4 Cara Meningkatkan Penjualan Secara Konsisten

Cara Meningkatkan Penjualan


Apakah anda menekuni dunia bisnis? Menghadapi grafik penjualan setiap hari? Memutar otak bagaimana cara meningkatkan penjualan? Di era digital ini, penambahan jumlah pasar merambah ke arah online. Berbagai pasar online (marketplace) pun tumbuh dan berkembang.

Jika sebelum pandemi, pekerjaan marketer mudah terlihat. Trik atau cara meningkatkan omzet toko terlihat secara kasat mata. Akan tetapi di zaman online ini dengan berbagai marketplace, sosial media, dan karakternya masing-masing, cukup sulit untuk menilainya.

Cara Meningkatkan Penjualan Online dan Marketplace

Cara Meningkatkan Penjualan Online

Cara meningkatkan penjualan online di jejaring sosial bisa lebih kreatif, bervariasi, dan bebas kapanpun anda mau. Satu hal lagi, promo ini gratis.

Lain halnya jika anda berjualan di marketplace. Cara meningkatkan omzet di Shopee bentuk promonya memiliki syarat dan ketentuan. Selain itu nama promo dan masa berlaku sama untuk semua toko.

Seiring dengan berjalannya tahun, cara meningkatkan omzet di Shopee 2021 pun berbeda. Di tahun ini, ada produk baru, yaitu fitur iklan Shopee. Namun, secara garis besarnya, anda dapat mempertimbangkan poin-poin di bawah ini:

  1. Memanfaatkan media sosial
    Integrasikan semua jejaring sosial anda, sehingga mudah untuk menangani pesanan atau chat dengan lebih efisien. Bahkan jika anda berjualan di marketplace pun, dapat dihubungkan ke akun instagram anda.
  2. Dapatkan testimoni pelanggan
    Dalam penjualan di media sosial, penjual perlu chat persuasif untuk meminta customer memberikan testimoni. Jika sudah mendapatkan testimoni, unggah di media sosial anda.Sementara di marketplace, sudah ada fitur tersendiri mengenai testimoni. Para customer biasanya diberikan poin setelah mengisi testimoni. Anda juga bisa mengunggahnya di jejaring sosial anda.
  3. Bergabung dengan berbagai grup atau komunitas online
    Dalam sosial media, selalu muncul beragam grup dengan berbagai kepentingan. Anda dapat bergabung di banyak grup dan komunitas online tersebut. Aktif mengunggah akan sangat membantu anda dikenal calon customer. Teruslah menambah pertemanan.
  4. Buat iklan
    Adakan promo, give away, atau acara dengan melibatkan toko online anda. Customer sangat menyukai berbagai varian bonus selain diskon. Sebarkan iklan ini di jejaring sosial anda, juga grup dan komunitas yang anda ikuti.
  5. Bekerja sama dengan influencer
    Produk anda akan lebih cepat dikenal masyarakat jika menggunakan cara yang satu ini. Karena influencer memiliki dampak yang sangat kuat untuk mengangkat brand suatu produk di hadapan masyarakat.

Cara Meningkatkan Penjualan dengan ERP (Enterprise Resource Planning) Software

Sementara bagi anda yang melakukan penjualan dibawah naungan perusahaan, pasti mengenal ERP. ERP adalah software perencanaan terintegrasi sumber daya perusahaan dalam semua divisi. ERP melingkupi aspek operasi, produksi, juga distribusi di perusahaan bersangkutan.

Sistem ERP yang baik akan mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional bisnis. Sistem ini menawarkan berbagai fungsi dan solusi peningkatan bisnis. Di bawah ini merupakan ilustrasi sederhana cara meningkatkan penjualan dengan memakai software ERP :

  1. Customer Relationship Management (CRM)
    CRM memungkinkan staf penjualan mencatat kegiatan penjualan secara akurat. Kemudian memastikan status penjualan yang dapat dilacak dengan efisien.
  2. Komunikasi Bisnis
    ERP yang baik memungkinkan informasi akurat karena semua data berada dalam satu sistem yang sama. Sehingga laporan yang digunakan sebagai dasar pembuat keputusan bisnis sesuai dan kompetitif pada semua industri.
  3. Supply Chain dan Gudang
    Sistem ERP yang transparan akan memudahkan staf bagian gudang untuk mengawasi kelancaran seluruh rantai pasokan persediaan secara aktual. Sehingga kekosongan stok produk tertentu dapat dihindari dan kebutuhan customer dapat dipenuhi dengan optimal.
  4. Supplier Management
    Sistem ERP dapat meningkatkan kemudahan akses pada berbagai dokumen seperti kontrak, daftar harga, dan dokumen lainnya.
  5. Kepatuhan
    Transparansi sistem ERP memudahkan pelacakan berbagai divisi. Hal ini dimungkinkan karena seluruh divisi sudah sepenuhnya terintegrasi dalam satu sistem. Seperti stok barang, kegiatan penjualan, maupun perjanjian kerjasama dengan supplier atau customer.
  6. Transaksi
    ERP dapat menyediakan laporan penjualan real time dan mengelola stok dengan efisien.

