. 

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Banyak ahli yang memiliki bidang ilmu berbeda sehingga dalam mengemukakan definisi atau pengertian akuntansi pun berbeda pula. Perbedaan tersebut dapat Anda lihat dari berbagai macam definisi akuntansi menurut para ahli berikut. 

1. Suparwoto

Suparwoto menyatakan akuntansi sebagai suatu sistem atau suatu teknik guna mengukur serta mengelola transaksi keuangan dan memberikan hasil pengelolaan yang dilakukan melalui bentuk informasi terhadap pihak-pihak intern dan ekstern suatu perusahaan. Pihak ekstern yang dimaksud oleh Suparwoto adalah kreditur pemerintah, investor, serikat buruh, dan lain sebagainya.

Baca juga: Keunggulan Program SAP Akuntansi Untuk Pemula

2. Soemarsono

Tidak jauh berbeda dengan Suparwoto, Soemarsono menyatakan bahwa pengertian akuntansi merupakan suatu proses dalam mengidentifikasi, mengukur, hingga melaporkan informasi ekonomi yang bertujuan untuk memungkinkan adanya penilaian serta keputusan jelas, tegas untuk mereka yang membutuhkan informasi tersebut. 

3. Sofyan Harahap

Menurut Sofyan Harahap, pengertian akuntansi memiliki definisi sebagai proses mengidentifikasi, pengukuran rumah hingga penyampaian informasi ekonomi sebagai suatu bahan dalam mempertimbangkan berbagai alternatif untuk mengambil sebuah kesimpulan oleh para pemakainya.

4. Sunyanto

Sunyanto mendefinisikan akuntansi sebagai suatu tahapan proses dalam pengumpulan, pengidentifikasian, proses pencatatan, proses penggolongan, proses peringkasan, hingga proses penyajian atau pelaporan dari suatu transaksi keuangan dan penafsiran hasilnya yang bertujuan untuk pengambilan keputusan. 

Tujuan Akuntansi untuk Pihak yang Membutuhkan

Selain mengetahui pengertian akuntansi, Anda juga akan mengetahui tujuan dari akuntansi itu sendiri. Berdasarkan pembahasan di atas, terkait pengertian atau definisi dari akuntansi itu sendiri, maka dapat diketahui juga bahwa akuntansi memiliki tujuan utama sebagai proses untuk menghasilkan atau menyajikan informasi tentang dunia ekonomi dari suatu kesatuan ekonomi terhadap pihak-pihak yang perusahaan atau pihak yang berkepentingan.

Tujuan tersebut sangatlah berperan penting dalam suatu perusahaan. Pasalnya, melalui informasi ekonomi yang didalamnya terkait seperti informasi keuangan, maka controlling dalam suatu perusahaan dapat dikelola dengan baik. Selain itu, kemajuan atau perkembangan suatau perusahaan atau organisasi juga dapat diketahui secara berkala melalui informasi ekonomi dari ilmu akuntansi. Itu sebabnya, akuntan memiliki peran penting dalam suatu perusahaan khususnya untuk mencapai tujuan dari akuntansi itu sendiri.

Manfaat Akuntasi untuk Stakeholders

Pengertian akuntansi diketahui cukup kompleks, hal tersebut tidak berbeda dengan manfaatnya yang juga semakin berkembang dengan luas. Pasalnya, tidak satu atau dua saja manfaat yang dihasilkan dari akuntansi, melainkan juga cukup banyak dan luas.

Informasi akuntansi umumnya dimanfaatkan oleh para kreditor, pemerintah, investor, manager, karyawan, hingga pemimpin perusahaan. Informasi terkait berguna bagi mereka sebab dapat dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan dan juga bukti pertanggungjawaban suatu manajemen perusahaan kepada pimpinannya.

Baca juga: Contoh Jurnal Umum Beserta Pengertian, Soal dan Cara Membuatnya

Bukan hanya itu saja, akuntansi juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengetahui perkembangan perusahaan dari tahun ke tahun. Jadi, berdasarkan penjelasan terkait, maka akuntansi juga memiliki manfaat sebagai salah satu perantara untuk memperoleh informasi keuangan dalam suatu perusahaan, bukti pertanggungjawaban, manajemen atau pengelolaan kepada pemilik, dan juga berfungsi sebagai sumber untuk mengetahui kemajuan atau progress yang sudah dilakukan oleh suatu perusahaan terkait. 

Fungsi Akuntansi

Di samping mengetahui pengertian akuntansi, tujuan, dan manfaatnya, Anda juga perlu mengetahui beberapa fungsi akuntansi sebagai berikut.

1. Rekaman Laporan

Fungsi dari akuntansi itu sendiri yakni guna menjaga sebuah rekaman laporan melalui pencatatan atau merekam transaksi yang dilakukan secara sistematis dan kronologis. 

2. Melindungi dan Menjaga Properti

Jika dilihat dari pengertian akuntansi, maka bidang ilmu akuntansi juga memiliki fungsi sebagai media untuk menghitung jumlah realitas dalam suatu penyusunan aset oleh suatu perusahaan sebagai pemiliknya secara nyata. Hal ini dapat membuat properti dapat terlindungi dan terjaga dengan baik. 

3. Klasifikasi dan Meringkas

Fungsi lain dari akuntansi adalah untuk klasifikasi yang berkaitan dengan analisis yang dilakukan secara sistematis melalui data perusahaan yang direkam.

Selain itu, berfungsi juga sebagai penyaji data rahasia melalui cara yang dimengerti dan tentunya berguna dalam internal maupun eksternal perusahaan terkait laporan akuntansi itu sendiri. Dimana, proses satu ini lebih fokus pada pelaporan neraca saldo, hingga laporan laba rugi. 

4. Meeting Legal

Jika Anda memperhatikan pengertian akuntansi, maka secara tidak langsung Anda juga mengetahui fungsi lain dari akuntansi sebagai meeting legal. Di mana, maksud dari meeting legal sendiri yakni untuk merancang dan mengembangkan sistem sistem seperti menjaga catatan hingga pelaporan hasil yang kedepannya akan memenuhi persyaratan hukum secara sah. 

Penutup

Itulah pembahasan lengkap terkait dunia akuntansi mulai dari pengertian akuntansi, tujuan, manfaat, dan fungsinya. Jangan lupa kunjungi halaman utama penawaran kami mendapatkan informasi menarik lainnya yang Anda butuhkan.

Jika Anda memiliki aktivitas yang berkaitan dengan akuntansi, gunakan saja SAP Business One. Program ini memudahkan kegiatan tracking aktivitas keuangan perusahaan secara digital. Info lebih lanjut, kunjungi saja link berikut : www.sterling-team.com.

SAP Business One Indonesia