Stock Opname: Pengertian dan Tujuannya

stock opname adalah

Stock opname ialah aktifitas untuk menghitung ulang item stok di gudang sebelum dipasarkan ke pelanggan. Sebagian perusahaan juga menghitung inventaris untuk aset tunai, piutang dan hutang sekalian.

Stock opname atau juga acap kali disebut sebagai stock take yaitu komponen dari metode inventaris terstruktur, yang juga diperlukan sebagai salah satu bahan audit perusahaan. Waktu implementasi stock opname amat tergantung pada kebijakan perusahaan masing-masing. Sebagian perusahaan menghitung tiap-tiap tahun dan ada pula yang tiap akhir bulan.

Stock opname mencakup pelaksanaan identifikasi tiap item, jumlah, dan kemudian mempresentasikannya di tabel supaya gampang dibaca. Aktivitas stock opname amat penting, khususnya untuk bisnis ritel dan grosir yang banyak menaruh barang di gudang.

aplikasi stock count

Kenapa Anda mesti membuat Stock Opname?

Untuk memenuhi permintaan pasar, perusahaan tak bisa melaksanakannya apabila mereka cuma mengandalkan jumlah produksi harian. Perusahaan mesti mempunyai produk stok kapan saja agar bisa dikeluarkan untuk memenuhi permintaan pasar.

Ada saat sebuah perusahaan tak bisa memenuhi permintaan pasar yang tinggi sebab persediaan gudang kecil, sementara tenaga produktif rendah. Ini tentu akan menjadi kerugian bagi perusahaan.

Di sisi lain, jikalau perusahaan mempunyai item dengan stok yang rendah sementara permintaan dari pasar juga rendah, maka barang akan terakumulasi dan susah untuk dipasarkan. Kerugian akan lebih besar kalau barang yang disimpan mempunyai tanggal kedaluwarsa yang cepat.

Perhitungan jumlah item di gudang berfungsi untuk menemukan kebenaran dan keakuratan catatan pembukuan perusahaan seputar jumlah barang yang ada. Dengan menentukan jumlah item di gudang, manajemen bisa menghitung secara cermat dan memastikan berapa banyak item yang perlu diproduksi atau disediakan sehingga mereka masih bisa memenuhi permintaan pasar.

Untuk mengurangi risiko kekeliruan, sebagian perusahaan memakai barcode sebagai kode barang. Pemakaian barcode bermanfaat untuk mempercepat pelaksanaan perhitungan stok barang.

Tujuan dan Manfaat Stock Opname

Dari pengertian stock opname di atas, bisa diamati bahwa tujuan kegiatan stock opname ialah untuk mencegah kerugian bagi perusahaan sebab ketidaktahuan / kekeliruan dalam menghitung jumlah stok barang di gudang.

Perhitungan jumlah item yang cermat akan memfasilitasi kemudahan dalam pengontrolan keluar-masuk barang ke gudang. Hasil perhitungan itu juga bisa menjadi keputusan departemen di masa depan.

Contohnya, apabila hasil perhitungan dari stock opname lebih besar dari nilai inventaris kas, perusahaan bisa memeriksa jurnal hitung untuk mengetahui apakah ada transaksi yang belum ditulis atau mungkin ada kekeliruan penulisan. Sebaliknya, kalau ditemukan dengan defisiensi, divisi yang berkaitan bisa membuat penyesuaian jurnal untuk kekurangan ini.

Kapan Melakukan Stock Opname?

Periode pengerjaan biasanya diadakan pada tiap akhir tahun, atau tiap akhir bulan tergantung pada kebijakan Perusahaan. Lain perusahaan dengan SPI yang rapi lazimnya melaksanakan stock opname ialah pada triwulanan atau Caturwulan.

Stock opname tak cuma untuk inventaris, dapat juga dikerjakan untuk aset, uang tunai, piutang, dan hutang.

Bila menemukan perbedaan antara catatan dengan jumlah persediaan yang ada lazimnya akan disesuaikan dengan kebijakan pemilik, apakah seharusnya memeriksa catatan dan penunjang lainnya seandainya ada kemungkinan bahwa ada transaksi yang tak dicatat, atau menjalankan tindakan lain yakni:

  1. Catat kehilangan / kerusakan sebagai kerugian.
  2. Penyesuaian pembukuan oleh bagian pembukuan.
  3. Dibebankan terhadap karyawan atau divisi yang berhubungan untuk menggantikan kekurangan.

Apabila ada manipulasi data yang dikhawatirkan dilaksanakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab dari dalam perusahaan, karenanya Anda bisa minta pihak ketiga seperti institusi yang mengurus stock opname sehingga data olahan bisa lebih dijamin kebenarannya ketimbang diproses oleh orang-orang tertentu yang mempunyai niat tak bagus kepada perusahaan yang Anda miliki.

Stock opname ialah aktivitas yang perlu Anda lakukan, sebab perusahaan yang bagus lazimnya mempunyai laporan yang bagus dan catatan keuangan yang bagus pula. Atau dengan kata lain, catatan keuangan yang bagus bisa memengaruhi keadaan perusahaan yang bagus.

Dengan aplikasi Stock count untuk mobile device bisa meningkatkan kecepatan dan keakuratan sampai 90%. Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan finansial serta kontrol penuh anggaran perusahaan dengan gampang kapan pun dan di mana saja tanpa mesti repot.