MRP, Material Requirement Planning: Membantu Tingkatkan Produktivitas Bisnis

Material Requirement Planning Membantu Tingkatkan Produktivitas Bisnis


Mengembangkan sebuah perusahaan mikro untuk meningkatkan produktivitas dapat dengan memanfaatkan MRP, Material Requirement Planning (Perencanaan Kebutuhan Inventoris). Pengembang dari sistem ini adalah Joseph Orlicky.

MRP, merupakan push system sebab penentuan kebutuhan inventaris ada di awal. Sistem inventory akan menentukan dalam berjalannya sebuah proses produksi. Dengan begitu, pengontrolan produksi menjadi lebih baik.

Mengenal Apa Itu MRP, Material Requirement Planning

Mengetahui jumlah bahan baku yang dibutuhkan dalam produksi barang.dapat memakai software atau aplikasi sistem MRP, Pengguna dari sistem ini adalah industri manufaktur.

Sistem Perencanaan Kebutuhan Inventoris / MRP memberikan solusi mengenai kebutuhan apa, kapan, dan jumlah barang. Sistem ini membutuhkan software manufaktur agar dapat melakukan proses produksi secara otomatis.

Salah satu developer yang mengenalkan merek dengan sistem MRP, yaitu IREAP POS untuk aplikasi kasir online dan offline. Lengkap dan mudah untuk memonitor banyak toko (multi outlet real-time online) dengan aplikasi kasir ini.

Perencanaan Kebutuhan Inventoris untuk pengusaha mikro dapat memudahkan dalam transaksi kasir, pergerakan barang, dan performa karyawan toko. Menggunakan metode MRP, sebuah perusahaan tidak akan mengalami kekurangan barang atau stok barang berlebihan.

Mengestimasi dalam mengolah bahan baku menjadi produk serta membuat jadwal pengiriman secara otomatis bisa dilakukan sistem ini. Melalui sistem MRP, ini bisa membuat pengusaha mikro dan kecil menjadi mudah dalam pengelolaan.

MRP, Material Requirement Planning dan Fungsinya

MRP, mempunyai kaitan erat dengan persediaan barang (inventory). Menggunakan sistem ini dapat melakukan pemesanan secara tepat, menentukan jumlah barang, dan waktu tepat untuk melaksanakan produksi atau pengiriman.

Prioritas penjadwalan berkaitan erat dengan Material Requirement Planning sebab sistem akan memesan barang ketika sedang dibutuhkan. Bisa juga untuk mencegah due date sehingga tidak meleset.

Sebuah produk berkaitan dengan sistem ini adalah aplikasi kasir IREAP POS bagi pengusaha yang ingin meningkatkan produktivitas. Produk ini juga dapat memajukan usaha, sehingga lebih maju.

Kapasitas pabrik (plan capacity) berkaitan erat dengan sistem MRP,. Dengan begitu, dapat membuat rencana pembebanan pekerjaan dengan lebih lengkap dan tepat.

Sistem Perencanaan Kebutuhan Inventoris pada sebuah perusahaan dapat digunakan untuk produk yang permintaannya bersifat dependen.

Rancangan mengenai permintaan dependen di perusahaan memproduksi suatu produk membutuhkan lebih satu item bahan baku. Agar berfungsi baik, maka satu item bahan baku bergantung juga dari item lainnya untuk saling melengkapi.

4 Tujuan Penerapan MRP, Material Requirement Planning

Memiliki tujuan dasar untuk keseimbangan kondisi perusahaan dalam hal permintaan (demand) bahan baku yang diterapkan MRP,. Dalam hal ini bahan baku untuk produksi dengan pasokan (supply) dari barang-barang itu.

Barang-barang tersebut dapat dalam daftar persediaan maupun pesanan. Pada suatu perusahaan (Makro dan Mikro) tujuan penerapan Perencanaan Kebutuhan Inventoris sebagai berikut:

1. Pengurangan Jumlah Persediaan Berlebihan

Sebuah perusahaan, baik makro maupun kecil akan mampu menentukan berapa banyak komponen yang dibutuhkan memakai sistem ini. Penghitungan menggunakan aplikasi ini menjadi lebih relevan.

Perusahaan dapat menghitung bahan baku untuk memenuhi jadwal produksi, sehingga kelebihan persediaan dapat terhindari. Perangkat software yang digunakan sangat berguna untuk hal ini.

2. Waktu Tenggang Bisa Berkurang

Perencanaan Kebutuhan Inventoris dapat mengurangi waktu tenggang (Iead time) maupun waktu tunggu saat produksi dan pengiriman ke pelanggan/konsumen. Menggunakan aplikasi kasir IREAP POS melakukan identifikasi jadi mudah.

Pengadaan material atau bahan akan diidentifikasi oleh perusahaan. Hal itu diperlukan untuk memenuhi tanggal jatuh tempo pengerjaan pesanan konsumen. Metode ini akan menghindari keterlambatan produksi.