Cara Meningkatkan Penjualan dengan SAP Business One

Cara Meningkatkan Penjualan dengan SAP Business One

Setelah ERP, mari mengenal SAP. SAP (System Application and Processing) merupakan software buatan Jerman. SAP adalah sistem terbaru berkelas dunia untuk mendukung kegiatan operasional bisnis agar dapat bekerja sama secara efektif untuk mencapai target perusahaan.

Sistem SAP sudah sangat terkenal dan banyak digunakan oleh perusahan-perusahaan besar di seluruh dunia. SAP merupakan produk inti sistem ERP. Ada banyak sistem ERP yang beredar, tapi hampir 80% perusahaan di dunia memakai SAP sebagai sistem ERP mereka.

Jika ERP merupakan software yang mengintegrasikan kegiatan operasional bisnis perusahaan sehari-hari, maka SAP adalah alat software dengan beberapa modul di dalamnya. Seperti: modul penjualan, planning produk, atau lainnya, dibagi menjadi beberapa software berbeda.

Kami memiliki beberapa paket cara meningkatkan penjualan sesuai kebutuhan anda :

  1. SAP Package Cloud Lite (accounting and finance)
    Dibayarkan setiap 6 bulan sekali.
    Accounting and Finance
    Perusahaan startup
    1 SAP Business One Starter Pack Licence
    SAP HANA Database
    Remote / Offsite
    Standard
    SAP Business One Starter Pack
    Dimasukkan ke dalam biaya bulanan.
  2. SAP Package Star Lite (accounting and finance)
    Accounting and Finance
    2 SAP Business One Starter Pack Licence
    2 Microsoft SQL Server License
    On site
    Standard
    SAP Business One Starter Pack
    Hardware dan software dijual terpisah
  3. SAP Package Galaxy Lite (trading and distribution)
    Trading / Distribution
    Accounting, Finance, Purchasing, Inventory, Sales, Warehouse
    3 SAP Business One Starter Pack Licence
    3 Microsoft SQL Server Licence
    On Site
    Standard
    SAP Business One Starter Pack
    Hardware dan software dijual terpisah
  4. SAP Package Universe (All Enterprise)
    All enterprise
    SAP Business One Modules Fit to Organization
    Diatas 3 pengguna
    3-6 bulan
    On site
    SAP Busines One – Industry Solution for Retail, Distribution, Manufacture and Aviation, Commodity and Feed Industries
    Hardware dan software dijual terpisah

Percayakan Manajemen Keuangan Perusahaan Anda Dengan SAP Business One

STEM fokus pada SAP dan Microsoft dalam beberapa industri seperti distribusi, ritel, dan manufaktur, sehingga dapat lebih memahami kebutuhan customer. Dengan sumber daya tersebut, kami yakin dapat memahami keinginan customer akan value yang sesuai.

Dengan berbagai paket yang kami tawarkan, anda bisa memilih paket mana yang cocok dengan tipe perusahaan anda. Anda bisa konsultasikan dulu sebelum memutuskan. Kami akan mendampingi anda dan membantu memilih paket yang sesuai.

Kunjungi website kami sekarang juga. Atau anda bisa juga mengunjungi media sosial kami di Instagram, Facebook, Twitter, Linkedin, Youtube. Customer Service kami siap menjawab pertanyaan anda mengenai cara meningkatkan penjualan dan membuatkan janji temu.

Terapkan Cara di Atas Bersama Kami!

Sterling Team (STEM) memiliki SDM dan sistem operasional yang unggul akan ERP. STEM merupakan konsultan TI dan ERP yang membantu perusahaan mendapatkan serta menciptakan nilai dengan berdasar pada Teknologi Informasi.

Fokus STEM saat ini pada industri ritel, distribusi dan manufaktur. Pengalaman telah mengasah kemampuan staf STEM, sehingga memiliki pemahaman mendalam pada berbagai bidang bisnis customer kami.

STEM telah mendapatkan berbagai penghargaan. Salah satunya SAP Indonesia partner of the year award 2020. Dengan kualifikasi staf STEM, anda akan mendapatkan investasi yang sesuai dan terbaik, sehingga bisnis anda bisa dijalankan dengan lebih baik dan efisien.

SAP Business One Indonesia