Stock Opname: Pengertian dan Tujuannya

stock opname adalah


Stock opname adalah aktifitas untuk menghitung ulang item stok di gudang sebelum dijual kepada pelanggan. Beberapa perusahaan juga menghitung inventaris untuk aset tunai, piutang dan hutang sekaligus.

Stock opname atau juga sering disebut sebagai stock take adalah bagian dari sistem inventaris berkala, yang juga dibutuhkan sebagai salah satu bahan audit perusahaan. Periode implementasi stock opname sangat tergantung pada kebijakan perusahaan masing-masing. Beberapa perusahaan menghitung setiap tahun dan ada pula yang setiap akhir bulan.

Stock opname meliputi proses identifikasi setiap item, jumlah, dan kemudian mempresentasikannya di tabel agar mudah dibaca. Kegiatan stock opname sangat penting, terutama untuk bisnis ritel dan grosir yang banyak menyimpan barang di gudang.

aplikasi stock count

Mengapa Anda harus membuat Stock Opname?

Untuk memenuhi permintaan pasar, perusahaan tidak dapat melakukannya jika mereka hanya mengandalkan jumlah produksi harian. Perusahaan harus memiliki produk stok kapan saja dapat dikeluarkan untuk memenuhi permintaan pasar.

Ada saat-saat ketika sebuah perusahaan tidak dapat memenuhi permintaan pasar yang tinggi karena persediaan gudang kecil, sementara daya produktif rendah. Ini tentu akan menjadi kerugian bagi perusahaan.

Di sisi lain, jika perusahaan memiliki item dengan stok yang rendah sementara permintaan dari pasar juga rendah, maka barang akan terakumulasi dan sulit untuk dijual. Kerugian akan lebih besar jika barang yang disimpan memiliki tanggal kedaluwarsa yang cepat.

Perhitungan jumlah item di gudang berfungsi untuk menemukan kebenaran dan keakuratan catatan pembukuan perusahaan tentang jumlah barang yang ada. Dengan memastikan jumlah item di gudang, manajemen dapat menghitung secara akurat dan menentukan berapa banyak item yang perlu diproduksi atau disediakan sehingga mereka masih dapat memenuhi permintaan pasar.

Untuk mengurangi risiko kesalahan, beberapa perusahaan menggunakan barcode sebagai kode barang. Penggunaan barcode berguna untuk mempercepat proses perhitungan stok barang.

Tujuan dan Manfaat Stock Opname

Dari masalah pengertian stock opname di atas, dapat dilihat bahwa tujuan aktivitas stock opname adalah untuk mencegah kerugian bagi perusahaan karena ketidaktahuan / kesalahan dalam menghitung jumlah stok barang di gudang.

Perhitungan jumlah item yang akurat akan memfasilitasi kemudahan dalam pengaturan keluar-masuk barang ke gudang. Hasil perhitungan tersebut juga dapat menjadi keputusan departemen di masa depan.

Misalnya, jika ternyata hasil perhitungan dari stock opname lebih besar dari nilai inventaris kas, perusahaan dapat memeriksa jurnal hitung untuk mengetahui apakah ada transaksi yang belum ditulis atau mungkin ada kesalahan penulisan. Sebaliknya, jika ditemukan dengan defisiensi, bagian terkait dapat membuat penyesuaian jurnal untuk kekurangan ini.

Periode Stock Opname

Waktu pelaksanaan umumnya diadakan pada setiap akhir tahun, atau bahkan setiap akhir bulan tergantung pada kebijakan Perusahaan. Lain perusahaan dengan SPI yang rapi biasanya melakukan stock opname adalah pada triwulanan atau Caturwulan.

Stock opname tidak hanya untuk inventaris, bisa juga dilakukan untuk aset, uang tunai, piutang, dan hutang.

Jika menemukan perbedaan antara catatan dengan jumlah persediaan yang ada biasanya akan disesuaikan dengan kebijakan pemilik, apakah harus memeriksa catatan dan pendukung lainnya jika ada kemungkinan bahwa ada transaksi yang tidak dicatat, atau melakukan tindakan lain yaitu:

  1. Catat kehilangan / kerusakan sebagai kerugian.
  2. Penyesuaian pembukuan oleh bagian pembukuan.
  3. Dibebankan kepada karyawan atau bagian terkait untuk menggantikan kekurangan.

Jika ada manipulasi data yang dikhawatirkan dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dari dalam perusahaan, maka Anda dapat meminta pihak ketiga seperti lembaga institusional yang mengurus stock opname sehingga data olahan dapat lebih dijamin kebenarannya daripada diproses oleh orang-orang tertentu yang memiliki niat tidak baik terhadap perusahaan Anda miliki.

Stock opname adalah kegiatan yang perlu Anda lakukan, karena perusahaan yang baik biasanya memiliki laporan yang baik dan catatan keuangan yang baik pula. Atau dengan kata lain, catatan keuangan yang baik dapat memengaruhi kondisi perusahaan yang baik.

Dengan aplikasi Stock count untuk mobile device dapat meningkatkan kecepatan dan keakuratan hingga 90%. Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan finansial serta kontrol penuh anggaran perusahaan dengan mudah kapan pun dan di mana saja tanpa harus repot.