Contoh Proposal Usaha Makanan Dan Minuman

contoh proposal usaha makanan dan minuman


Bisnis kuliner masih menarik dan akan tetap menarik di Indonesia karena populasi yang sangat besar. Jadi tidak heran jika banyak orang ingin beralih dalam bisnis kuliner, minuman makanan. Tetapi perlu untuk mengetahui bahwa tidak semua orang telah mengerti tentang bisnis kuliner, terutama ketika Anda memulai bisnis, penting untuk dapat membuat proposal bisnis yang akan Anda mulai sehingga Anda dapat menghitung bukan hanya keuntungan tetapi risiko yang mungkin timbul.

Banyak bisnis yang mati sebelum berkembang karena mereka mislade dan beberapa ada yang hidup tetapi tidak dapat melakukan multiplikasi karena mereka tidak tahu caranya. Data dari UMKM Indonesia menurut BPS (Badan Pusat Statistik) sekitar 64 juta. Tetapi tidak banyak yang bisa tumbuh dan berkembang dengan cepat.

Saat ini saya telah menangani banyak bisnis kuliner yang di waralabakan. Dari pengalaman saya sebagai konsultan bisnis, hal penting yang harus dilakukan adalah standarisasi bisnis dan proposal usaha yang menarik (dibuat dengan jujur). Setiap jenis bisnis dapat berkembang, jangan pernah meremehkan segala usaha.

Jika masalah mengenai standardisasi telah Anda lewati, itu berarti bisnis Anda siap berkembang, saatnya untuk penggandaan outlet. Multiplikasi outlet dapat dilakukan dengan dana Anda sendiri (jika Anda memiliki cukup uang) dan melalui kemitraan dengan investor. Banyak sistem dapat digunakan, salah satunya adalah waralaba atau sistem waralaba.

Pengalaman saya dalam menangani konsultasi bisnis, salah satu hal penting yang harus diketahui oleh pemilik bisnis adalah bagaimana membuat proposal usaha. Tujuannya untuk ditawarkan kepada calon mitra atau investor – sehingga bisnis Anda mudah dipahami dan menjadi menarik.

Sebenarnya, membuat proposal usaha tidak sulit. Hanya perlu mengetahui hal penting dari proposal yang harus Anda buat. Jadi sudah saatnya bagi Anda untuk mempromosikan bisnis Anda melalui proposal usaha yang benar dan pas untuk investor atau calon mitra.

SAP Business One Indonesia

7 Hal wajib ada dalam proposal usaha adalah:

  1. Nama Usaha
  2. Sejarah Berdirinya Usaha
  3. Visi Misi Nilai-Nilai Usaha
  4. Bisnis Model
  5. Analisa SWOT
  6. Penjelasan Detail Tentang Produk
  7. Analisa Bisnis.

Agar lebih jelas dan dapat segera membantu Anda membuat proposal usaha, di sini saya akan memberikan contoh proposal usaha yang dapat anda tiru.

Contoh Proposal Usaha Makanan Dan Minuman

Anda dapat meniru proposal usaha makanan ini dengan mudah sehingga Anda dapat menawarkan bisnis kepada mitra atau investor potensial.

  1. Nama Usaha :
    COKLAT “LUMER”
  2. Sejarah Usaha :
    Usaha ini dimulai pada tahun 2015, dimulai dari garasi di sebuah perumahan di Tangerang. Saat ini COKLAT “LUMER” sudah memiliki 5 outlet di Jabotabek. Semua outlet ramai dikunjungi pelanggan. Usaha COKLAT ini sudah memiliki standard produksi yang baik dan benar. Semua bahan baku sudah dalam bentuk premix sehingga memudahkan proses pembuatan dengan kualitas yang selalu standard.
  3. Visi | Misi | Nilai-Nilai Usaha:
    Visi:
    – Menjadi COKLAT Kelas Menengah Bawah Paling Populer di Jabodetabek

    Misi:
    – Menjual COKLAT Dengan Kualitas Yang Sama dan Higienis
    – Memberikan Pelayanan Yang Baik
    – Mensejahterakan Semua Karyawan

    Nilai-Nilai Usaha:
    – Jujur
    – Sopan
    – Kerja Keras
    – Tanggung Jawab

