Mengapa Bisnis Franchise Adalah Pilihan Terbaik

franchise adalah pilihan terbaik


Franchise adalah hal yang sudah umum diketahui. Selama Anda memiliki merek yang kuat, Anda dapat menyewakan hak atas kekayaan intelektual (HAKI) pada pihak lain.

Ini berbeda dari membuka cabang karena biasanya bisnis yang dikelola oleh pihak lain tidak ada campur tangan Anda dalam hal manajemen.

Untuk lebih memahami masalah bisnis franchise ini, mari kita bahas bersama dalam artikel ini tentang topik tersebut. Setelah membaca artikel ini, Anda akan paham dengan mudah tentang konsep bisnis franchise dan berbagai hal tentang itu!

Tentang Franchise

Kalau ditafsirkan secara sederhana franchise adalah satu pihak memberikan HAK untuk menggunakan HAKI untuk keperluan bisnis. Dalam hal memberikan izin ini akan diatur oleh kontrak dengan batas tertentu. Biasanya batas yang umum digunakan adalah membayar royalty untuk penggunaan HAKI dan juga melarang penyalahgunaan.

Dalam bahasa Indonesia, bisnis franchise adalah hal yang dikenal sebagai waralaba. Anda dapat melihat waralaba terkenal seperti ayam goreng Popeye atau ayam goreng zaitun. Penemu resep dan menu merek ini mengizinkan Anda untuk membuka toko ayam goreng itu sendiri. Tetapi Anda harus membayar kontrak dan mungkin tidak memodifikasi resep atau manajemen standar yang ditentukan.

Meskipun membayar kontrak, Anda masih dapat menikmati keuntungan penjualan penuh. Pemilik franchise juga memberikan dukungan seperti memasok bahan ayam goreng, resep dan bahkan atribut untuk kios ayam goreng Anda. Karena ada kekuatan merek yang kuat, biasanya franchise adalah bentuk bisnis yang akan menjadi lebih cepat dikenal daripada kios ayam goreng umum dengan nama mereka sendiri.

Ketahui Arti Franchisor, Franchisee, Franchise Fee

Sebelum membahas konsep bisnis franchise, Anda harus memahami kata kunci penting dalam bisnis tersebut. Di dunia bisnis franchise, kata kunci seperti franchisor dan franchise fee sering diungkapkan. Jika Anda tidak tahu apa artinya, Anda akan merasa sulit untuk mengikuti tentang tentang konsep bisnis franchise ini.

Agar lebih jelas, mari kita bahas terlebih dahulu tentang arti kata kunci franchise bawah ini:

  • Franchisor

    Franchisor adalah badan usaha atau individu yang memegang HAKI merek. Mereka memiliki hak untuk memberikan izin untuk menggunakan HAKI mereka kepada orang lain dengan persyaratan pengikatan tertentu.

  • Franchisee

    Franchisee adalah badan bisnis atau individu yang diberikan HAKI dengan persyaratan tertentu. Pihak ini yang biasanya mengajukan permintaan untuk menyewa HAKI. Tetapi ingat, meskipun diberikan untuk menggunakan HAKI, penyewa ini harus terus mengikuti persyaratan dan batasan yang disediakan.

  • Franchise Fee

    Franchise Fee adalah biaya awal waralaba. Biaya ini bisa ditarik karena sebagai tanda hak telah diberikan. Secara sederhana ini mirip dengan tingkat lisensi penggunaan merek secara umum. Franchise adalah konsep yang mirip dengan lisensi tetapi lebih pada arti bisnis dan bukan izin untuk melakukan sesuatu.

Jenis-Jenis Franchise

Hal berikutnya yang harus Anda pertimbangkan dalam bisnis franchise adalah jenis atau tipe-nya. Meskipun memilikifunsi dan sistem yang kurang lebih sama, namun peraturan setiap franchise adalah berbeda.

Oleh karena itu, franchise ini dibagi menjadi jenis atau tipe-nya sendiri. Mari kita bahas setiap jenis franchise di bawah ini:

  • Franchise Asing

    Franchise asing adalah HAKI yang dibuat di luar negeri tetapi diadopsi oleh pengusaha lokal. Biasanya waralaba ini mengikuti standar aturan luar negeri dan lebih ketat dalam persyaratannya. Contoh dari waralaba asing ini adalah Pizza Hut, KFC dan Burger King.

  • Franchise Lokal

    Jenis franchise ini tentu sudah jelas. HAKI waralaba ini berasal dari Indonesia dan didistribusikan oleh pengusaha Indonesia ke daerah lain. Karena waralaba ini dibuat di dalam negeri, persyaratan nya jauh lebih mudah. Contoh populer adalah Geprek Bensu dan Popeye Fried Chicken.

Keuntungan Bisnis Franchise

Bagi Anda yang sudah mengerti dan tertarik untuk membuka bisnis franchise, ada beberapa keunggulan yang dapat Anda nikmati, berikut diantaranya:

  • Dukungan dari Franchisor

    Hal-hal yang membuat banyak orang ingin membuka bisnis menggunakan jalur franchise adalah merasa mudah. Selama Anda membayar paket franchise fee, Anda akan diberikan beberapa dukungan. Mulai dari atribut, pasokan bahan hingga prosedur untuk manajemen SOP. Karena memiliki dukungan seperti ini, Anda akan lebih mudah untuk memulai bisnis daripada mereka yang harus bangun dari 0.

  • Modal tidak terlalu besar

    Jika Anda menjadi franchisee, Anda juga tidak perlu takut terbebani dengan terlalu banyak biaya. Biasanya ketika Anda ingin menggunakan bisnis waralaba, Anda diberi pilihan paket. Pilihan paket ini untuk memastikan ukuran bisnis Anda bisa besar atau kecil. Jadi bagi mereka yang tidak memiliki banyak modal, bisa memilih franchise fee yang kecil dan ringan.

  • Keberhasilan yang dapat diukur

    Dengan menggunakan jalur bisnis ini, Anda dapat melihat – lihat kinerja franchise sebelum memutuskan. Franchise adalah bisnis yang dapat berhasil jika memiliki kekuatan merek yang baik. Tanpa efek merek yang kuat, bisnis ini akan sulit ditawarkan kepada pelanggan.

    Jadi, sebelum memulai waralaba, Anda dapat melihat kinerja franchise pilihan Anda. Jika lebih populer dan banyak yang dicari oleh komunitas, Anda baru bisa memastikan untuk menjadi franchisee mereka. Karena keunggulan ini, waralaba dapat dilihat jauh lebih aman daripada membuka bisnis sendiri sejak awal.

  • Pemasaran yang relatif lebih mudah.

    Karena nama merek sudah terkenal, Anda tentu tidak perlu melakukan pemasaran yang berlebihan. Ketika banyak orang sudah tahu bahwa barangnya berkualitas, pembeli secara otomatis datang dengan sendirinya. Berbeda dengan upaya yang masih dalam proses membangun citra merek. Mereka harus membayar lebih untuk promosi dan meyakinkan pelanggan untuk membeli.

Demikian pembahasan tentang bisnis franchise. Dengan model bisnis menjadi franchise adalah kesempatan untuk membuat usaha menjadi jauh lebih besar. Pastikan untuk menggunakan pengetahuan dari artikel ini untuk keberhasilan bisnis Anda sendiri!