Pengertian Analisis Rasio Keuangan, Jenis dan Beberapa Fungsinya

Pengertian Analisis Rasio Keuangan, Jenis dan Beberapa Fungsinya


Analisis rasio keuangan adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh sebuah perusahaan. Sebab segala jenis keputusan sebaiknya harus diputuskan sesuai dengan rasio keuangan tersebut.

Dengan tujuan agar keputusan yang telah diambil tidak menimbulkan kesalahpahaman dan kesalahan memilih keputusan. Oleh sebab itu, segala keputusan yang akan diambil perusahaan harus melalui pertimbangan keuangan.

Dengan tujuan agar manajemen keuangan dapat memberikan prediksi perkembangan di masa yang akan datang. Lalu apa sebenarnya pengertian rasio keuangan menurut para ahli itu? Dan apa saja jenisnya?

Rasio Keuangan Perusahaan : Pengertian, Fungsi, dan Jenis

Sebelum membahas tentang jenis analisis rasio dalam keuangan perusahaan, sebaiknya pahami terlebih dahulu definisi yang terkandung didalamnya. Sebab tanpa mengetahui pengertian yang benar maka Anda akan kesulitan memahami fungsinya.

1. Apa itu Rasio Keuangan?

Analisis rasio keuangan adalah sebuah metode analisis yang dipakai sebagai indikator pertumbuhan perusahaan dengan melihat laporan keuangan selama masa akuntansi.

Dengan begitu kinerja perusahaan akan terlihat apakah sudah maksimal atau malah sebaliknya. Biasanya rasio dalam keuangan perusahaan digunakan untuk mempertimbangkan segala kebijakan dan keputusan agar dapat membantu menjaga dan menyelamatkan aset.

Baca juga: Pengertian Laporan Keuangan, Beserta Jenis dan Manfaatnya

Tentu saja tujuan analisis rasio keuangan agar perusahaan tidak salah mengambil keputusan yang hanya akan merugikan. Hingga akhirnya mengakibatkan sebuah jalan kebangkrutan yang tidak dapat terelakkan.

2. Fungsi Rasio Keuangan Perusahaan

Fungsi dari rasio keuangan perusahaan memiliki sifat yang cukup vital untuk. Oleh karena itu, sangat penting untuk diperhatikan, apalagi mempelajari data laporan keuangan yang sangat penting.

Berikut adalah beberapa fungsi yang diberikan oleh adanya rasio untuk perusahaan:

  • Mengecek Optimalisasi Keuangan

    Dengan adanya rasio, segala jenis laporan keuangan akan terbaca dengan baik. Apakah sudah sangat optimal atau malah keuangan tersebut sia-sia.

    Dengan begitu, kebijakan yang merugikan akan dipertimbangkan kembali prosedurnya. Bahkan dengan adanya analisis rasio keuangan segala bentuk kecurangan laporan keuangan akan tampak jelas.

  • Memperhatikan Efektivitas Manajemen Operasional
    Dengan adanya rasio, dapat melihat pembiayaan yang diterima oleh manajemen operasional apakah sudah efektif atau belum. Jadi akan dengan mudah menilai kinerja yang dilakukan oleh pihak operasional.
  • Memperhatikan Penggunaan Aktiva
    Mengevaluasi penggunaan aktiva juga penting untuk diperhatikan. Sebab jumlah aktiva perusahaan akan memberikan pengaruh terhadap segala bentuk kebijakan yang akan diambil oleh perusahaan.

    Dengan kata lain, kebijakan yang akan diputuskan akan gagal jika aktiva perusahaan tidak optimal penggunaannya.

  • Melihat Kesehatan Keuangan
    Memperhatikan perkembangan perusahaan dapat dilihat dari kesehatan keuangannya. Hal ini membutuhkan rasio keuangan sebagai pembaca analisa usia perusahaan.

    Apakah perusahaan dapat bertahan atau malah akan mencapai keadaan gulung tikar. Semua pilihan tersebut sangat dipengaruhi sesuai dengan kesehatan keuangannya.

  • Menganalisa Jalan Perkembangan Perusahaan
    Untuk perjalanan perusahaan dibutuhkan pengembangan bisnis, misalnya dengan mengembangkan wilayah pemasaran, pembukaan cabang hingga pembuatan produk baru.

    Untuk bisa mencapai hal tersebut, dibutuhkan analisis rasio keuangan perusahaan agar dapat berjalan lancar. Sehingga dapat menghindari pemilihan keputusan yang tidak tepat.

Setelah mengetahui arti dan juga fungsi dari sebuah rasio perusahaan. Saatnya kini Anda mengetahui jenis-jenisnya pada pembahasan berikut.

Baca juga: Cara Menyusun Laporan Laba Rugi Sederhana

3. Jenis Rasio Keuangan Perusahaan

Sesuai dengan fungsinya sebagai analisis keuangan, jenis rasio perusahaan pun meliputi beberapa aspek. Berikut adalah macam-macam rasio keuangan yang harus Anda ketahui:

  • Rasio Laba
    Pada bagian ini Anda dapat melihat besaran laba yang tree lah dihasilkan oleh perusahaan. Sehingga seluruh aktivitas bisnis akan terlihat perkembangan dan optimalisasinya melalui rasio laba.
  • Rasio Hutang Jangka Pendek
    Fungsi rasio ini digunakan untuk menganalisis kemampuan perusahaan untuk melunasi hutang jangka pendek yang dimilikinya. Apabila rasio menunjukan hutang yang cukup besar, maka nilai keuangan perusahaan tersebut tidak sehat.

    Apabila rasio hutang tampak sangat besar, maka kebangkrutan perusahaan sudah dapat dipastikan waktunya. Oleh karena itu, perhitungan rasio hutang jangka pendek harus diperhatikan secara berkala.

