Training Implementasi ERP – Kunci Kelima

TRAINING – 8 Kunci Sukses Implementasi Sistem ERP

Setelah konfigurasi / setup sistem sesuai dengan blueprint selesai dilakukan dan testing dilakukan oleh konsultan dengan menggunakan data-data yang telah disiapkan oleh calon pengguna, maka langkah selanjutnya yang harus diperhatikan dan dilakukan agar kita dapat sukses melakukan implementasi sistem ERP adalah melakukan training kepada tim proyek.

Tips Penting untuk menyelesaikan tahap: Development / konfigurasi sistem sebelum melakukan training kepada tim proyek, Persiapan Data oleh user untuk kebutuhan testing

Berdasarkan pengalaman kami dalam implementasi SAP Business One mulai dari perusahaan besar yang memiliki beberapa anak perusahaan dengan total jumlah user yang mencapai ratusan, sampai dengan perusahaan kecil yang hanya memiliki 3 user sekalipun, tanpa sistem dan data testing yang siap, maka tidak baik melakukan training, mengingat apabila masih banyak kendala pada saat testing, user akan merasa tidak bersemangat, atau bisa juga tidak bisa membayangkan kasus sebenarnya karena data yang digunakan bukan data dari mereka.

Tujuan dari team member training ini adalah:

  1. Menjelaskan proses yang disepakati pada saat rancang bangun blueprint dan bagaimana caranya bekerja dengan sistem yang baru.
  2. Melakukan sosialisasi mengenai penggunaan sistem baru, agar team member dapat melakukan testing, khususnya sesuai dengan scenario bisnis yang ada.

Itu sebabnya sangat penting untuk melakukan training dengan menggunakan data-data yang yang memang merupakan data yang telah dimiliki oleh perusahaan selama ini.

7 point kunci lainnya yang berpengaruh pada kesuksesan implementasi ERP System:

  1. Dukungan dari manajemen eksekutif / Top Management
  2. Jebakan harapan / Ekspektasi
  3. Cetak biru bisnis proses / Business Process Blueprint
  4. Manajemen persiapan data
  5. Testing, testing dan testing
  6. Apakah semua calon pengguna (user) sudah siap?
  7. Cut off strategy – Paralel Run Vs Cut off

SAP Business One Indonesia