3. Komitmen Pengiriman Kepada Pelanggan yang Realistis

Memakai MRP, maka bagian marketing bisa memberikan informasi mengenai kapan waktu pemasaran tepat. Dengan begitu, pengiriman produk kepada pelanggan lebih memiliki potensial untuk terjual.

Hal tersebut diambil perusahaan untuk berkomitmen kepada pelanggan dengan menggunakan Perencanaan Kebutuhan Inventoris menghasilkan keluaran yang terhubung ke siklus.

Aplikasi kasir produk IREAP POS dapat membantu melakukan pekerjaan ini dengan mudah dan lebih baik. Produk kasir ini multiguna untuk mengetahui berbagai hal dari perusahaan, toko, cafe, minimarket, warung makan (restoran), dan lainnya.

4. Meningkatkan Sistem Operasi Lebih Efisien

Alur produksi sebuah perusahaan tidak terganggu karena adanya metode MRP, yang dapat mengendalikan aliran bahan. Adanya produk kasir dari IREAP POS (Point of Sale) Pro sebagai aplikasi kasir online dan offline yang lengkap dan mudah.

Kalkulator Perencanaan Kebutuhan Inventoris (MRP Calculator) untuk memonitor banyak toko atau multi outlet real-time online menggantikan mesin kasir lama. Juga memudahkan untuk transaksi kasir, pergerakan barang, dan performa karyawan toko.

Sistem kasir toko POS (point of sale) untuk TOKO GRATIS, yaitu IREAP LITE POS (point of sale) tanpa batasan data dan transaksi serta TANPA IKLAN. Berjalan OFFLINE tanpa membutuhkan internet, kecuali jika backup data.

Pada produk ini untuk IREAP LITE lebih cocok untuk pengusaha mikro, dan IREAP Pro untuk pengusaha kecil. Penerapan untuk IREAP LITE POS adalah Klinik, bengkel, warung kopi, restoran, servis mobil, barbershop,mini market, dan lainnya.

Sistem Material Requirement Planning di aplikasi kasir IREAP POS untuk toko baju, toko kelontong, cafe, spa, dan salon. Kemudian, jasa servis mobil, mini market, warung makan, restoran, toko sepatu, dan lainnya.

Kelebihan dari aplikasi kasir IREAP LITE POS adalah untuk membantu pengusaha Mikro memakai sistem kasir tanpa batasan apapun dan gratis. Produk ini tentu akan memudahkan pengusaha mikro dalam meningkatkan bisnis.

Aplikasi kasir IREAP Pro sebagai MRP, Material Requirement Planning journal bagi pengusaha kecil menengah, support untuk monitor di banyak toko dengan gampang melalui cloud. Harga cukup terjangkau, yaitu 500 ribu per tahun per perangkat.

Pengusaha mikro dan kecil menengah yang akan menggunakan produk aplikasi kasir ini untuk lebih mantap dan jelas bisa datang ke situs utama kami. Di situs tersebut ada banyak informasi mengenai MRP.

Manfaat Perencanaan Kebutuhan Inventoris (MRP) Perusahaan

Menggunakan aplikasi atau software dalam usaha lebih maju dan meningkat melalui MRP, tentu akan mempunyai dampak bagi pengusaha. Berikut ini manfaat menggunakan sistem MRP, yang perlu diketahui:

  1. onsumen merasa puas sebab adanya peningkatan pelayanan dari pengusaha
  2. Pemanfaatan fasilitas dan tenaga kerja lebih meningkat
  3. Pembelian bahan atau material lebih baik baik dengan pembuatan perencanaan dan penjadwalan
  4. Pengusaha (mikro dan kecil) akan lebih tanggap jika terjadi perubahan dan pergeseran pasar
  5. Pelayanan kepada pelanggan tetap terjaga walaupun tingkat persediaan material menurun

Cara Kerja MRP, Material Requirement Planning

Sistem MRP, akan mengambil informasi dari Bill of Materials, seperti semua daftar bahan baku yang dipakai perusahaan (mikro dan kecil). Lalu, subassemblies, serta komponen lainnya yang dibutuhkan untuk produksi barang dan jumlahnya.

MRP, memanfaatkan juga data inventori dan jadwal produksi utama berguna untuk menghitung jumlah bahan baku yang dibutuhkan. Kapan bahan baku diperlukan lagi ketika proses produksi berjalan.

Sistem Perencanaan Kebutuhan Inventoris mengalami perkembangan hingga kini sudah dapat diintegrasikan dengan marketing, keuangan, dan human resources dalam pembuatan rencana produksi.

Meningkatkan produktivitas bagi pengusaha mikro dan kecil menengah bisa menggunakan MRP, Material Requirement Planning dari produk merek IREAP POS. Pastikan untuk membeli melalui situs www.ireappos.com.