Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

SAP Business One Solusi Untuk Perusahaan Retail

SHARE ON


Perusahaan retail merupakan sebuah perusahaan yang memerlukan kecermatan cukup tinggi. Untuk proses eksekusi perusahaan retail memang cukup sulit untuk dilakukan karena jumlah transaksi yang dilakukan cukup banyak tentunya jumlah data yang dikelola juga memiliki traffic cukup tinggi.

Bisnis Retail

Bisnis retail dikenal juga sebagai pengecer, misalnya ada sebuah perusahaan yang memproduksi mie instan dalam skala besar tentu saja sebagai masyarakat tidak mungkin untuk membeli mie instan dalam partai besar untuk itu umumnya akan ada sebuah perusahaan yang menjual kembali dalam jumlah lebih kecil.

Hal yang baru saja diungkapkan merupakan perusahaan retail dalam satu produk. Jika kita berbicara tentang perusahaan retail yang cukup besar, anda akan menemukan toko – toko di pusat perbelanjaan yang sebenarnya merupakan perusahaan retail.

Pengelolaan perusahaan retail sangat tergantung pada proses manajemen, salah satunya pengelolaan terkait akuntansinya. Perusahaan retail memang tersebar cukup banyak untuk itu memerlukan pengelolaan yang lebih mendetail serta pengawasan ekstra. Dalam mengelola akuntansi sebuah perusahaan retail sebenarnya ada berbagai cara misalnya penggunaan software yang mampu mengelola administrasi seperti absen, gaji hingga transaksi yang terjadi di dalam perusahaan.

Cara Mudah Mengatur Perusahaan

Pengelolaan Bisnis Retail

Salah satu software yang dapat digunakan adalah SAP untuk perusahaan retail. SAP Business One merupakan salah satu software yang memproduksi ERP. ERP merupakan Enterprise Resource Planning yang lebih menekankan pada aspek perencanaan sebuah perusahaan. Umumnya konsep ini merupakan konsep yang digunakan untuk mengelola suatu perusahaan. Misalnya proses mengintegrasikan rencana perusahaan agar dapat menjalankan fungsi manajerial dengan baik. Tujuan dari ERP sendiri membuat pekerjaan menjadi lebih efisien serta memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen.

Penerapan ERP yang baik bagi sebuah perusahaan memegang peranan vital, karena perusahaan mampu memiliki database yang cukup baik dan terstruktur. Misalnya pada bagian pemasaran akan memiliki data terkait pasokan penjualan, pembelian serta distribusi. Sistem yang dibuat terpisah antara masing – masing bagian dalam perusahaan dapat berguna untuk menghindari ketidaksesuaian dari data atau sering kali disebut “kecolongan data”.

SAP untuk Perusahaan Retail

Solusi yang tepat untuk perusahaan retail adalah menerapkan SAP untuk perusahaan retail. SAP merupakan contoh ERP yang sudah cukup dikenal oleh berbagai perusahaan karena sistem yang dibuatnya guna memudahkan proses integrasi dari setiap kegiatan operasional dari sebuah perusahaan. SAP untuk perusahaan retail memiliki berbagai kelebihan diantaranya proses analisisnya yang mudah serta dapat digunakan untuk mencari solusi dari setiap permasalahan dalam proses manajerial dan operasional sebuah perusahaan.

Modul yang dimiliki SAP untuk perusahaan retail terdiri atas beberapa bagian seperti iREAP untuk SAP Business One yang dapat digunakan pada perusahaan retail industri, iREAP POS yang dapat digunakan untuk memudahkan sistem kasir agar sistem kasir langsung terintegrasi dengan SAP Business One.

Umumnya sistem kasir sering dipakai untuk perusahaan yang dikelola oleh toko tersebut sendiri. Untuk perusahaan retail yang cukup besar, anda bisa menggunakan iREAP CLS yakni aplikasi smart mobile yang dapat memberikan kemudahan untuk anda saat berbelanja, sehingga para konsumen dapat berbelanja hanya dengan menggunakan ponselnya saja. Selain iREAP POS untuk kasir, anda juga diberikan modul iREAP POS Web yang dapat difungsikan untuk sistem kasir yang difungsikan sebagaimana konter.

Perusahaan retail kelas kecil pun bisa menggunakan SAP Business one. Karena SAP untuk perusahaan retail kecil memberikan berbagai fungsi utama untuk retail seperti manajemen data untuk perusahaan retail, penyusunan merchandise, fitur promosi, penjualan dan pembelian konsinyasi serta penghubung poin penjualan ke SAP. Serta memudahkan anda untuk melakukan transaksi retail antar perusahaan.

Salah satu pengembang resmi SAP yakni sterling-team bahkan sudah memiliki klien yang cukup dikenal publik seperti Planet Surf, Caplang, Matapel chemicals, EON chemical solution, Toserba Yogya, Cotton ink, Sorella dan berbagai perusahaan retail besar indonesia. Apalagi sterling-team sudah berkali-kali mendapatkan penghargaan sebagai partner terbaik dari SAP business one. SAP untuk perusahaan retail merupakan solusi yang tepat atas transparansi data serta integrasi sistem sehingga anda tidak perlu lagi bingung atas permasalahan manajerial perusahaan.

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.