Pengertian Manajemen Pemasaran

manajemen pemasaran adalah


Manajemen pemasaran adalah salah satu kegiatan penting dalam bisnis. Bahkan, pencapaian keberhasilan suatu perusahaan dipengaruhi oleh upaya mereka dalam mengelola pemasaran. Tanpa manajemen yang baik, kemungkinan proses pemasaran tidak berjalan secara efisien. Dalam situasi terburuk, kondisi ini dapat menyebabkan kerugian.

Dengan memperhatikan peran penting manajemen marketing, seorang pengusaha perlu memahami aspek ini dengan hati-hati. Pengetahuan ini juga diperlukan tidak hanya oleh pengusaha besar, tetapi juga oleh usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Selanjutnya, Anda dapat menempatkan gambar dan menggunakan perangkat yang tepat untuk mendukung pemasaran produk perusahaan dengan benar.

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

pengertian manajemen pemasaran

Secara umum, pengertian manajemen pemasaran adalah serangkaian kegiatan termasuk proses perencanaan, pengendalian, dan analisis yang terkait dengan pemasaran produk. Selanjutnya, perusahaan dapat menerapkan strategi yang tepat sehingga produk dapat didistribusikan ke tangan konsumen dengan baik dan menghasilkan keuntungan.

Selanjutnya, beberapa ekonom juga memiliki pemahaman tentang manajemen marketing sendiri, termasuk:

1. Prof. Hansel Sofjan Asauri

Profesor Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, Prof. Hansel Sofjan Asauri, mengatakan bahwa manajemen pemasaran adalah proses analisis, perencanaan, kontrol, dan pelaksanaan. Sekumpulan program itu dilaksanakan dengan tujuan memperoleh dan memelihara laba dalam upaya untuk memenuhi prestasi jangka panjang Perusahaan.

2. Philip Kotler

Ada juga penjelasan tentang gagasan marketing management dari Philip Kotler yang merupakan profesor pemasaran internasional di Kellog School of Management Northwestern University. Kotler mengungkapkan bahwa Manajemen Pemasaran adalah kombinasi seni dan sains dalam memilih target pasar yang tepat sehingga dapat memperoleh keuntungan.

Dalam implementasinya, Kotler mengatakan bahwa marketing management melibatkan berbagai kegiatan, termasuk perencanaan, analisis, pengendalian, dan kebijakan pelaksanaan yang terkait dengan pemasaran produk. Selanjutnya, marketing management yang baik dapat memberikan kepuasan kepada pihak-pihak terkait.

Tujuan Manajemen Pemasaran

Ada lima tujuan utama yang terkait dengan penerapan manajemen marketing dalam bisnis, yaitu:

1. Membuka peluang baru

Tujuan pertama manajemen pemasaran adalah kesempatan untuk mendapatkan peluang baru. Anda dapat mencapai tujuan ini dengan menyediakan produk sesuai kebutuhan atau selera konsumen.

2. Mendorong Kepuasan Konsumen

Manajemen marketing juga memiliki hubungan dekat dengan kepuasan pelanggan. Alih-alih mementingkan angka penjualan, perusahaan perlu fokus pada tingkat kepuasan pelanggan.

3. Tingkatkan pangsa pasar

Tujuan selanjutnya dari manajemen pemasaran adalah meningkatkan pangsa pasar. Jika Anda memiliki pangsa pasar yang besar, dapat dipastikan bahwa angka penjualan juga sangat tinggi. Untuk alasan ini, perusahaan perlu melakukan beberapa strategi pemasaran seperti promosi, pengemasan inovasi, diskon, dan sebagainya.

4. Mendapatkan Lebih Banyak Keuntungan

Keberadaan divisi pemasaran bertujuan untuk menyediakan sumber pendapatan bagi perusahaan. Oleh karena itu, manajemen harus dapat memastikan bahwa setiap produk memiliki nomor penjualan yang memuaskan dan mampu memberikan keuntungan bagi perusahaan.

5. Pencitraan

Tidak lupa, marketing management bertujuan sebagai alat pencitraan. Citra positif dapat membantu memperlancar penjualan produk perusahaan.

Konsep Manajemen Pemasaran

Dalam aktivitas pemasaran, perusahaan perlu mengetahui konsep marketing. Tujuannya adalah sebagai analisis tingkat kebutuhan konsumen dan dasar pengambilan keputusan. Ada banyak konsep pemasaran yang diadopsi oleh perusahaan modern. Namun, ada tiga konsep pemasaran yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Konsep Produksi

Dalam memahami konsep ini, perusahaan perlu fokus pada produk. Pastikan bahwa proses produksi berjalan secara efisien dan memperoleh pasokan bahan baku yang terjangkau.

2. Konsep Penjualan

Sementara itu, konsep penjualan tidak hanya mendorong perusahaan untuk menghasilkan produk. Namun, mereka juga berusaha meyakinkan konsumen dengan berbagai cara, termasuk iklan.

3. Konsep Pemasaran

Terakhir, ada konsep pemasaran yang berfokus pada pasar. Anda perlu mengetahui segmen pasar, ukurannya, dan apa yang diperlukan untuk memulai kegiatan pemasaran di sana. Sederhananya, konsep ini menekankan tingkat kepuasan pelanggan.

Nah, itulah diskusi tentang definisi manajemen pemasaran yang perlu Anda ketahui. Untuk membantu memperlancar kegiatan pemasaran, Anda memerlukan dukungan perangkat yang tepat. SAP Business One adalah perangkat lunak canggih yang membantu Anda melakukan manajemen marketing yang lebih baik.

SAP Business One Indonesia