Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

Keuntungan Menggunakan Sistem ERP (bag 1)

SHARE ON

Dengan menggunakan sistem ERP yang berfungsi untuk menyatukan/mengintegrasikan proses bisnis dalam suatu perusahaan dan memiliki basis data yang sama (common), maka jelas penggunaan sistem ERP akan memberikan beberapa keuntungan secara umum.


1. Dengan satu basis data yang digunakan, maka setiap divisi atau departemen akan menggunakan informasi yang sama. Hal ini berarti meningkatkan efisiensi dibandingkan setiap divisi memiliki data sendiri-sendiri. Selain itu akurasi data juga dapat lebih terjaga dikarenakan data yang ada terpusat. contoh yang sering ditemui adalah, data stok barang jadi diolah dan dimiliki oleh bagian Sales, bagian Gudang  juga mengolah dan memiliki data tersebut dan tentunya bagian Accounting. Tanpa data yang terpusat maka akan ada 3 informasi mengenai data barang jadi dari setiap bagian dan tidak jarang data tersebut saling bertolak belakang (islands of information). Sehingga membutuhkan waktu untuk melakukan rekonsiliasi data sebelum dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.

2. Dengan satu sistem yang terintegrasi dalam suatu perusahaan, maka dapat tercipta sinkronisasi proses antar bagian/divisi, membantu melakukan standarisasi proses kerja, sehingga akan berakibat kepada meningkatkan kontrol.

secara detail ada 5 keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan sistem ERP.

1. Penghematan (Direct Saving Cost)

2. Peningkatan Kualitas Informasi (Information Quality)

3. Produktifitas Team (Team Productivity)

4. Management Performance

5. Sinkronisasi antara IT sistem dengan Strategi Perusahaan (IT and Business Strategic Alignment)

Masing-masing dari 5 keuntungan diatas akan kami bahas pada bagian tersendiri.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.