Phone

+62-877-8655-5055

+62 (21) 580-6055


Email


sales-enquiry@sterling-team.com

Skip to content

SAP adalah singkatan dari ?

SHARE ON


Apakah Anda pernah mendengar SAP? SAP adalah singkatan dari System Application and Processing. Jika Anda mendengar kata SAP, pasti Ada akan langsung berpikir mengenai ERP atau Enterprise Resource Planning.

Pada dasarnya, ERP merupakan sebuah sistem yang dibentuk dengan tujuan untuk melakukan dukungan operasional pada sebuah bisnis perusahaan. Sehingga suatu perusahaan dapat bekerja secara efektif dan mencapai tujuan dari perusahaan tersebut.

Baca juga: Apakah kita perlu sistem ERP?

Apa Sebenarnya Hubungan SAP dengan ERP?

Mungkin Anda bertanya-tanya apa sebenarnya hubungan antara SAP dan ERP. Pada dasarnya, sistem ERP telah ada sebelum adanya sistem SAP. Namun, sebagian besar perusahaan lebih dari 50% menggunakan SAP sebagai salah satu sistem ERP.

Hal ini dapat dilihat dari perkembangan perusahaan yang ada di dunia, khususnya di negara Asia yang melakukan aksi untuk melakukan implementasi SAP pada sebuah bisnis. Ketika perusahaan beralih menggunakan SAP, maka hal ini mampu meningkatkan keperluan mereka dan peluang untuk meningkatkan daya profesional di sebuah perusahaan.

Perkembangan SAP yang Ada di Indonesia

Setelah Anda memahami tentang apa itu SAP, maka selanjutnya pastikan untuk memahami perkembangan SAP. Hampir sebagian besar perusahaan yang ada di Indonesia menggunakan sistem SAP. Misalnya, terdapat beberapa jenis perusahaan seperti Astra International, Toyota, Bentoel Prima, Aqua, Telkomsel, dan beberapa perusahaan besar lainnya yang ada di Indonesia.

Pasalnya, perusahaan tersebut memahami bahwa SAP atau System Application and Processing merupakan sebuah sistem yang cukup penting dan memegang peranan yang signifikan. Di Indonesia sendiri, SAP sudah dikenal sejak 1996. Yang mana, perusahaan pertama yang menggunakan SAP adalah Astra International. Seiring dengan perkembangan zaman, SAP ini memiliki kemajuan yang signifikan dan luas.
Cara Mudah Mengatur Perusahaan

Apa Saja Dampak atau Implikasi yang Dihasilkan oleh SAP?

Sebagian besar Anda pasti merasa penasaran mengenai dampak apa saja yang dihasilkan oleh SAP. Pada dasarnya, ketika sebuah perusahaan melakukan implementasi terhadap SAP, maka hal ini akan mengakibatkan beberapa hal. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Melakukan Update Data
    Ketika SAP melakukan perubahan yang ada pada suatu modul, maka hal ini mengakibatkan secara otomatis modul akan melakukan update. Namun, update ini dapat dilakukan ketika informasi yang ada memiliki perubahan data sebelumnya.Modul tidak akan melakukan update, jika data yang ada tidak mengalami suatu perubahan. Yang mana, data akan mengalami update secara otomatis ketika pengguna melakukan input data yang berlokasi di sistem. Sehingga, istilah ini sering kali dikenal sebagai real-time processing.
  2. Mendapatkan Integrasi Sistem
    Dampak yang dihasilkan oleh SAP adalah mampu mendapatkan sistem yang terintegrasi. SAP singkatan dari System Application and Processing. Jika Anda menginginkan agar sistem Anda mendapatkan integrasi, maka pastikan bahwa keseluruhan perusahaan memiliki serta menggunakan satu sumber dengan sumber lainnya. Baik, data tersebut dapat berisi tentang pelanggan, data produk, vendor, dan beberapa data lainnya.
  3. Memperoleh Data Transparansi
    Jika Anda menggunakan sistem ini, maka Anda akan memperoleh keuntungan berupa data transparan yang ada pada sistem. Tentunya, data ini akan membantu Anda dalam mendapatkan setiap informasi yang Anda perlukan dan paling menarik. Di sisi lain, Anda juga dapat dengan mudah melakukan input data tersebut secara cepat dan efektif.

Pada dasarnya, ketika Anda memutuskan untuk memilih SAP, maka Anda akan menemukan berbagai modul. Modul ini nantinya akan memberikan manfaat tersendiri bagi Anda, khususnya jika Anda memiliki sebuah perusahaan. Banyaknya modul yang dimiliki oleh SAP ini secara tidak langsung akan membantu dalam menciptakan peluang pada sebuah perusahaan.

Baca juga: SAP Business One Hana on Cloud Guna Membantu Pengusaha Kecil Indonesia

Namun, satu orang SAP hanya mampu menguasai 1 hingga 2 bidang yang berkaitan dengan SAP. Misalnya, ketika Anda menemukan orang finance, maka Anda akan mendapatkan orang tersebut yang hanya dapat melakukan fokus di 1 atau 2 modul. Jarang sekali Anda akan menemukan orang yang menguasai lebih dari 2 modul.

SAP menjadi sebuah sistem yang penting bagi Anda. SAP singkatan dari System Application and Processing menjadi bagian yang tidak boleh dilupakan oleh setiap perusahaan, khususnya perusahaan besar. Sehingga, perusahaan tersebut akan mendapatkan keuntungan yang tinggi.

Comments are closed.

copyright © 2015 Sterling Tulus Cemerlang. all rights reserved.