Apa itu Aplikasi Kasir atau Point of Sale?

apa itu aplikasi kasir atau point of sale


Aplikasi kasir atau point of sales ialah software yang dipakai oleh kios/warung untuk membantu transaksi layaknya mesin kasir pada kios/warung ritel tetapi kegunaannya lebih canggih di banding mesin kasir.

Aplikasi kasir Point of Sales dipakai untuk mencatat penjualan, mencatat order barang, membantu menghitung keuntungan per barang yang terjual, pembelian barang, perhitungan stok, pencatatan biaya hingga menghitung profit bersih.

Dengan memakai aplikasi kasir, anda sebagai pemilik kios/warung bisa memonitor dan mengelola dengan lebih gampang, cepat, dan tanpa mesti senantiasa berada di kios/warung.

Sekarang ini banyak sekali alternatif aplikasi kasir POS untuk anda yang melakukan usaha ritel. Mulai dari Aplikasi Point of Sale yang offline, atau aplikasi kasir online, atau dapat disesuaikan dengan usaha anda.

Baca juga: Pilih Aplikasi Kasir Online vs Offline? Mana yang Cocok untuk Saya?

Dengan kian berkembangnya teknologi mobile, sekarang ini sudah tersedia pelbagai alternatif untuk memakai aplikasi kasir dengan perangkat android atau ios. Hal ini memberi kemudahan untuk kios yang mempunyai keterbatasan ruang.

btn-download-ireappro-id

Apa Fungsi dari Aplikasi Kasir?

Secara lazim aplikasi kasir yang ada sekarang ini mempunyai fungsi-fungsi berikut:

  1. Pencatatan transaksi penjualan dan retur penjualan kios, dan mencetak struk / faktur penjualan.
  2. Pencatatan transaksi barang masuk dan keluar, seperti penerimaan dari supplier, pengeluaran barang sebab barang hilang atau rusak.
  3. Pencatatan biaya lain yang terjadi di kios, seperti biaya karyawan, listrik, telepon.
  4. Pencatatan transaksi pelanggan yang rutin berbelanja, sehingga bisa mengkaji kebiasaan berbelanja dan promosi yang perlu dijalankan.
  5. Pencatatan kinerja dari regu sales menurut data penjualan.

Kesanggupan untuk melakukan transaksi aplikasi kasir penjualan secara Offline, terutamanya untuk aplikasi kasir yang berbasis Cloud (Online), wajib menjadi perhatian bahwa aplikasi POS yang demikian seharusnya dapat konsisten berjalan dalam keadaan Offline. Hal ini supaya tak mengganggu input transaksi dikala koneksi online terganggu.

Laporan-laporan otomatis secara langsung bisa tersedia untuk menolong aktifitas kios Mulai dari laporan penjualan, stok barang, profit kotor perbarang, hingga untung atau rugi bersih kios.

Baca juga: Rekomendasi 13 Aplikasi Kasir Android Gratis

Apa Manfaat memakai Aplikasi Kasir?

  1. Aplikasi Kasir POS memudahkan dan mempercepat pencatatan transaksi penjualan, dan pergerakan stok kios.
  2. Meningkatkan pengawasan aktifitas kios dengan aplikasi kasir point of sale.
    • Membakukan kode broduk/barang untuk Penjualan, Pengembalian, dan penerimaan dari vendor.
    • Harga Penjualan Otomatis / harga terstandarisasi.
    • Rekonsiliasi otomatis dari transaksi penjualan dengan sisa stok
    • Rekonsiliasi penerimaan pembayaran yang lebih gampang dan cepat menurut ragam pembayaran.
    • Mengurangi kekeliruan pencatatan atau operasional kios.
  3. Pelayanan Pelanggan
    • Minimalkan penipuan dan tingkatkan kepercayaan diri pelanggan.
    • Merekam riwayat transaksi pelanggan tertentu untuk program loyalitas masa depan seperti THR pada hari raya lebaran terhadap pelanggan tertentu.

Laporan-laporan online yang dibuat dari aplikasi kasir POS bisa langsung dikaji untuk keputusan ideal saat penjualan, menetapkan harga jual, dan analisis stok barang.

Dengan bantuan aplikasi kasir pos, analisis yang bagus akan meningkatkan penjualan, dan melaksanakan efisiensi stok barang, meningkatkan stok barang yang laku dan mengurangi stok barang terutamanya yang bergerak lambat (kurang laku).

banner-aplikasi-kasir-ireap-id