  4. Bisnis Model
    Disini ada 9 komponen penting dalam menjalankan usaha, yaitu Customer Segment, Value Proposition, Channel, Customer Relationship, Revenue Stream, Key Resources, Key Activities, Key Partner, Cost Structure)
    • Customer Segment/ Target Market : Pria/ Wanita, Usia 10-50 tahun, Kelas Menengah Bawah, Tinggal di Jabodetabek, Suka Makanan Manis.
    • Value Proposition/ Kelebihan : Bahan Baku Pilihan Food Grade, Tanpa Bahan Pengawet, Gula Asli, Cara Produksi Yang Baik dan Benar.
    • Channel/ Cara Marketing : Sosial Media (Instagram dan Facebook, WA Group, Banner dan Spanduk)
    • Customer Relationship/ Cara Membina Hubungan Baik Dengan Konsumen: memberikan point setiap kali membeli produk, memberikan harga khusus bagi member, memberikan 2 COKLAT gratis saat ulang tahun)
    • Revenue Stream/ Sumber Pendapatan : Jual Donut Aneka Rasa, Jual MInuman Botol
    • Key Resources/ Sumber Daya : Tim Produksi Yang Handal, Tim Pelayanan Yang Ramah, Alat Produksi Modern, Toko Yang Nyaman, Kurikulum Training Karyawan Yang Terintegrasi.
    • Key Activities/ Kegiatan Utama Dalam Usaha : Produksi COKLAT dan Menjual COKLAT.
    • Key Partner/ Pihak Luar Yang Terlibat : Peruahaan Tepung Bogasari dan lainnya, Bank (Mesin EDC), Food Delivery (GoFoof, GrabFood), Perusahaan Software Kasir (iREAP POS www.ireappos.com)
    • Cost Structure/ Biaya Usaha : Bahan Baku Donut, Gaji Karyawan, Perawatan Outlet
  5. Analisa SWOT
    • Strength (Kekuatan) : Harga Terjangkau, Kualitas Produk Bagus, Pelayanan Ramah
    • Weakness (Kelemahan) : Cabang Masih Sedikit
    • Opportunity (Peluang) : Penduduk Jabodetabek sangat padat dan suka makan COKLAT
    • Threat (Ancaman) : Banyak Kompetitor Sejenis
  6. Penjelasan Produk:
    • COKLAT Rasa Manis
    • Kualitas Bahan Terpercaya
    • Proses Produksi Yang Higienis
    • COKLAT Harga Pas Rp. 8.500,-
    • Kemasan: untuk pembelian 6 dan 12.
    • Untuk pembelian satuan hanya menggunakan plastik.
  7. Analisa Bisnis:
    Penjualan Per-Hari = 100 pcs
    Profit Per Pcs = Rp. 2.000,-
    Profit Per Hari = 100 x 2.000 = 200.000
    Profit Per Bulan (30 hari buka) = 30 x 200.000 = 6.000.000
    Profit Per Tahun (12 bulan) = 12 x 6.000.000 = 72.000.000
    (asumsi profit sudah dikurangi biaya operasional, pembahasan tentang biaya operasional akan saya bahas pada artikel selanjutnya)

    Modal Awal Buka Outlet (di luar sewa):
    Rp. 72.000.000,- (etalase, interior sederhana, dll)

    Maka BEP (balik modal) usaha adalah 12 bulan.

Dengan data pendapatan lengkap menggunakan perangkat lunak kasir yang tepat, Anda akan mengetahui laporan laba dan rugi yang benar dan dapat ditunjukkan kepada calon mitra atau investor.

Saat ini ada banyak perangkat lunak kasir, pilih dengan bijak yang harganya terjangkau tetapi dapat diandalkan dan kualitas yang sama dengan perangkat lunak mahal.

Dengan demikian penjelasan saya tentang contoh proposal usaha makanan dan minuman sehingga bisnis Anda dapat menarik investor atau mitra potensial dan berkembang lebih cepat melalui kemitraan dan juga waralaba.

Jadilah seorang wirausahawan yang memiliki impian untuk menjadi hebat dan selalu ingin belajar lebih kompeten untuk menangani bisnis Anda. Jika Anda merasa perlu mengembangkan bisnis, Anda dapat menggunakan layanan konsultan yang terbukti berpengalaman dalam menangani banyak bisnis. Jika Anda membutuhkan teman seperjuangan dan pendidikan bisnis serta modal, di Indonesia, Anda dapat bergabung dengan asosiasi UMKM tepercaya seperti Akumandiri.

Tidak ada mimpi yang tidak terwujud jika Anda bekerja keras dan berdoa kepada Tuhan. Kamu bisa melakukannya. Peluangnya masih terbuka lebar untuk mengembangkan upaya karena Indonesia memiliki 34 provinsi dengan 514 kabupaten dan kota (data resmi Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia).

Semoga contoh proposal usaha makanan dan minuman ini dapat bermanfaat bagi Anda semua. Salam sukses selalu.

oleh: Djoko Kurniawan (Business Consultant, Franchise Expert, SME Activator)
www.djokokurniawan.com  |  www.konsultan-franchise.com

SAP Business One Indonesia