  • Rasio Hutang
    Fungsi dari jenis rasio ini akan memberikan analisis kemampuan perusahaan untuk membayar semua hutangnya. Baik hutang jangka pendek maupun jangka panjang.

    Apabila rasio yang dimilikinya cukup baik, maka para investor akan merasa aman menanamkan modalnya di perusahaan tersebut. Sebab investor merasa bahwa modal yang ditanamkan terjamin keamanannya.

  • Rasio Aktivitas
    Fungsi dari rasio ini adalah memperhatikan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba. Caranya adalah dengan memperhatikan aktiva perusahaan dalam proses produksi yang dilakukannya.

    Dengan menggunakan analisis rasio ini, dapat dengan mudah mengetahui aktiva perusahaan apakah sudah efektif atau tidak.

Baca juga: Cara Membuat Buku Besar Dengan Mudah dan Cepat

Itulah 4 jenis rasio keuangan dalam sebuah perusahaan. Setelah membaca penjelasan diatas kini Anda memahami betapa penting adanya rasio dalam sebuah perusahaan. Untuk itu diperlukan rumus rasio keuangan untuk menghitungnya.

4 Rumus Cara Menghitung Rasio Keuangan

Setelah materi di atas, selanjutnya Anda harus mengetahui cara atau rumus yang dapat digunakan untuk menghasilkan rasio dalam keuangan perusahaan. Berikut adalah rumus yang digunakan untuk menentukan besaran rasio sesuai jenisnya:

1. Rasio Laba

  • Menghitung Persentase Pendekatan Laba Kotor
    Rumus ini digunakan untuk menghitung jumlah rasio laba kotor. Apakah besarannya cukup tinggi atau rendah. Sebab kesehatan keuangan perusahaan tampak ketika rasio laba kotor memiliki jumlah yang tinggi.

    Rumusnya adalah Laba kotor / penjualan

  • Menghitung Rasio Laba dengan Menggunakan Pendekatan Laba Operasional
    Rumus ini dapat digunakan untuk mengetahui besarnya perbandingan laba operasional perusahaan. Dengan melakukan hal ini, efektivitas penjualan terhadap laba penjualan akan terlihat jelas.
  • Menghitung Rasio Laba dengan Menggunakan Pendekatan Laba Bersih
    Cara perhitungan ini sangat sederhana, yaitu dengan menggunakan rumus laba bersih dibagi dengan penjualan.
  • Menghitung Rasio Laba dengan Menggunakan ROA (Return on Asset)
    Rumus yang digunakan untuk mengetahui laba bersih menggunakan ROA adalah dengan membagi laba bersih terhadap total aset.
  • Menghitung Rasio Laba dengan Menggunakan ROI (Return on Investment)
    Rumus yang digunakan untuk mengetahui laba bersih menggunakan ROA adalah dengan membagi laba bersih terhadap nilai investasi.

2. Rasio Hutang Jangka Pendek

  • Menghitung Rasio Cepat
    Rumus ini digunakan untuk dapat mengetahui kemampuan perusahaan dalam melunasi total kewajibannya. Rumusnya adalah aktiva lancar dikurangi persediaan dibagi hutang lancar x 100 %.
  • Menghitung Rasio Lancar
    Rumus ini digunakan untuk mengetahui analisis kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban lancar yang dimilikinya. Rumusnya yaitu Aktiva lancar dibagi hutang lancar
  • Menghitung Rasio Kas
    Rumus ini digunakan untuk mengetahui perbandingan antara kas dan aktiva lancar. Rumusnya adalah kas + aktiva setara kas / hutang lancar x 100 %

3. Rasio Hutang

  • Menghitung Rasio Hutang Melalui Pendekatan Aktiva
    Rumus ini digunakan untuk mengetahui analisa dana. Semakin kecil hasil persentase yang dimiliki, semakin besar nilai keuangan perusahaan. Rumusnya adalah Total hutang dibagi total aktiva x 100 %
  • Menghitung Rasio Hutang Melalui Pendekatan Modal
    Rumus ini digunakan untuk mengetahui jumlah hutang terhadap perbandingan modal. Semakin kecil hasil persentase yang dimiliki, semakin besar nilai keuangan perusahaan. Rumusnya adalah besaran hutang < dari nilai modal

4. Rasio Aktivitas

  • Menghitung Rasio Aktivitas Melalui Perputaran Piutang
    Rumus yang dapat digunakan untuk menghitung rasio aktivitas melalui perputaran piutang adalah total Piutang dibagi rata-rata piutang
  • Menghitung Rasio Aktivitas Melalui Perputaran Aktiva Tetap
    Rumus yang dapat digunakan untuk menghitung rasio aktivitas melalui perputaran aktiva tetap adalah penjualan dibagi aktiva tetap
  • Menghitung Rasio Aktivitas Melalui Metode Persediaan
    Rumus yang dapat digunakan untuk menghitung rasio aktivitas melalui metode persediaan adalah harga pokok penjualan dibagi persediaan
  • Menghitung Rasio Aktivitas Melalui Perputaran Total Aktiva
    Rumus yang dapat digunakan untuk menghitung rasio aktivitas melalui perputaran total aktiva adalah penjualan dibagi total aktiva.

Gunakan SAP Business One Mulai Sekarang!

Itulah tadi pembahasan mengenai pengertian, fungi dan jenis rasio keuangan perusahaan. Jika Anda membutuhkan program terbaik untuk melakukan perhitungan rasio keuangan, gunakan saja SAP Business One dari PT. Sterling Tulus Cemerlang. Kunjungi website berikut untuk mendapatkan informasi lengkapnya!

SAP Business One Indonesia