Apa itu Sistem ERP? Pengertian, Fungsi, dan Jenis

pengertian sistem erp

Apa itu sistem ERP? Pertanyaan yang sering muncul di zaman yang serba menggunakan teknologi sekarang ini. Software ERP benar-benar bermanfaat untuk mengelola bermacam-macam kegiatan dalam perusahaan. Ya, perusahaan yang sudah mulai berkembang semestinya menerapkan sistem ini.

Mengurus sebuah perusahaan berskala besar memerlukan metode yang handal untuk menangani beragam keperluan. Sebab jikalau dikerjakan secara manual akan membuat perencanaan semrawut dan tak optimal.

Mengetahui apa itu sistem ERP (Enterprise Resource Planning), pengertian ERP, kegunaan atau fungsi sampai tipe software ERP yang lazim dipakai banyak perusahaan besar ialah sebuah keharusan.

Manfaat dari sistem ERP adalah membuat kegiatan di perusahaan dapat terstruktur dengan baik. Sekaligus mencatat segala hal untuk direview dikemudian hari. Karenanya dari itu, yuk kita pahami apa itu ERP lebih lanjut supaya mengetahui manfaat secara menyeluruh dan mendalam.

Apa itu Sistem ERP?

Pengertian apa itu ERP secara umum, ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning, sistem ini lazim diterapkan untuk perencanaan mengenai berbagai hal dalam perusahaan seperti keuangan, logistik, sumber daya manusia, perencanaan waktu, penggajian dan yang lainya.

Dengan pengertian yang demikian, tentu telah dipahami apa itu ERP. Ada 3 unsur yang ada pada ERP diantaranya Enterprise adalah Perusahaan, kemudian Resource adalah Sumber Daya dan juga Planning yang berarti Perencanaan.

Sementara pengertian ERP berdasarkan para ahli seperti O’Brien yakni ERP adalah sebuah software yang mempunyai banyak fungsi terintegrasi yang bermanfaat untuk mengurus manufaktur, keuangan, distribusi SDM, dan lainnya supaya perusahaan selalu konsisten efisien, lincah dan profitable.

Pertanyaan lain yang sering kali diutarakan banyak orang tentang apa itu software ERP? Software ERP adalah sebuah aplikasi Enterprise Resource Planning. Biasanya software ini berbasis website ataupun desktop, kedua versi tersebut mempunyai kelebihannya masing-masing.

Kelebihan software ERP berbasis website sendiri diantaranya seperti tak perlu menginstal, dapat diakses dimana saja via laptop, komputer PC maupun telepon pintar. Sementara kelebihan software ERP berbasis desktop antara lain mempunyai kecepatan akses yang baik dan tingkat keamanan yang lebih bagus.

ERP system telah diketahui sampai pelbagai negara yang mempunyai teknologi canggih. Jadi jangan ragu untuk menerapkan sistem ini walaupun perusahaan baru saja dirintis. Apabila semenjak permulaan sudah menerapkan sistem yang handal, kedepannya juga akan lebih gampang.

Fungsi sistem ERP

Ada banyak kegunaan atau fungsi ERP yang benar-benar bermanfaat untuk membantu mobilisasi perusahaan. Dengan implementasi sistem ERP, perusahaan akan lebih gampang saat menjalankan keputusan. Sehingga hasil yang akan didapatkan bisa optimal.

1. Pemantauan lebih mudah

Dalam sebuah perusahaan tentu ada banyak hal yang seharusnya dipantau mulai dari keuangan, logistik, SDM dan masih banyak lagi. ERP berperan untuk mempermudah dalam memantau semua hal yang ada dalam perusahaan. Jadi saat akan mengambil keputusan, dapat mengamati data yang ada pada sistem.

2. Integrasi

Manfaat lain dari ERP system ialah kemudahan integrasi. Beragam komponen dalam perusahaan bisa terhubung untuk menetapkan semuanya telah sinkron.

3. Otomatis

Kecanggihan software ERP memang tak perlu diragukan lagi. Salah satunya untuk urusan otomatisasi ketika menjalankan beragam progres. Adanya otomatisasi juga akan membikin data yang dialirkan bisa lebih cepat hingga tujuan.

4. Perencanaan

ERP memang dirancang untuk mempermudah perusahaan dalam melaksanakan planning. Perencanaan ini dapat berupa strategi yang akan dipakai untuk dapat berkembang walaupun terdapat competitor yang telah lebih dahulu ada.

Jenis Sistem ERP

Sekarang ini ada bermacam-macam jenis sistem ERP yang lazim dipakai oleh perusahaan. Kwalitas menjadi alasan kenapa ERP ini banyak diaplikasikan sampai sekarang.

Ketahui jenis ERP supaya nantinya tak salah memilih sistem yang akan diaplikasikan pada perusahaan Anda.

1. SAP Business One

SAP Business One ini telah diketahui secara luas sebagai salah satu ERP system yang berkwalitas. sistem ini dirancang oleh Sapphire System yang terletak di Inggris.

2. Odoo ERP

Sistem ERP yang satu ini juga banyak dipakai oleh perusahaan. Salah satu kelebihannya ialah dapat mengelola semua komponen administrasi perusahaan.

3. NetSuite ERP

Mempunyai bermacam-macam modul seperti untuk manajemen gudang, produksi, pengadaan barang, sampai SDM dapat dijalankan pada sistem ini.

Sebelum menentukan untuk memakai software ERP, observasi dulu aspek kemudahannya. Jadi tidak sembarang memilih aplikasi ERP. Sebab banyak yang menawarkan software ini dengan harga murah tetapi dari segi kwalitas kurang.

Dengan penjelasan di atas pasti telah mengerti apa itu sistem ERP. Software ini tak mesti dipakai oleh perusahaan besar saja. Dengan memperhatikan fungsi-fungsinya, software ini dapat diaplikasikan oleh beragam perusahaan baik kecil ataupun besar.

Sesuaikan keperluan perusahaan dengan software ERP. Pastikan software yang dipakai memang dirancang untuk memenuhi keperluan perusahaan. Sayang seandainya modul-modul yang terdapat pada software tak menunjang segala proses pada perusahaan.

SAP Business One Indonesia