Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

Apa itu Aplikasi Kasir atau Point of Sale?

SHARE ON


Sistem Point of Sale (POS) bisa disebut aplikasi kasir modern yaitu software yang digunakan oleh toko untuk membantu transaksi layaknya mesin kasir pada toko ritel namun kegunaannya lebih canggih di banding mesin kasir, POS digunakan untuk mencatat penjualan, mencatat order barang, membantu menghitung profit per barang yang terjual, pembelian barang, perhitungan stok, pencatatan biaya-biaya sampai menghitung keuntungan bersih toko.

Dengan menggunakan aplikasi kasir, anda sebagai pemilik toko dapat memonitor dan mengelola toko dengan lebih mudah, cepat, dan tanpa harus selalu berada di toko.

Saat ini banyak sekali pilihan sistem kasir POS untuk anda yang menjalankan usaha ritel atau toko. Mulai dari sistem Point of Sale yang offline, aplikasi kasir online, bisa disesuaikan dengan usaha anda / customize, atau sudah tersedia di cloud.

Baca juga: Pilih Aplikasi Kasir Online vs Offline? Mana yang Cocok untuk Saya?

Dengan semakin berkembangnya teknologi mobile, maka saat ini juga tersedia beragam pilihan untuk menggunakan sistem kasir dengan perangkat android atau ios. Hal ini menambah mudah untuk toko-toko yang memiliki keterbatasan ruang, seperti halnya kios.

Baca juga: Rekomendasi 13 Aplikasi Kasir Android Gratis

btn-download-ireappro-id

Apa Fungsi dari Aplikasi Kasir?

Secara umum aplikasi kasir yang ada saat ini memiliki fungsi-fungsi berikut

  1. Pencatatan transaksi Penjualan dan retur penjualan toko, dan mencetak struk / faktur penjualan.
  2. Pencatatan transaksi barang masuk dan keluar toko, seperti penerimaan dari supplier, pengeluaran barang karena barang hilang atau rusak.
  3. Pencatatan biaya-biaya lain yang terjadi di toko, seperti biaya karyawan, biaya listrik, biaya telefon.
  4. Pencatatan transaksi pelanggan yang rutin berbelanja, sehingga dapat menganalisa kebiasaan berbelanja dan promosi yang perlu dilakukan
  5. Pencatatan performa dari tim sales toko, berdasarkan data penjualan.
  6. Kemampuan untuk menjalankan transaksi kasir penjualan secara Offline, khususnya untuk sistem kasir yang berbasis Cloud (Online), harus menjadi perhatian bahwa aplikasi POS tersebut harus bisa tetap berjalan dalam kondisi Offline. Hal ini agar tidak mengganggu input transaksi pada saat koneksi internet terganggu.
  7. Laporan-laporan otomatis secara langsung dapat tersedia untuk membantu Analisa aktifitas toko. Mulai dari laporan penjualan, stok barang, keuntungan kotor perbarang, biaya-biaya toko, sampai untung atau rugi bersih toko.

banner-aplikasi-kasir-ireap-id

Apa Manfaat menggunakan Aplikasi Kasir?

  1. Aplikasi POS Mempermudah dan mempercepat pencatatan transaksi penjualan, dan pergerakan stok toko.
  2. Meningkatkan pengawasan aktifitas toko dengan sistem point of sale
    • Membakukan kode broduk/barang untuk Penjualan, Pengembalian, dan penerimaan dari vendor
    • Harga Penjualan Otomatis / harga terstandarisasi
    • Rekonsiliasi otomatis dari transaksi penjualan dengan sisa stok
    • Rekonsiliasi penerimaan pembayaran yang lebih mudah dan cepat berdasarkan tipe pembayaran.
    • Mengurangi kesalahan pencatatan atau operasional toko.
  3. Pelayanan Pelanggan
    • Minimalkan penipuan dan tingkatkan kepercayaan diri pelanggan.
    • Merekam riwayat transaksi pelanggan tertentu untuk program loyalitas masa depan seperti THR pada hari raya lebaran kepada pelanggan tertentu.
  4. Laporan-laporan online yang dihasilkan dari aplikasi POS dapat dengan segera dianalisa untuk keputusan tepat waktu untuk penjualan, menentukan harga jual, dan analisa stok barang.
  5. Dengan bantuan aplikasi kasir pos analisa yang baik maka akan meningkatkan penjualan, dan melakukan efisiensi stok barang, meningkatkan stok barang yang laku dan mengurangi stok barang khususnya yang bergerak lambat (kurang laku).

banner-aplikasi-kasir-ireap-id

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.